Followers

Saturday, August 7, 2021

Merdeka Mengajar bab Metabolisme di Musim Pandemi (Sincronus - Asincronus)

 

          

Merdeka Belajar  Mengajar yang dicetuskan oleh Mas Menteri Nadiem membuat saya berubah rencana untuk mengajar bab Metabolisme, apalagi ditambah dengan musim pandemi yang membuat kita belajar mengajar daring. Saya menggunakan metode campuran dimana ada pertemuan sincronus dan asincronus (pakai nama ini biar lebih keren ya...😀). Sincronus saya menggunakan pertemuan virtual menggunakan zoom meeting dan asincronus menggunakan Google classroom. Dan karena merdeka mengajar maka saya akan memilih materin yang paling esensial pada bab Metabolisme yang super lama dan banyak sekali materi dan praktikumnya. Saya hanya akan mengajar bab Metabolisme selama 4 minggu, dimana tiap minggu hanya 1 materi saja yang akan saya ajarkan).

Pertemuan Minggu Pertama

Pada minggu pertama saya akan mengajarkan tentang Enzim. Pada awal minggu pertama di hari minggu saya sudah upload video materi dan LKPD di Google classroom (Asincronus), ini merupakan program merdeka belajar karena saya bebaskan untuk peserta didik belajar sendiri, melihat video, dan membaca materi yang saya berikan dengan mengacu pada LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang berisi pertanyaan untuk menuntun peserta didik memahami materi tentang Enzim. Selanjutnya di minggu pertama ini saya adakan pertemuan virtual menggunakan zoom meeting (sincronus) untuk membahas tuntas LKPD Enzim, sehingga tujuan pembelajaran agar peserta didik paham tentang enzim mudah-mudahan bisa tercapai. Berikut adalah video tentang Komponen, Sifat dan Faktor yang mempengaruhi Kerja Enzim



Berikut adalah video tentang Cara Kerja Enzim dan Inhibitor
Setelah melihat video pembelajaran diatas, diharapkan peserta didik dapat mengerjakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) LKPD Enzim.
Selain itu, saya telah membagikan link video tentang praktikum Enzim Katalase yang biasanya di lakukan pada saat sebelum pandemi. Praktikum ini harus dilakukan di laboratorium Biologi sekolah karena terdapat bahan yang hanya ada di laboratorium. Karena tidak mungkin dilaksanakan di rumah, maka saya hanya mewajibkan untuk menonton video praktikum Enzim Katalase, supaya murid paham tentang praktikum ini. Mengapa harus wajib menonton dan memahami praktikum Enzim katalase, karena sering dijadikan soal Ujian Sekolah dan Ujian yang lainnya. Berikut adalah video Praktikum Enzim Katalase:

Pertemuan Minggu Kedua
Pada minggu kedua materi yang akan saya berikan adalah Respirasi Aerob, tentunya saya akan beri juga video Metabolisme sebagai pengetahuan awal bagi peserta didik apa itu metabolisme. Tetapi saya lebih menekankan pada pemahaman terhadap respirasi aerob. Pada awal minggu saya akan membagikan video pembelajaran, materi, dan LKPD Respirasi aerob pada google classroom (asincronus) yang memberikan kebebasan peserta didik untuk mempelajari secara mandiri di rumah masing-masing. Kemudian pada minggu tersebut saya mengadakan pertemuan virtual dengan menggunakan zoom meeting untuk membahas tuntas LKPD Respirasi aerob supaya anak-anak benar-benar memahami tentang Respirasi aerob. Pertemuan virtual ini merupakan asincronus. Berikut adalah video pembelajaran yang saya bagikan pada minggu kedua ini:
1. Video tentang Metabolisme
Pada video tersebut dijelaskan tentang metabolisme. Metabolisme terdiri dari katabolisme dan anabolisme. Diharapkan peserta didik dapat membedakan antara proses katabolisme dan anabolisme.

2. Video Respirasi Aerob 

Pada video tersebut peserta didik diharapkan mengerti tentang proses Respirasi aerob yaitu respirasi yang memerlukan oksigen. Video ini sangat mudah untuk dipahami dan dihafalkan tahap-tahap pada respirasi aerob, durasi yang singkat membuat peserta didik tidak bosan dalam menonton video, kalaupun terlalu cepat bisa diulang-ulang. dan LKPD dibuat untuk mencoba menghafal tahap dan hasil dari respirasi aerob. Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) LKPD Respirasi Aerob.

Pertemuan Minggu Ketiga
Pada pertemuan minggu ketiga akan membahas materi Respirasi anaerob yaitu respirasi tanpa oksigen. Pada awal minggu saya mengupload video pembelajaran, LKPD dan materi tentang Respirasi anaerob di google classroom (asincronus) yang saya beri waktu selama satu minggu bagi peserta didik belajar secara mandiri. Kemudian pada minggu tersebut saya adakan pertemuan virtual menggunakan zoom meeting untuk membahas LKPD Respirasi anaerob dengan tuntas. Untuk nilai ketrampilan pada bab Metabolisme saya mengambil praktikum Respirasi Anaerob yaitu fermentasi menggunakan balon.Video tutorial praktikum respirasi anaerob saya bagikan di google classroom dan diharapkan peserta didik secara berkelompok melaksanakan praktikum fermentasi alkoho dengan balon dan membuat laporan berupa video praktikum yang di upload di channel You Tube salah satu anggota kelompok. Diberi waktu selama 2 minggu untuk mengerjakan praktikum tersebut, tentunya secara asinkronus, jadi peserta didik merdeka untuk menetukan kapan melaksanakan praktikum tersebut. Berikut adalah video yang saya bagikan pada google classroom
1. Video Respirasi anaerob
Pada video tersebut dijelaskan tentang proses respirasi anaerob. Respirasi anaerob terbagi menjadi fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat. 

2. Video Praktikum Respirasi Anaerob (fermentasi alkohol menggunakan balon)

Pertemuan Minggu Keempat

Pada pertemuan minggu keempat bab Metabolisme akan membahas tentang fotosintesis. Fotosintesis sebagai contoh dari anabolisme terdiri dari 2 reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Pada pertemuan inipun di tampilkan video tentang tumbuhan CAM, C4 dan C3. Pada awal minggu seperti biasa saya upload video pembelajaran, LKPD dan materi tentang fotosintesis pada google classroom (asincronus). Selain itu saya bagikan video praktikum Uji Sachs yang merupakan nilai ketrampilan. Peserta didik secara berkelompok dapat melaksanakan praktikum uji Sachs secara mandiri di rumah (asincronus). Laporan praktikum dalam bentuk video yang di upload di channel You Tube salah satu anggota kelompok. Berikut adalah video pembelajaran yang saya bagikan:

1. Video Reaksi Terang Fotosintesis


2. Video Reaksi Gelap Fotosintesis

3. Video Perbedaan tanaman CAM< C3 dan C4

Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) LKPD Fotosintesis. Dan LKPD Fotosistesis akan dibahas dipertemuan secara virtual (sincronus) melalui zoom meeting.

Demikian tadi rencana pembelajaran daring saya mengajar bab Metabolisme pada musim pandemi ini menggunakan metode sincronus dan asincronus. Mudah-mudahan bermanfaat dan tetap jaga kesehatan. Berbagi itu sangat indah...😍😍😍


















1 comment:

  1. terima kasih bu,,,,semoga mengalir terus pahala buat ibu

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.