Followers

Sunday, May 15, 2022

Jurnal Refleksi Minggu 19 ( 25-26 April 2022 dan 9 - 13 Mei 2022)


Senin, 25 April 2022
3.1.a.9. Koneksi Antarmateri
Peristiwa
Pada keguatan ini CGP diminta untuk mengkoneksikan materi dari awal modul 1 (Pandangan Ki Hajar Dewantar) dengan modul selanjutnya dan modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran.
Perasaan yang saya rasakan adalah sangat antusias karena mengulang kembali materi dari awal dan dikaitkan dengan materi sekarang.
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah bahawa saya semakin mengerti atas kesinambungan materi satu dengan yang lain, dan tidak b isa dipisahkan karena sama-sama terkait.
Penerapan yang akan saya lakukan adalah menerapkan ilmu yang saya peroleh di kelas dan di sekolah 
Untuk lebih jelasnya dapat di baca pada tulisan Blog saya https://www.wetyyuningsih.com/2022/04/31a9-koneksi-antarmateri-pengambilan.html

Selasa, 26 April 2022
3.1.a.10. Aksi Nyata
Peristiwa
Pada kegiatan ini CGP diminta melakukan aksi nyata tentang Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. 
Perasaan yang saya rasakan adalah sangat senang dan antusias karena bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah yang peroleh di sekolah.
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah ternyata pelaksaan praktik aksi nyata tidak semulus dengan teori yang sudah kita pelajari, semakin sering kita laksanakan maka praktik kita makin baik.
Penerapan yang akan dilakukan adalah aksi nyata ini harus sering dilaksanakan supaya menjadi pembiasaan yang baik. 
Untuk lebih jelasnya biisa di baca pada tulisan Blog https://www.wetyyuningsih.com/2022/04/31a10-aksi-nyata-pengambilan-keputusan.html

Senin, 9 Mei 2022
3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Peristiwa
Pada kegiatan ini CGP memulai untuk mempelajari modul baru yaitu Modul 3.2 tentang Pemimpin dan pengelolaan Sumber daya dan untuk kegiatan awal mulai dari diri yang berisi tentang Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Perasaan yang saya rasakan adalah antusias dan agak sedikit bingung karena baru awal dari modul 3.2
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah ilmu yang baru, harus berkonsentrasi untuk bisa memahami apa isi dari modul 3.2 tentang pengelolaan aset atau sumber daya. 
Penerapan yang saya akan lakukan adalah mengaplikasikan teori yang saya pelajari di sekolah. 
Untuk lebih jelasnya dapat di baca pada tulisan Blog https://www.wetyyuningsih.com/2022/05/32a3-mulai-dari-diri-pemimpin-dalam.html

Selasa, 10 Mei 2022

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

Peristiwa
Pada kediatan Eksplorasi konsep, CGP diminta untuk mempelajari materi tentang Pengelolaan sumber daya melalui tayangan video, pertanyaan- pertanyaan tematik dan sampai studi kasus.
Perasaan saya sangat antusias bertemu dengan ilmu baru dan membuat saya penasaran dengan ilmu baru tersebut.
Pembelajaran yang saya peroleh adalah banyak ilmu, wawasan termasuk studi kasus tentang materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
Penerapan yang akan saya lakukan adalah segera untuk menerapkan semua ilmu yang telah saya pelajari di sekolah.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah 2 tulisan pada Blog saya tentang tugas eksplorasi konsep

Kamis, 12 Mei 2022

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran

Peristiwa
Pada kegiatan kali ini CGP diminta untuk menganalisa studi kasus tentang materi pemimpin dalam pembelajaran (seandainya menjadi Kepala Sekolah).
Perasaan yang saya rasakan adalah bangga karena bisa berperan sebagai Kepala Sekolah, diharuskan untuk mengambil tindakan sebagai pemimpin pembelajaran yang bijaksana. 
Pembelajaran yang saya ambil adalah ternyata susah juga menjadi Kepala Sekolah karena harus mengambil tindakan pada kasus sekolah yang terkadang tidak sesuai dengan hati dan pikiran saya.
Penerapan yang saya akan lakukan adalah menerapkan praktik baik sebagai pemimpin pembelajaran.
Berikut adalah tulisan pada Blog tentang Pemimpin Pembelajaran.

Jumat, 13 Mei 2022

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok

Peristiwa
Pada kegiatan kali ini secara vicon dengan Ibu Fasilitator. Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Kemudian kita berdiskusi secara vicon tentang aset lingkungan kita yang dapat mendukung linkungan sekolah. 


Perasaan yang saya rasakan adalah sangat senang dan antusias karena bisa berdiskusi secara langsung walaupun secara daring (gmeet).
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah bila sesuatu ide kita bisa bicarakan dengan langsung terhadap rekan kerja, akan menjadi ide yang bagus, hasil dari diskusi. Pada saat diskusi, saya berlatih untuk sabar.
Penerapan yang akan saya lakukan adalah menerapkan semua ilmu ini di sekolah. 
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat juga pada alamat Blog saya https://www.wetyyuningsih.com/2022/05/32a42-forum-diskusi-eksplorasi-konsep.html

Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tayangan Video Jurnal Refleksi Minggu 19 PPG Angkatan 4


Demikian tadi penjelasan tentang apa saya yang saya sudah lakukan pada pelatihan Guru Penggerak yaitu pada Jurnal refleksi Minggu 19. Mudah- mudahan dapat menginspirasi... Salam Guru Penggerak...😍😍😍





 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.