Followers

Monday, May 30, 2022

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat melakukan refleksi dari pengalamannya saat  dirinya terlibat  dalam program atau kegiatan sekolah mereka dahulu  
  • CGP mengungkapkan harapannya dari modul ini
Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Apa kegiatan/programnya?

Pada saat SMA, saya menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
Semua kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa, mejadi tanggung jawab pengurus OSIS.

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

Dalam Pengurus OSIS saya menjabat sebagai Ketua 2
Yang bertanggung jawab terhadap kegiatan siswa di sekolah dan luar sekolah.

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

Perasaan saya sangat bangga dan bahagia karena merupakan kebanggan tersendiri bisa terpilih menjadi salah satu Ketua Organisasi bergengsi di sekolah.
Dengan menjadi pengurus OSIS maka saya harus bisa berlatih untuk memanage waktu dengan baik. Karena bagi saya, sekolah adalah yang utama, jadi jangan sampai karena ikut organisasi maka prestasi menurun.

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

Berkesan, karena pada saya menjabat menjadi pengurus OSIS, saya dan rekan- rekan diberi tanggung jawab dan kepercayaan penuh dari sekolah untuk mengadakan acara siswa, dan kami benar- benar terlibat penuh, seperti merencanakan acara Dies natalis, acara study tour, dari merencanakan,menyusun anggaran, mengumpulkan dan mencari anggaran, menentukan tempat studytour, berhubungan dengan travel sampai bisa membantu rekan-rekan yang tidak sanggup membayar, untuk acara Dies Natalis, dari acara, mencari dana, memesan catering semua kita kerjakan secara mandiri tentunya dengan bimbingan Guru. Hal itu menjadi pengalaman yang berharga buat kami.

Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Pembelajaran yang saya dapat adalah dengan kepercayaan penuh Guru terhadap kami para murid pengurus OSIS dalam melakukan kegiatan tingkat sekolah. Hal ini memberikan pengalaman yang luar biasa buat saya dan rekan-rekan pengurus OSIS, karena kami bisa mandiri untuk mengadakan acara siswa di sekolah. Dengan kepercayaan penuh dari Guru membuat kita menjadi kreatif, dan mandiri untuk melaksanakan kegiatan siswa di sekolah.
Pengalaman dalam berorganisasi memberikan sikap kemandirian dan ketrampilan dalam hidup bermasyarakat.

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?

Pengalaman berorganisasi membuat saya mempunyai sifat dan sikap mandiri, belajar membagi waktu dengan baik, hidup bermasyarakat, dan semua itu sangat bermanfaat pada saat saya merantau untuk kuliah. Dan bermanfaat sekali karena kebetulan saya menjadi guru SMA, jadi mengerti bagaimana menjadi anak SMA yang ikut berorganisasi. Terkadang saya bisa membandingkan atau berempati dengan para pengurus OSIS, dan tidak bisa menerima pada saat ada peserta didik tidak mengikuti ulangan hanya karena ada kegiatan OSIS. Karena bagi saya, prinsip tetap sama, yaitu pembelajaran itu yang utama, organisasi hanya pendukung saja. 

Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul modul ini, apa yang tergambar di benak Bapak/Ibu? Apa yang Bapak/ibu harapkan dapat dipelajari pada modul ini?

Yang ada di benak saya adalah murid saya harus lebih baik dalam segala hal dari saya. Saya akan memberikan kesempatan dan kepercayaan penuh terhadap peserta didik supaya peserta didik dapat kreatif, inovatif, dan bisa mendiri, bisa menyelesaiakan masalah dengan baik.
Saya berharap dapat belajar tentang bagaimana membuat peserta didik mempunyai rasa percaya diri, mandiri, dan sifat yang berlandaskan pada profil Pelajar Pancasila.

Berikut adalah video tugas Mulai diri dalam Pengelolaan program yang berdampak pada murid


Demikian tadi pemaparan tugas Mulai dari diri materi pengelolaan program yang berdampak pada murid. Mudah-mudahan dapat menginspirasi.... Salam Guru Penggerak...😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.