Followers

Saturday, June 11, 2022

3.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Sebelum mengikuti elaborasi pemahaman tentang pengelollan program yang berdampak pada murid dengan instruktur, diharapkan CGP dapat membuat pertanyaan tentang materi ini, sehingga bisa didiskusikan pada saat ruang elaborasi dengan instruktur.

Buatlah juga pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan mengelaborasi pemahaman Anda mengenai materi ini.

Pertanyaan yang akan saya ajukan pada saat Elaborasi materi  Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya yaitu

Setelah mempelajari materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, dan kembali mengingat akan masa sekolah saya dahulu sewaktu menjadi murid, rasa-rasanya murid saya yang sekarang kurang mandiri, karena hampir di setiap kegiatan terutama kegiatan sekolah diluar pelajaran, seperti kegiatan diesnatalis, studytour, perpisahan (wisuda), lebih dominan Guru yang mengurusi kegiatan tersebut. Sebagai anak SMA mestinya diberi kebebasan dan kepercayaan penuh untuk bisa membuat acara mereka sendiri, Guru hanya memantau saja, mengarahkan bila memang murid yang meminta. Saya ingin mengubah kebiasaan ini, tetapi bingung mulai dari mana dan mulai dari siapa?
mengapa saya ingin melakukan perubahan ini? karena sewaktu saya masih sekolah dulu, sangat bahagia bisa mengurusi sendiri studytour kita, bahkan menetukan anggaran adalah kita, sepertinya dari murid untuk murid benar-benar terlaksana, dan Guru hanya diminta membimbing, menemani saja, yang mengurusi semuanya adalah murid. 

Pertanyaan saya adalah

Langkah apa yang harus saya ambil supaya saya bisa merubah kebiasaan di sekolah saya suapaya kegiatan siswa di sekolah, dipercayakan ke siswa, Guru hanya sebagai pembimbing saja, bukan masuk ke dalam kepanitiaan. 

Demikian tadi pertanyaan untuk persiapan ruang Elaborasi bersama instruktur. Salam Guru Penggerak...😍😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.