Followers

Saturday, June 4, 2022

3.3.a.4. Eksplorasi Konsep Forum Diskusi - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan  intrakurikulerkokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah

Pada kegiatan ini, CGP daalam kelompok satu PP berdiskusi, dengan kasus salah satu CGP. Kemudian keempat CGP lainnya memberikan komentar.

Yang memberikan status Program yang berdampak pada murid adalah Bu Siska Amelia

Kegiatan berpihak pada murid di sekolah dilaksanakan melalui kegiatan Character Building yang meliputi kegiatan literasi, kegiatan ekstrakurikuler, menetapkan pembiasaan pada awal dan akhir, membiasakan perilaku baik yang bersifat spontan, dan menetapkan tata tertib sekolah.  Character Building adalah membangun watak, karakter, tabiat, sifat atau ahlak dan budi pakerti yang membedakan antara satu individu dengan individu yang lain dalam pergaulan di masyarakat, yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada anak didik melalui proses pembelajaran. Kegiatan ini mempromosikan karakter-karakter baik yang harus dibangun oleh para siswa di sekolah. 

Berikut adalah komentar dari saya :

Saya sangat setuju dengan kegiatan character buiding yang telah ibu Siska lakukan, karena membangun karakter siswa itu sangat pemting, seorang sisw harus mempunyai atitude yang baik dalam bergaul, hal ini sangat diperlukan, pada saat murid bersosialisasi dengan lingkungan sekolah ataupun di masyarakat. Pembiasaan baik yang memuat nilai sopan santun, empati dan saling menolong, bekerja sama (team work) merupakan modal utama para siswa untuk bisa hidup di masyarakat dan bisa diterima di masyarakat. Membangun karakter siswa adalah tugas Guru dan orang tua di dalam keluarga. Karena sebagian besar waktu siswa ada di sekolah, maka Guru mempunyai peran yang sangat besar untuk membangun karakter yang baik. 

Character building merupakan program yang sangat sesuai program yang berdampak pada murid. Mudah-mudahan semua Guru sanggup melaksanakan program ini dengan baik sehingga akan dihasilkan generasi penerus yang ber profil Pancasila, sesuai yang diharapkan pada kurikulum merdeka saat ini.

Komentar dari Bu Euis Nuraeni

Character Building memang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan sebagai dasar untuk menguatkan watak maupun karakter pada diri anak, yang pada dasarnya setiap anak memiliki watak dan karakter yang berbeda, sebagai guru kita berperan menjadi "among" yang memberikan bantuan dan tuntunan. Namun menurut Ki Hajar Dewantara, dalam usaha mewujudkan membangun karakter manusia seutuhnya dibutuhkan "Konsep Tri Pusat Pendidikan" yaitu kerja sama antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, juga lingkungan masyarakat. Meskipun demikian tetap sekolah sebagai pusat untuk membangun watak, karakter, tabiat, sifat atau ahlak dan budi pakerti, dan kewajiban guru lah untuk membimbingnya.

Komentar dari Bu Ema Damayanti

Saya sangat setuju dengan bu Siska menerapkan program character building di sekolah, karena itulah hala yang paling utama bagi siswa sebagai bekal untuk masa depannya. Namun ada hal yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang kegiatan pembiasaan pada awal dan akhir pembelajaran itu seperti apa. Dan kegiatan literasi yang dilakukan juga seperti apa bentuknya. Saya ingin mendapatkan inspirasi tentang kegiatan dari hal hal tersebut.

Komentar Bu Tatat Kurniawati

Membangun karakter (Character Building) melalui budaya sekolah sangatlah penting,yang berfungsi untuk menunjukan jati diri siswa sebenarnya,menentukan cara mereka mengambil keputusan,serta menentukan sikap,perkataan dan tindakan siswa dalam kehidupannya.
Character Building sangat penting untuk membangun generasi yang tidak hanya cerdas tapi juga bermoral,berahlak mulia dan berbudi pekerti yang baik.
Kita sebagai pendidik yang juga disebut sebagai agen perubahan,yang tidak hanya sekedar mencerdaskan anak didik tetapi diharapkan mampu mengembangkan kepribadian yang utuh,berahlak dan berkarakter.

Demikian tadi tugas eksplorasi konsep - diskusi contoh pengelolaan yanag berdampak pada murid. Mudah-mudahan bermnfaat... Salam Guru Penggerak...😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.