Followers

Thursday, February 10, 2022

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi pengetahuan awal mereka tentang konsep Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pada kegiatan ini, Bapak/Ibu akan kami minta untuk:

  • menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
  • menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut. 
  • menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Jawab Pertanyaan berikut ini:

1. Ceritakan pengalaman anda yang paling berkesan pada saat anda melakukan proses pembelajaran di dalam        kelas dengan murid yang beragam !

Jawab: Pengalaman saya yang paling berkesan  dalam melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid beragam adalah saya pernah mendapatkan murid kelas 10 belum lancar membaca. Berawal dari tugas presentasi yang saya berikan, ternyata murid tersebut tidak dapat membaca dengan lancar. Rasanya saya ingin protes kenapa sampai kelas 10 ada murid tidak lancar membaca, kenapa bisa diluluskan pada saat SD dan SMP ya? akhirnya saya meminta murid tersebut setiap hari berlatih membaca dan menulis, yang awalnya banyak kesalahan, lama kelamaaan terbiasa menulis dan bisa membaca menulis dengan lancar, dan akhirnya bisa lulus di kelas 12. 
Pengalaman lain, saya pernah mendapat 3 murid spesial di dalam kelas, waktu itu kelas 11. Ketiga anak tersebut punya hobby yang sama yaitu membolos, karena saya adalah wali kelas mereka, maka setiap pelajaran saya, mereka selalu ada. Sebelum saya memanggil orang tua mereka, saya mencoba untuk berbicara dari hati ke hati, menanyakan alasan mereka membolos, dan akhirnya mereka mau terbuka cerita apa alasannya yaitu malas belajar, malas bangun pagi, malas bertemu dengan guru yang selalu menganggap mereka nakal, sepertinya tidak ada kesemapatan kalau mereka bisa berbuat baik, akhirnya saya memberikan motivasi dan mencoba untuk memberikan pengertian supaya bisa semangat lagi untuk bersekolah, dan alhamdulillah mereka mulai berkurang bolosnya. Sebulan kemudian saya cuti melahirkan selama 3 bulan, dan ternyata salah satu anak tersebut turut serta tidak masuk sekolah juga selama saya cuti. Jadi murid tersebut ke sekolah kalau saya juga ke sekolah. Akhirnya pada saat kelas 12, waktu ujian sekolah khusus anak tersebut diantar ibunya sampai gerbang sekolah, dan saya terima, saya anter ke ruang ujian dan saya menunggunya sampai beres ujian, dan alhamdulillah semua bisa lulus dengan baik.  

2. Apa yang sudah anda pahami tentang pembelajaran berdiferensiasi?
Jawab : Pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan individu tiap murid, sehingga perlakuan tiap murid akan berbeda. Dengan kata lain kita harus mengenal seluruh karakter murid supaya bisa merencanakan pembelajaran yang sesuai untuk yiap murid. Seperti dengan diadakannya remidi untuk para murid yang belum mencapai komptensi, dan memberikan pengayaan terhadap murid yang sangat cepat untuk menerima pembelajaran, sehingga semua murid mendapatkan perlakuan pembelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Inilah pembelajaran yang memanusiakan murid. 

3. Setelah menyaksikan video, menurut anda bagaimana seharusnya pembelajaran di rancang,dilaksanakan dan di evaluasi (teritama untuk mengetahui kebutuhan belajar murid)
Jawab : Pembelajaran dirancang harus sesuai dengan karakteristik peserta didik, jadi jangan memaksakan semua semua murid mendapatkan perlakuan yang sama, pelajaran yang sama, padahal tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka. Seharusnya pembelajaran dirancang sesuai dengan minat dan bakat, murid diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya, agar bisa meraih hasil yang maksimal, dan dalam pelaksanaan nya dapat membuat murid bahagia, karena sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dalam pelaksanaannya dapat membuat murid termotivasi untuk menjadi yang terbaik, bukan sebaliknya malah mengeluh dan stres karena tugas yang tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Biasakan selalu melakukan evaluasi dan refleksi agar mengetahui sampai seberapa efektif pembelajaran yang sudah dilaksanakan, agar menjadi bahan pertimbangan untuk mencapai pembelajaran merdeka, berkualitas, efektif dan menghasilkan  profil pelajar Pancasila.  

4. Apa yang ingin anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
Jawab : Yang ingin saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi adalah bagaimana pelaksanaannya sehingga tercapai pembelajaran berdiferensiasi untuk semua murid dengan efektif dan efisien? 
Bagaimana cara untuk mendeteksi minat dan bakat murid pada awal masuk sekolah?
Bagaimana dengan kecendrungan anak yang suka berkelompok, ikut-ikutan sesuatu yang sedang trend dengan pendeteksian minat dan bakat, apakah bisa membuat anak tidak menemukan minat dan bakatnya?

Demikian tadi penjabaran tugas pertama di modul kedua tentang pembelajaran berdiferensiasi, mudah-mudahan bermanfaat...salam Guru Penggerak...😍😍😍




No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.