Followers

Thursday, June 16, 2022

Pembelajaran Diferensiasi dengan Pendekatan STEM (Sains Tecnologi Enginering and Matematics) Bab Bioteknologi Konvensional

 


Pada pelatihan Guru Penggerak modul 2.2 kita mempelajari tentang pembelajaran diferensiasi dan diminta untuk mempraktekkan pembelajaran diferensiasi pada aksi nyata modul 2.2. dan secara kebetulan pada bulan tersebut saya sedang mengajar bab Bioteknologi kelas 12 IPA/IPS LM. Dan pada tahun sebelumnya, saya meminta pesert didik dalam kelompok melaksanakan praktikum Bioteknologi konvensional. Dan karena pada tahun sebelum nya masih daring, maka saya meminta siswa untuk melaksanakan praktikum tersebut di rumah, dan laporan dalam bentuk video yang diupload di chanel You Tube salah satu anggota kelompok. Dan pada praktikum tersebut saya meminta siswa melakukan praktikum dengan pendekatan STEM (Sains Tecnology Engineering dan Matematics). Berikut adalah video Praktikum Bioteknologi Konvensional menggunakan pendekatan STEM. Maka setiap laporan kelompok selain dalam bentuk video juga membuat analisis STEM. Berikut adalah salah satu contoh tabel analisi yang dibuat oleh murid dalam kelompok..


Berikut adalah video tutorial Praktikum Bioteknologi Konvensional 


Nah pada tahun ini saya kombinasikan dengan pembelajaran diferensiasi sebagai aksi nyata Modul 2.2 pada Pelatihan Guru Penggerak. 

Pengertian Pembelajaran Diferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi.

Pemetaan Siswa 
Pada praktikum bioteknologi konvensional saya mengambil pembelajaran diferensiasi pada konten, proses dan produk. Sebelumnya saya melakukan pemetaan kebutuhan siswa berdasarkan minat siswa, kesiapan siswa dalam menerima materi, dan profil belajar murid. Cara saya melakukan pemetaan dengan memberikan pertanyaan pada sisw bisa melalui google form atau bertanya langsung kepada siswa sehingga kita bisa mengelompokkan siswa berdasarkan minat dan bakatnya. 
Untuk pemetaan berdasarakan minat siswa saya menanyakan kepada siswa siapa yang minat dengan literasi ilmiah, media sosial, musik dan public speaking. Kelemahan jika kita mengambil data pemetaan siswa dengan bertanya langsung di kelas, maka siswa akan saling mengikuti teman, karena pastinya mereka akan lebih nyaman bekerja sama dengan teman dekat (bestie) daripada teman yang kurang dekat. Maka lebih baik jika kita memetakan menggunakan googleform. 
Untuk pemetaan berdasarkan kesiapan, dapat kita lihat pada google clssroom (aplikasi yang saya pakai selama belajar daring untuk berkomunikasi dengan siswa), di google classroom kita bisa melihat kesiapan siswa dengan tugas yang mereka kerjakan dan upload tugas tepat waktu. Bila sudah pembelajaran tatap muka kita bisa mengadakan pretest untuk mengetahui samapai mana kesiapan murid terhadap materi yang baru. 
Untuk membuat pemetaan siswa berdasarkan profil belajar maka kita bisa menanyakan siswa dengan pertanyaan atau bertanya langsung, ataupun kita bisa berdiskusi dengan guru BK dan wali kelas, tentang profil belajar siswa yang kita ajar, apakah termasuk tipe audio, visual atau kinestetik.
Setelah kita dapat data pemetaan siswa maka kita bisa membuat kelompok untuk Praktikum Bioteknologi Konvensional berdasrakan bakat minat siswa.

Pembelajaran Diferensiasi pada Praktikum Bioteknologi konvesional. 

Pemetaan Kebutuhan Siswa

1.     Pemetaan Berdasarkan Minat Siswa

Minat

Literasi Ilmiah

Media Sosial

Musik

Public speaking

Nama Murid

 

 

 

 

Proses

Mencari informasi atau membaca materi Bioteknologi dengan menggunakan link Blog wetyyuningsih.com

(Guru menyiapkan materi yang di upload di Blog Wetyyuningsih.com)

Mencari informasi atau membaca materi Bioteknologi dengan menggunakan link You Tube, Instagram dan Tiktok.

Guru mengupload materi pada channel You Tube wetyyuningsih, IG@wetydwi dan Tiktok @wetyyuningsih

Mencari informasi atau membaca materi Bioteknologi dengan menggunakan link You Tube, Instagram dan Tiktok.

Guru mengupload materi pada channel You Tube wetyyuningsih, IG@wetydwi dan Tiktok @wetyyuningsih

Mencari informasi dengan melakukan wawancara dengan pengrajin missal ke pengusaha tempe, yogurt, keju atau searching di You Tube untuk mencari pod cast tebtabg Bioteknologi.

Produk

Membuat laporan praktikum Penerapan Bioteknologi dengan membuat laporan ilmiah

Membuat laporan praktikum Penerapan Bioteknologi dengan membuat laporan berupa video yang diupload di media social (YouTube dan Tiktok) dan membuat laporan digital yang di upload di Instagram

Membuat laporan praktikum Penerapan Bioteknologi dengan membuat laporan berupa lagu yang menceritakan tentang praktikum Bioteknologi yang dilakukan.

Membuat laporan praktikum Penerapan Bioteknologi dengan membuat laporan berupa podcast tentang praktikum penerapan bioteknologi konvensional

 

2.     Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid Berdasarkan Kesiapan

Kesiapan belajar (Readiness)

Murid telah memahami mengenai Bioteknologi konvensional dan pernah menerapkannya.

Murid telah memahami mengenai Bioteknologi konvensional namun belum pernah menerapkannya.

Murid belum memahami mengenai Bioteknologi konvensional dan belum  menerapkannya

Nama Murid

 

 

 

 

Proses

Murid diminta untuk mengerjakan LKPD Bioteknologi secara mandiri dan membuat rangkuman catatan digital tentang materi Bioteknologi.

Guru memberikan materi pembelajaran melalui media social seperti Blog wetyyuningsih.com, chanel You Tube wetyyuningsih, Tiktok @wetyyuningsih dan IG@wetydwi, supaya murid dapat mempelajari sesuai dengan kesukaannya dalam belajar, sebelum murid diminta untuk mengerjakan LKPD Bioteknologi, serta membuat catatn digital rangkuman materi Bioteknologi

Murid akan mendapatkan pembelajaran secara daring melalui google meet atau zoom selain mendapatkan materi Bioteknologi di berbagai media sosial. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini.

 

3.     Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid Berdasarkan Profil Belajar Murid

 

Profil Belajar Murid

Visual

Audio

Kinestetik

Nama Murid

 

 

 

Proses

Guru menjelaskan materi Bioteknologi dengan memberikan tayangan di berbagai media social, seperti Blog, You Tube, Instagram, Tiktok dan Facebook. Dan meminta untuk membuat catatan digital rangkuman materi Bioteknologi Konvensional

Guru menjelaskan materi Bioteknologi dengan memberikan tayangan di berbagai media social, seperti Blog, You Tube, Instagram, Tiktok dan Facebook. Dengan menggunakan bachsound music yang sedang trend. Dan meminta untuk membuat catatan digital rangkuman materi Bioteknologi Konvensional

Guru menjelaskan materi Bioteknologi dengan memberikan memberikan kebebasan untuk melakukan wawancara langsung dengan pelaku bisnis Bioteknologi konvensional. Dan meminta untuk membuat catatan digital rangkuman materi Bioteknologi Konvensional


Pembelajaran diferensiasi digunakan pada saat pelaksanaan praktikum Bioteknologi Konvensional

 

Hasil Praktikum Bioteknologi Konvensional  dibuat video kemudian video di upload di chanel Youtube masing- masing dan link di sampaikan ke guru. Laporan tertulis Praktikum Bioteknologi Konvensional, dapat juga berupa lagu, video pod cast dan laporan digital yang di uupload di media social, serta di upload di Google classroom, kemudian infografis tentang harga produk. Penilaian meliputi : ketepatan dalam pengumpulan tugas, Kesesuaian dengan praktikum bioteknologi, menarik dan unik untuk video.
Untuk lebih jelasnya dapat di lihat dan di unduh RPP Diferensiasi Bioteknologi Konvensional Kelas 12 IPA/IPS LM (unduh disini)

1. Berikut adalah contoh produk Laporan Praktikum yang berdiferensi dalam bentuk Lagu

Berikut Syair Lagu Praktikum Bioteknologi Pembuatan Keju

2. Laporan Praktikum dalam bentuk Podcast

3. Laporan Dalam bentuk Laporan Digital


Berikut File Laporan dalam bentuk PDF Laporan Praktikum Pembuatan Keju Digital (unduh disini) dan Laporan Digital Praktikum Pembuatan Keju (unduh disini)

4. Laporan Praktikum Bioteknologi (Karya Ilmiah)
    Berikut adalah Laporan Ilmiah Praktikum Pembuatan Keju (Unduh disini)

Selain Laporan, Murid dalam kelompok diminta untuk membuat infografis yang berisi tentang produk yang dihasilkan dan promosi untuk bisa di perjualbelikan produk yang sudah dibuat. Berikut adalah salah satu contohnya


Refleksi Pembelajaran Diferensiasi
Refleksi dilakukan kepada murid-murid, bagaimana perasaan mereka melaksanakan pembelajaran diferensiasi, ternyata semua merasa puas karena bisa bebas berekspresi sesuai dengan minat dan bakat mereka. Mereka diberi hak untu menentukan pembelajaran dimulai dari memilih konten sumber pembelajaran, kemudian mereka berkelompok sesuai dengan minat nya dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kesukaan mereka. Pembelajaran yang sangat menyenangkan.

Demikian tadi pemaparan kegiatan pembelajaran diferensiasi pada materi Praktikum Bioteknologi Konvensional Kelas 12 IPA/IPS LM. Mudah-mudahan dapat menginspirasi.... Salam sehat dan sukses selalu...😍😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.