Followers

Thursday, July 1, 2021

Mengajar Daring dan Luring Bab Sel

Dokumentasi saat belajar tatap muka

Setelah 1,5 tahun pembelajaran dilaksanakan di rumah saja, sebagai seorang guru, saya ingin sekali bisa mengajar tatap muka di tahun ajaran baru sekarang ini, tapi apa daya karena justru terjadi peningkatan jumlah pasien Covid di Indonesia. Pada tahun ajaran baru ini saya diberi kepercayaan untuk mengajar kelas 11 IPS Lintas Minat Biologi. Merupakan tantangan bagi saya karena sudah setahun mereka tidak belajar tatap muka di sekolah (selama kelas 10) dan sekarang harus tatap muka dengan saya sebagai guru mata pelajaran yang bukan menjadi minatnya, karena mereka adalah kelas IPS. Tantangan buat saya untuk membuat peserta didik kelas IPS menyukai pelajaran Biologi....😍😍 Untuk itu saya mempersiapkan rencana mengajar saya menghadapi anak-anak Kelas 11 IPS. Dan untuk pelajaran Biologi materi kelas 11 IPA sama dengan materi kelas 11 IPS LM. Pembelajaran yang diselingi dengan game menarik supaya tidak membosankan. Jadi memang dibutuhkan rencana jitu untuk membuat mereka bahagia belajar Biologi. Penasaran? Yuk lanjut baca...

Di sini saya mempersiapkan pembelajaran baik secara daring maupun tatap muka. Untuk itu saya membuat Video pembelajaran bab Sel yang saya upload di You Tube Kumpulan Video Pembelajaran Bab Sel dan Transpor Membran dan membuat rangkuman materi Sel yang ada di Blog ini. 

RPP Daring dan RPP Luring
Karena ketidakpastian pembelajaran di tahun ajaran baru sekarang ini maka saya mencoba untuk membuat 2 RPP yaitu RPP Daring dan RPP luring (tatap muka), dan bisa juga kita kombinasikan antara daring dan luring sehingga kita bisa menyebutkan Blended Learning. Berikut adalah link Rencana Pembelajaran RPP Daring Sel dan Transpor Membran (KD 1 dan 2)
Sedangkan ini adalah link RPP tatap muka RPP Luring Sel dan Transpor Membran.

Di sini akan menceritakan bagaimana saya mengajar bab Sel baik secara daring maupun luring dan bisa dikombinasikan disesuaikan dengan kondisi nanti di tahun ajaran baru. 

MENGAJAR DARING
Untuk mengajar full daring saya akan memaksimalkan aplikasi Google Classroom untuk pemberian LKPD dan pengumpulan tugas (LKPD). Untuk pembahasan LKPD saya akan gunakan aplikasi Zoom Meeting sehingga bisa berinteraksi dengan peserta didik. Dan tentunya uji kompetensi dilakukan dengan menggunakan aplikasi Quiziz. Dan untuk laporan praktikum menggunakan laporan berupa video praktikum yang di upload ke chanel masing-masing peserta didik dan linknya di berikan ke Guru.

MENGAJAR LURING (TATAP MUKA)
Saya akan menceritakan bagaimana saya biasanya mengajar tatap muka pada bab Sel dan Transpor Membran. Pada materi ini akan di sampaikan sebanyak 4 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan 2 x 45 menit. Pada bab Sel dan transpor membran, memuat 2 Kompetensi Dasar Kognitif yaitu
3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam            sel sebagai unit terkecil kehidupan (C2).
3.2 Menganalisa berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transport membran, reproduksi,        dan sintesis protein (C4).
Sedangkan Kompetensi Dasar Keterampilan yaitu
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil          kehidupan (P3).
4.2 Membuat model tentang bioproses yang terjadi dalam sel berdasarkan studi literatur dan percobaan          (P5).

Pertemuan Pertama
Pertemuan pertama menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai statment problem yang dijadikan sebagai bahan untuk diskusi. Materi pertama membicarakan tentang Pengertian Sel dan Perbedaan Sel Prokariotik dan sel Eukariotik. Sebelum peserta didik berdiskusi, guru membagikan materi Materi Pengertian Sel dan Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik, di dalam materi tersebut sudah lengkap dengan video pembelajaran dan rangkuman materinya. Semua peserta didik wajib mengisi Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Pengertian Sel dan Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Pada akhir pembelajaran saya akan membuat Game Tebak Kata. Peraturan permainannya adalah:
  1. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar, diberi nama kelompok A dan kelompok B
  2. Perwakilan kelompok satu orang maju ke depan membelakangi papan tulis  dan menghadap teman-teman satu kelompoknya (sebagai penanya ).
  3. Guru memberikan sebuah kertas yang berisi 5 kata kepada satu orang wakil kelompok yang berdiri din depan kelas.
  4. Penanya wajib membuat petunjuk pertanyaan supaya teman-temannya dapat menjawab sesuai dengan kelima kata yang ada di kertas.
  5. Lakukan bergantian antara kelompok A dan kelompok B
  6. Hitung skor yang di dapat oleh kedua kelompok, pemenang adalah yang mendapatkan skor tertinggi.
  7. Contoh kata yang ada di kertas misalnya Sel, Prokariotik, Eukariotik, mesosom, membran inti.
Mudah-mudahan dengan game ini peserta didik akan lebih bersemangat belajar Biologi, hafal dengan materi Biologi tetapi menyenangkan.

Pertemuan Kedua
Pertemuan kedua menggunakan 2 model pembelajaran, untuk Kemampuan kognitif menggunakan model PBL (Problem based Learning) sedangkan untuk kemampuan keterampilan menggunakan model PjBL (Project Based Learning) dan untuk percobaan dikerjakan di rumah sebagai tugas kelompok.
Materi untuk pertemuan kedua adalah Materi Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Guru memberikan gambar sel hewan dan sel tumbuhan dan diminta tiap kelompok untuk menjelaskan organel dan fungsinya. Setiap peserta didik wajib mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan.  Dan untuk bisa lebih menyenangkan, dapat pula diadakan Game untuk menghafal nama organel dan fungsinya, dengan cara:
  1. Salah satu anggota kelompok maju ke depan kelas, sambil membawa gambar sel Hewan atau Tumbuhan (berperan sebagai penanya)
  2. Penanya kelompok 1 akan berdiri di depan anggota kelompok 2, kemudian menunjuk organel pada gambar Sel tersebut sebanyak 5 kali (5 soal).
  3. Peserta kelompok 2 sebagai penjawab, menjawab pertanyaan dengan menyebutkan nama organel dan fungsinya.
  4. Anggota kelompok 1 (penanya) mengoreksi jawaban kelompok 2 dan menuliskan skor yang diperoleh kelompok 2.
  5. Tiap kelompok bergantian sebagai penanya dan penjawab.
  6. Peroleh skor tertinggi yang akan menjadi juara pada Game tebak organel.
Pada pertemuan kedua, Guru memberikan tugas kelompok mandiri yaitu Praktikum Pembuatan Model Sel Hewan dan Sel Tumbuhan.

Praktikum ini dilaksanakan di rumah dan diberikan waktu 2 minggu untuk mengerjakan, produk model sel hewan dan sel tumbuhan dikumpulkan, dan tiap kelompok wajib membuat video tutorial pembuatan model sel hewan dan sel tumbuhan.

Pertemuan Ketiga
Pada pertemuan ketiga kita memasuki KD. tentang transpor pada membran. Pada pertemuan ini menggunakan model PBL (Problem Based Learning), guru memberikan satu pertanyaan analisis terhadap tiap kelompok, itulah yang menjadi bahan diskusi (Based statment). Untuk pertemuan ketiga ini materinya adalah Materi Transpor pada Membran. Setiap peserta didik wajib mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Transpor pada Membran. Pada akhir pertemuan pembuatan kesimpulan bersama, dapat dibuat menyenangkan dengan cara:
  1. Guru membagikan kertas kecil kepada seluruh peserta didik
  2. Peserta didik diminta untuk menuliskan 1 kalimat yang menggambar apa yang di sudah dipelajari hari ini,.
  3. Kertas tersebut di buat bulat seperti kelereng kecil.
  4. Kemudian setiap peserta didik melempar kertas tersebut dan mengambil kertas milik teman nya, bukan miliknya sendiri
  5. Peserta didik membaca isi kertas yang diambilnya secara kompak dan bersama-sama, serta diharapkan bersuara lantang, dan diakhiri dengan tepuk tangan bersama.
Pertemuan Keempat
Pada pertemuan keempat menggunakan model PjBL (Project Based Learning), karena ini adalah penilaian keterampilan (praktikum atau percobaan). Praktikum yang akan dilaksanakan adalah Praktikum Difusi dan Osmosis pada Telur Ayam. Berikut adalah Video Praktikum Difusi dan Osmosis pada Telur Ayam


Selain melihat video diatas, setiap peserta didik wajib mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Praktikum Difusi dan Osmosis pada hewan. Untuk laporan praktikum berupa: laporan tertulis dan laporan video tutorial.
Pada pertemuan kelima, diadakan Quisziz sebagai uji kompetensi selama mempelajari materi Sel dan Transpor pada membran. Berikut adalah link Quisziz Quisziz Uji Kompetensi Sel dan Transpor pada Membran
Demikian tadi penjelasan bagaimana saya mengajar bab Sel dan Transpor membran,mudah-mudahan berguna dan bermanfaat? Tetap jaga kesehatan. Selanjutnya kita akan membahas bab 2 yaitu tentang Jaringan Tumbuhan. Ditunggu ya...😍😍😍









28 comments:

  1. Lengkap bangeettπŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... tengkyu teteh... sukses selalu...

      Delete
  2. Mantap anaku.... Mudah mudahan bisa istiqomah...

    ReplyDelete
  3. Ma syaAllah... Luar niasa Bu Wetty.. Moga jd amal jariyah... Terus berbagi yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaAlloh....aamiin ..aamiin ..hatur nuhun ibu ...πŸ™❤️

      Delete
  4. Guru yang rajin dan cepat beradaptasi. Semoga makin jago mengisi konten belajar online nya. Jangan lupa share ilmunya ya, bu Wety.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he...bapak bisa aja ..semua guru juga bisa seperti saya asal ada kemauan dan tentunya waktu ya pak...kalo sibuk mah ga bisa pak...#nyindir wakakurπŸ™πŸ€­πŸ€­πŸ˜‚

      Delete
  5. Luar biasa... Tulisannya,Bunda,Betul sekali belajar online dan luring membuat guru pusing sendiri. Semangat untuk PTM di dlm Tahun Pelajaran Baru 2021-2022

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun... inshaAlloh... kalo daring... jujur saya iri dengan guru SD karena tugas hampir semua mengumpulkan... kalo anak SMA paling 50% sampai 70% aja...aslinya sedih dan bikin jengkel....mudah2 an segera tatap muka... aamiin...

      Delete
  6. Mantuul. Kalau gurunya seperti Bu Wety anak gak bakalam jenuh nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an ... tapi kemaren daring bikin saya lumayan setres juga.. krn motivasi siswa yang kurang saat daring...mudah2 an bisa tatap muka ya bu... salam sehat selalu...

      Delete
  7. Luar biasa buk.. Belajar daring tetap menarik dan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an bisa tatap muka walo terbatas... aamiin... salam sehat dan sukses selalu ibu...

      Delete
  8. Semangat Bu Guru ... Keren abis! Siswanya pasti pada seneng nih belajar sama Bu Wety πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an... tujuan saya sebenarnya ingin membuat keseragaman dalam mengajar Biologi SMA, siapa tahu ada guru- guru Biologi yang mau mengadopsi cara saya ngajar... mudah2an ya bu... salam sehat selalu ibu..

      Delete
  9. Mantap Bu. Asyiknya belajar meskipun daring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ibu... hatur nuhun... sehat selalu ibu...

      Delete
  10. Lengkap banget...
    Ini Guru yang bikin siswa semangat belajar...

    Ajarin saya bikin tulisan dengan animasi menulis Bu...
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun bapak...
      hayu pak... di chanel wety yuningsih ada tutorialnya pak.. aplikasi videoscribe sparkol... insyahAlloh kalo uda semua video tutorial beres saya tulis di blog juga... mudah-mudahan ga males... he..he..

      Delete
  11. Keren. Dijamin siswanya makin semangat belajar nih. Semangat selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...aamiin... mudah-mudahan... inshaAlloh selalu semangat. sehat dan sukses selalu ibu...hatur nuhun..

      Delete
  12. Lengkaappp...siswanya pasti senang belajar biologi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... mudah-mudahan pak... sehat dan sukses selalu bapak... hatur nuhun...

      Delete
  13. Makasih...selalu berbagi, selalu kreatif, selalu produktif dan selalu semangat !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami2 bunda... hatur nuhun bunda... sehat dan sukses selalu buat Bunda Susi...

      Delete
  14. Replies
    1. Hatur nuhun ibu... salam sehat dan sukses selalu...

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.