Followers

Wednesday, July 19, 2023

Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (PPT) Kelas 12 Kurtilas

 


Pada Materi pertama di Kelas 12 yaitu Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (PPT) diawali dengan pembentukan kelompok untuk melaksanakan Praktikum Hidroponik yang akan dilakukan diluar jam pelajaran sehingga ini merupakan tugas Proyek selama 1 bulan. Kelas dibagi menjadi 5 atau 6 kelompok untuk melaksanakan Proyek Hidroponik selama 1 bulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada LKPD Praktikum PPT (Proyek Hidroponik) (Unduh Disini)

Video yang harus disimak untuk Persiapan Proyek Hidroponik



Setelah menyimak kedua video tersebut, silahkan peserta didik dalam kelompok berdiskusi  utnuk membuat perencanaan Proyek Hidroponik setelah itu pelaksanaan Proyek dan pembuatan laporan Proyek Hidroponik dalam waktu 1 bulan. Laporan dalam bentuk video Proyek Hidroponik.

Pada pertemuan pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok, dimana masing-masing kelompok akan diberi 1 pertanyaan yang berbeda. Sebelumnya tuap kelompok diminta untuk menyimak dengan seksama Video Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Mohon maaf untuk mendengarkan dan menyimak video menggunakan Hp harus menggunakan headset supaya suaranya jelas. Sedangkan bagi yang melihat menggunakan laptop tidak perlu menggunakan headset.



Pembagian pertanyaan untuk tiap kelompok 

  1. Sebuah penanda dipakukan ke sebuah pohon setinggi 2 meter dari dasar pohon. Jika pohon tersebut tingginya 10 meter dan memanjang 1 meter setiap tahun, akan setinggi apakah penanda tersebut setelah 10 tahun?
  2. Bila kalian membuat bakwan atau bala- bala kalian menggunakan kecambah atau taoge, menurut kalian taoge tersebut termasuk tipe hipogeal atau epigeal, berikan alasan kalian !
  3. Dengan membaca teori tentang titik tumbuh akar, coba kalian jelaskan proses dan bagian akar yang membuat akar itu bisa memanjang dan tumbuh cabang akar !
  4. Dengan membaca teori tentang titik tumbuh batang, coba kalian jelaskan proses dan bagian batang yang membuat batang itu bisa bertambah tinggi dan tumbuh cabang batang!
  5. Saat kita menebang pohon besar kita bisa melihat adanya lingkar tahun di pohon. Lingkar tahun itu menunjukkan apa dan merupakan aktivitas apa?

Misal kelompok 1 hanya mengerjakan soal nomor 1 begitu seterusnya.
Setalh berdiskusi, hasil diskusi nya silahkan di tulis pada kertas plano yang sudah disiapkan oleh Guru. Dihias seindah mungkin nya, menggunakan pensil atau spidol warna atau apapun yang bisa membuat lebih keren. 
Masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Kelompok audiens menyimak dan wajib mengulang apa yang disampaikan oelh kelompok pembicara. Dan dilakukan penilaian antar kelompok. 
Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Kedua (Unduh Disini)

Di akhir pembelajaran Guru meminta peserta didik untuk memberikan Refleksi pembelajaran pada pembelajaran kali ini. Berikut ini adalah video pelaksanaan Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas 12 2022

Berikut adalah Referensi Video pembelajaran secara daring Pembahasan LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (2021)


Demikian tadi pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan pertemuan pertama ya... 

Mudah-mudahan semua menerti tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan ya.. materi selanjutnya adalah Fitohormon... ditunggu ya... Salam sehat dan sukses selalu...😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.