Followers

Friday, May 20, 2022

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat mengidentifikasi cara pandang yang sebelumnya melihat dari sisi masalah dan kekurangan sekolah dari semua sumber daya yang ada dengan memandang dari sisi aset dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
  • CGP  mampu mengambil makna dari pengalaman belajar dan dapat melakukan refleksi yang dipandu oleh fasilitator
Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah Anda?
Yang menarik adalah pada sumber daya alam Adanya Curug Sawer yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran olah raga, sains, Pramuka dan ekstrakurikuler lainnya, selain itu adanya aliran sungai Saguling yang dapat dijadikan tempat untuk belajar, untuk penelitian karena banyaknya karamba tempat melihara ikan yang membuat pencemaran air sehingga bisa dijadikan bahan penelitian, diskusi dalam pembelajaran. Siswa dimudahkan dalam mengambil contoh nyata di alam, karena lingkungan di sekitar sekolah sangat mendukung. Dan hal ini bisa lebih membuat siswa untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar, lebih mengenal alam sekitar untuk bisa di jaga dan dilestarikan. Dan selain itu bisa mengembangkan muatan lokal yang ada sehingga bisa menciptakan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain. 
Apakah pola pikir yang Anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah?
Pola pikir saya sebelum mempelajari modul ini adalah pola pikir masalah, jadi bila ada masalah baru membicarakan untuk mencari solusi, bukan berpikir aset atau kekuatan yang dimiliki. Sehingga hanya berdiskusi tentang masalah yang dihadapi tanpa membahasa kekuatan dan kelebihan sekolah kita sehingga bisa menyekesaikan masalah yang kita hadapi. Dan bila kita hanya berpikir masalah, maka sekolah kita tidak akan maju karena berkutat pada masalah bukan memikirkan bagaimana kedepan nya, supaya sekolah lebih maju dengan memanfaatkan aset di lingkungan sekitar. 
Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaannya dan mengapa itu berubah?
Ada perubahan setelah mempelajari modul ini, maka saya berpikir pada pola pikir aset dalam menyelesaikan masalah. Pola pikir saya berubah karena jika menggunakan pola pikir aset maka yang kita bicarakan adalah kelebihan kita, kekuatan kita dan potensi yang kita miliki untuk menyelsaikan masalah yang kita hadapi. Maka kita akan berpikir kepada kemajuan sekolah, bukan hanya diam membicarakan masalah yang ada, tanpa kita sadar bahwa kita dan lingkungan sekitar mempunyai potensi untuk menjadi sekolah yang lebih maju. 
Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset?
Yang dapat saya lakukan jika saya berpikir pada pola aset, maka saya akan mengetahui kelebihan, kekuatan sekolah untuk bisa merencanakan kemajuan sekolah. Jadi stop membicarakan kekurangan kita karena itu tidak dapat menyelesaikan masalah, yang ada hanya mengeluh dan sedih. maka kita harus rubah mindset kita untuk berpikir aset sehingga kita bisa kita gunakan semua kekuatan berupa aset yang dimiliki kita dan lingkungan sekitar untuk lebiuh maju dan tentunya menyelesaikan masalah yang kita hadapi. 
Buatlah satu gambar/simbol/kata yang bisa menggambarkan apa yang Anda rasakan saat ini terkait pembelajaran lalu diunggah ke dalam platform ini. (insert picture atau tautan)

Demikian tadi tugas Refleksi terbimbing tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, mudah-mudahan bermanfaat... Salam Guru Penggerak...😍😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.