Followers

Monday, June 21, 2021

Review Modul 1 PPPK Biologi




Review Modul 1 PPPK Biologi merupakan buku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan membuat modul belajar mandiri bagi para calon Guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), salah satunya modul yang berisi materi sesuai dengan bidang studi (profesional).

Penulis mencoba untuk mendukung program Pemerintah ini dengan membantu para calon Guru Biologi PPPK untuk memahami isi modul Guru PPPK Biologi. Terdapat 13 Modul Biologi untuk calon guru PPPK Biologi. Penulis membuat video pembelajaran yang berisi tentang Review Modul PPPK Biologi. Mudah-mudahan video ini bermanfaat buat rekan- rekan Guru Biologi yang ingin mengikuti Ujian Calon Guru PPPK. 

Terdapat 13 modul PPPK Guru Biologi, dan penulis mencoba untuk membuat video Review modul secara lengkap. Pada kesempatan kali ini penulis membahas tentang Modul 1 PPPK Biologi yang berisi materi tentang Sel. 

Kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta setelah mempelajari modul 1 ini adalah 

1. Memahami teori sel

2. Memahami struktur organisasi sel dan fungsinya

3. Memahami perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

4. Memahami transportasi zat pada sel

Berdasarkan kompetensi dasar tersebut maka penulis membagi video menjadi 3 bagian video Review Modul 1 PPPK Biologi.

Video Review pertama adalah tentang Teori Sel dan Struktur Sel


Pada video tersebut dibicarakan tentang teori- teori Sel dan membicarakan struktur sel yaitu berupa organel sel dan fungsi tiap organel tersebut. Video ini disertai dengan gambar supaya lebih jelas dalam mempelajari bagian- bagian sel, karena biasanya soal ujian yang berhubungan dengan sel ini menggunakan gambar sel sebagai stimulus soal. Jadi dimohon untuk menghafalkan bagian- bagian sel (organel) sambil melihat gambar sel dan fungsi organel tersebut.

Video Review kedua pada modul 1 adalah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.


Pada video kedua ini membahas tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Di dalam video sudah disertakan gambar sel hewan dan sel tumbuhan sehingga sangat jelas perbedaan di antara keduanya.
Kesimpulan dari materi ini adalah sel tumbuhan memiliki dinding sel dan kloroplastida sedangkan sel hewan memiliki lisosom dan sentrosom.

Video Review ketiga adalah Transportasi membran



Pada video tersebut membicarakan tentang transportasi membran. Terdapat transportasi membran secara aktif yang memerlukan energi dan transportasi membran secara pasif (tidak memerlukan energi).
Biasanya soal tentang transportasi membran berupa gambar stimulus yang menggambarkan tentang proses osmosis atau difusi. Sebelum menjawab soal transportasi membran, kita harus paham dahulu perbedaan antara difusi dan osmosis. Difusi merupakan aliran zat pelarut (air) dari larutan hipotonik (encer) ke larutan hipertonik (pekat) . Sedangkan osmosis merupakan difusi melalui membran semipermeabel. Untuk lebih jelasnya kita bisa mempelajari perbedaan difusi dan osmosis dengan jelas pada link berikut Video Osmosis dan Difusi

Pada tiap bagian deskripsi pada video Review Modul 1 PPPK Biologi terdapat link video untuk menambah referensi dalam memahami materi tentang Sel.
Berikut adalah link Modul 1 Sel PPPK Biologi  Modul 1 PPPK Biologi tentang Sel


Demikian tadi penjelasan tentang video Review Modul 1  materi Sel untuk calon Guru Biologi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) mudah-mudahan bermanfaat, dan semua guru yang berniat untuk mengikuti ujian guru PPPK diberi kemudahan dan kelancaran dan bisa lolos menjadi guru PPPK. 
Salam sehat dan sukses selalu...😍😍😍

7 comments:

  1. Maasya Allah, luar biasa karyanya, Bu Wety. Sangat membantu tmn2 calon PPPK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun Ambu cantik...🙏🙏❤️❤️ Mudah-mudahan...wet bisa Istiqomah buat review modul nya. 🙏🙏❤️

      Delete
  2. Bermanfaat sekali untuk peserta PPPK. Terima kasih berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... mudah- mudahan saya bisa membuat review nya 13 Modul... aamiin... Matur nuwun ibu... salam sehat dan sukses selalu... aamiin...

      Delete
    2. Selalu di tunggu review nya...
      Semangat mbak wet syantiikk...
      🤩🤩🤩

      Delete
  3. Wah blognya sungguh penuh materi lengkap....variasi video dan tampilan dokumen menjadi sangat dalam bahasannya. Mantap Bu selamat berkarya. Salam literasi dan salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun bapak.... mohon bimbingan nya dalam penulisan Blog... aamiin... salam sehat dan sukses selalu buat bapak...

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.