Followers

Saturday, June 26, 2021

Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia PPPK Biologi

Gambar dikutip dari Kompas.com
Berisi tentang materi sistem gerak manusia yang terdiri dari fungsi sistem gerak, bentuk dan macam tulang, osifikasi, sistem rangka manusia, artikulasi atau persendian, sistem otot manusia dan kelainan pada sistem gerak manusia. Modul ini diperuntukkan untuk calon guru PPPK Biologi (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Untuk memudahkan dalam mempelajari saya membuat Video Review Modul 3 PPPK Biologi, yang terdiri dari 3 video pembelajaran. Kita bahas satu persatu ya..

Video Pertama
Berisi tentang fungsi sistem rangka, bentuk tulang, osifikasi, macam tulang keras dan tulang rawan. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah video Pembelajaran pertama Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia PPPK Biologi:



Pada video pertama ini dijelaskan bahwa fungsi tulang adalah penopang tubuh, tempat penimbunan kalsium dan lemak, penghasil sel- sel darah, pelindung alat tubuh penting dan untuk pergerakan.
Kemudian dibahas tentang osifikasi yaitu proses pembentukan tulang keras. Pemanjangan tulang terjadi pada bagian diafisis (bagian tengah tulang pipa). 
Bentuk tulang terdiri dari tulang pipih, tulang pendek dan tulang pipa serta tulang tidak beraturan.
Macam tulang terdiri dari tulang keras atau osteon, dan tulang rawan (kartilago). Tulang rawan terdiri dari 3 bagian :
1. Tulang Rawan Hialin (Kartilago hialin) contohnya :cakra epifisis pada tulang pipa, esofagus.
2. Tulang Rawan Fibrosa : terdapat pada tulang vertebrae (tulang belakang)
3. Tulang Rawan Elastis : contoh pada tulang cuping telinga

Video Kedua
berisi tentang sistem rangka manusia yang menjelaskan tentang tulang- tulang penyusun tengkorak, alat gerak atas, alat gerak bawah, gelang bahu, gelang panggul, gelang panggul, vertebrae, tulang dada dan rusuk. Selain itu juga dijelaskan tentang artikulasi atau persendian. Berikut adalah video Review Modul 3 Sistem rangka dan persendian atau artikulasi:


Pada video kedua Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia membicarakan tulang- tulang penyusun rangka manusia. Untuk lebih jelasnya dalam menghafal nama- nama tulang harus sambil melihat gambar rangka atau langsung memegang rangka manusia atau bisa saja menggunakan anggota tubuh kita sendiri, lebih bagus lagi dihafalkan juga dengan nama ilmiah. Selanjutnya kita membicarakan tentang artikulasi atau persendian. Artikulasi terdiri dari :
  1. Sinkrondosis yang terdiri dari sinarthrosis (sendi mati) terdapat pada tulang tengkorak, dan          Sinfibrosis(sendi kaku) terdapat pada tulang-tulang vertebrae atau tulang belakang. 
  2. Sendi bebas (Diarthrosis), terdiri dari 4 macam yaitu : sendi peluri, sendi pelana, sendi putar dan sendi engsel. Untuk menghafalkannya lebih baik menggunakan gerakan supaya cepat hafal, seperti yang sudah saya contohkan di video pembelajaran.
Video Ketiga
Berisi tentang struktur otot, kontraksi otot, serta kelainan atau gangguan sistem gerak manusia. Berikut adalah Video Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia bagian sistem otot dan kelainan sistem gerak manusia:



Pada video ketiga Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia yang membicarakan tentang sistem otot manusia, yang terdiri dari struktur otot rangka dan kontraksi otot rangka. Untuk kontraksi otot harus dipelajari menggunakan gambar kontraksi otot.  Berikut adalah gambar kontraksi otot :



Berdasarkan gambar di atas, bisa kita lihat ada bagian filamen tipis yang disebut dengan aktin sedangkan filamen tebal disebut miosin. Otot mengalami kontraksi artinya otot memendek, filamen aktin dan miosis memendek. Pada gambar terdapat pita I , yaitu bagian terang karena hanya mengandung filamen tipis (aktin) sedangkan pada bagian pita A bagian yang gelap karena terdiri dari filamen tebal (miosin). Terjadi kontraksi bila pita I menuju ke tengah, pita A memendek sehingga zona H (sarkomer) memendek. Untuk otot relaksasi berarti otot kembali ke posisi semula.
Pada video ketiga Review Modul 3 Sistem Gerak Manusia juga membicarakan tentang kelainan atau gangguan pada sistem gerak Manusia. 
Pada setiap video Review Modul 3 Sistem Gerak dilengkapi dengan link video penambahan referensi video untuk menambah wawasan materi tersebut.
Berikut adalah link untuk mengunduh Modul 3 Sistem Gerak Manusia PPPK Biologi : Modul 3 PPPK Biologi : Sistem Gerak Manusia

Demikian tadi pembahasan Video Review Modul 3 PPPK Biologi tentang Sistem Gerak Manusia, berikutnya kita akan bahas Modul 4 PPPK Biologi tentang Genetika dan Pewarisan sifat. Ditunggu ya.... tetap jaga kesehatan.. dan mudah-mudahan Alloh meluluskan para calon guru yang akan mendaftar guru PPPK Biologi. Aamiin......Aamiin......😍😍😍


10 comments:

  1. mantap bunda....semangat terus ...

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat.... Lanjutkan anakku.... Keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah eyang... siap eyang... InshaAlloh...

      Delete
  3. Replies
    1. hatur nuhun ibu... mohon bimbingan nya supaya bisa menulis dengan baik seperti ibu...

      Delete
  4. Terimakasih Bu Wety,bermanfaat sekali, semakin siap menghadapi tes P3K, sukses selalu untuk bu wety

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah.. mudah-mudahan bisa membantu ya mba buat rekan-rekan guru yang mau berjuang menjadi guru PPPK...sehat selalu mba...

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.