Followers

Thursday, June 16, 2022

Menjadi Guru Blogger dan Tiktokers

 


Guru Blogger

Setelah menjadi Guru Youtuber sejak bulan Agustus 2020, maka saya ingin sekali bisa menulis, maka saya mencoba belajar sendiri tentang tata cara menulis di Blog. Saya belajar dengan melihat video tutorial di You tube, kemudian saya bertanya dengan orang-orang yang sudah mengerti tentang dunia Blogger. Saya memilih Blogspot untuk ajang belajar saya untuk bisa menulis. Supaya lebih mudah diingat maka saya membeli domain dengan alamat Blog wetyyuningsih.com jadi sesuai dengan nama channel Youtube saya. 

Tulisan pertama saya pada tanggal 20 Mei 2021, dan sejak tanggal tersebut saya belajar menulis di Blog, saya mendaftarkan Blog saya ke google adsense. Semua syarat yang harus dipenuhi untuk bisa di monetisasi oleh adsense adalah membuat halaman beranda, sitemap, contact form, about, privacy policy, dan disclaimer. Dan semua itu saya mengerjakan sendiri dengan melihat tutorial dari video Youtube.

Di saat saya menunggu monetisasi akun Blog saya, saya terus menulis di Blog saya. Apa isi dari Blog saya?
Karena saya adalah seorang Guru Biologi SMA maka Blog Wetyyuningsih.com berisi segala tentang pembelajaran Biologi yang saya lakukan, kemudian saya lengkapi dengan RPP, dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) selain itu berisi semua kegiatan dan tugas saya selama mengikuti Pelatihan Guru Penggerak angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat. 
Alhamdulillah, akhirnya pada tanggal 31 Agustus 2021, akun Blog wetyyuningsih.com diterima monetisasi nya, dan sejak hari itu pada halaman Blog saya ada iklan atau adsense yang tentunya itu adalah penghasilan buat saya. Walaupun penghasilannya sangat kecil, tapi saya sangat bangga dan bahagia. 
Alhamdulillah dari Bulan Mei 2021 sampai sekarang (Juni 2022) Blog saya sudah memiliki 112 pengikut, 235 postingan dan 427 komentar.
Bagaimana Tip dan Trik supaya Blog dapat dimonetisasi oleh Google Adsense
  1. Membuat domain blog, membeli alamat Blog yang custom.
  2. Membuat halaman beranda, sitemap, contact form, about, privacy policy, dan disclaimer
  3. Terus menulis kalau perlu setiap hari menulis dan di publikasikan.
  4. Membagikan tulisan kepada rekan Guru, ke Grup Whatsaapp, Grup Telegram, bahkan dikirim per individu.
  5. Mempunyai topik yang sama dan konsisten, jangan campur aduk.
  6. Masuk ke dalam grup Blogger yang bisa saling mensuport untuk bisa Like dan Komentar pada tiap tulisan kita.
Berapa penghasilan saya tiap bulan?


Seperti tabel diatas, bisa dilihat bahwa penghasilan saya rata-rata per hari adalah sekitar 1.855 rupiah. He..he.. sangat kecil ya.. jadi rata-rata sebulan saya memperoleh penghasilan 30.000 rupiah. 
Memang sangat kecil tetapi saya sangat bangga dan bahagia.. yang lebih membahagiakan saya adalah tulisan saya bisa diterima dan bermanfaat untuk rekan- rekan Guru terutama Guru Biologi. Dan tulisan ini bisa menjadi pengingat saya bila saya lupa tentang materi Biologi, atau materi Pelatihan Guru Penggerak. Jadi intinya kita harus terbiasa untuk selalu mendokumentasikan semua kegiatan saya dalam mengajar dan pelatihan Guru Penggerak dan selanjutnya saya menyimpan dalam bentuk tulisan di Blog sehingga bisa di bagikan dan mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi untuk para Guru di Indonesia. 

Guru Tiktokers

Setelah menjadi Guru Youtuber di Agustus tahun 2020 dan menjadi Guru Blogger di Agustus tahun 2021, kemudian saya mulai mencoba untuk menjadi Tiktokers.
Awal mula saya membuat akun Tiktok, karena pada saat Agustus 2021 saya ditunjuk oleh pihak sekolah untuk menjadi juri dalam lomba Video Hari Kemerdekaan yang diupload di Tiktok. Untuk lebih memudahkan dalam menilai Video Tiktok kiriman murid yang mengikuti lomba maka saya dibuatkan akun Tiktok oleh anak saya yang masih SD. Akhirnya saya harus berkenalan dengan Tiktok, yang sebenarnya bisa bermanfaat untuk pembelajaran. Saya mengupload video saya ke akun Tiktok dan yang mendpat sambutan bagus adalah video pembahasan soal- soal Biologi. 


Sejak Agustus 2021 saya mempunyai akun Tiktok dan mulai aktif upload video pembelajaran (Tiktokers) sampai sekarang saya telah mempunyai pengikut 5448 dan 61,5 ribu yang suka video- video saya. 
Tiktok belum menghasilkan tetapi saya bahagia bisa meramaikan Tiktok dengan video- video pembelajaran yang bermanfaat. Agar anak-anak tetap bisa belajar menggunakan aplikasi yang mereka suka. 
Demikian tadi cerita saya menjadi Guru Blogger dan Guru Tiktokers. Mudah-mudahan bisa menginspirasi... Salam sehat dan sukses selalu...😍😍😍











2 comments:

  1. Salam Guru Blogger Bu Guru. Salam kenal, saya Ipung Saepulrohman dari SMAN 16 Garut.🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Salam kenal dari guru madrasah Blitar Bu. Terimakasih atas ilmunya. Alhamdulillah saya guru blogger dan tiktoker juga. Jika berkenan bisa kunjungi blog juga tiktok saya dengan nama yang sama nyonyaguru.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.