Followers

Saturday, November 13, 2021

Jurnal Refleksi Minggu 4 (8 November- 12 November 2021)

 


Senin, 8 November 2021

1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Nilai- Nilai dan Peran Guru Penggerak - Diskusi Mandiri

Pada kegiatan ini diadakan vicon bersama Fasilitator dan rekan- rekan CGP lain untuk berdiskusi dan menghasilkan poster atau bahan presentasi kelompok. Bana diskusinya adalah 

  1. Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan  peran dan nilai guru Penggerak?
  2. Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?Vicon diskusi materi Nilai  dan peran guru penggerak

Dalam berdiskusi saya berperan sebagai notulen yang mencatat hasil diskusi. Kelompok kami terdiri dari Bu Euis, Bu Tatat, Bu Emma dan Bu Siska. Hasil diskusi akan dipresentasikan besok dalam vicon presentasi diskusi Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Selasa, 9 November 2021

Selasa, 9 November 2021

1.2.a.5.1. Ruang Kolaborasi Nilai dan Peran Guru Penggerak - Presentasi

Setelah kami berdiskusi bersama kelompok, pada sesi pertemuan tatap maya ini kami akan mempresentasikan hasil diskusi kami di depan kelompok lain dan fasilitator. Pada saat pertemuan vicon ini kami membagi tugas pada saat presentasi :

  1. Presenter : Ema Damayanti
  2. Penjawab   : Wety Dwi Yuningsih 
  3. Pemberi komentar : Siska Amelia
  4. Penanya : Euis Nuraeni
  5. Notulen : Tatat Kurniawati

Dengan membagi tugas, agar pada saat vicon berjalan dengan lancar. Dan berikut adalah video presentasi nilai dan peran guru Penggerak.


Pada saat presentasi ada masukan supaya hasil presentasi lebih baik, dan disempurnakan baru akan kita upload di LMS.

Rabu, 10 November 2021

12.a.6 Refleksi Terbimbing- Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pada kegiatan ini kami diminta untuk membuat Blog atau tulisan yang berisi tentang refleksi terbimbing tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Refleksi terbimbing dapat dibaca juga pada tulisan di Blog pribadi saya wetyyuningsih.com.

https://www.wetyyuningsih.com/2021/11/refleksi-terbimbing-peran-dan-nilai.html

Kamis, 11 November 2021

1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pada kegiatan ini CGP diminta untuk membuat karya 2 dimensi tangan atau digital yang berisi refleksi CGp terhadap nilai Guru Penggerak. Saya memilih membuat poster, dan menjawab pertanyaan yaitu 

  • Guru Penggerak seperti apakah saya?
  •  Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?
  • Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?
  • Berikut adalah Poster Nilai Guru Penggerak, saya mengambil profil Guru Penggerak Inspiratif.


    Jumat, 12 November 2021

    Kegiatan Pendampingan Guru Pengajar Praktik ke sekolah CGP. Pengajar praktik Bu Dini Siti Anggraeni, M.Pd datang ke SMA N 1 Cililin pada untuk melakukan pendampingan CGP. Kebetulan di SMA N 1 Cililin terdapat 2 guru CGP, saya dan bu Siska, sehingga jadwal pendampingan dibagi 2 sesi. Sesi pagi jam 08.30 - 11.00 pendampingan bu Siska. Saya kebagian pada sesi 2 jam 11 sampai jam 13.30. Sebelum pendampingan kita bertemu dengan bapak kepala SMA N 1 Cililin, untuk meminta ijin akan diadakan pendampingan tiap bulan selama 9 bulan PGP. 

    Program pendampingan ini sangat bermanfaat, disini saya bisa bertukar pikiran, bisa curhat dengan pengajar praktek, apa kesulitan selama sebulan mengikuti PGP, perasaan dan refleksi terhdap PGP yang saya lakukan, serta tentang aksi nyata yang sudah saya lakukan selama sebulan mengikuti PGP. Apakah terdapat dampak positif terhadap peserta didik atau reken guru selama sebulan mengikuti PGP. Saya senang, ternyata PGP ini benar-benar pelatihan yang berbeda dengan pelatihan sebelumnya yang saya ikuti. Disini kita sering melalukan refleksi sehingga kita bisa menghayati, mengamalkan dan mengevaluasi materi yang kita pelajari. Benar-benar pelatihan yang bukan hanya transfer ilmu tetapi juga transfer kebiasan praktek baik, kebiasan berbuat untuk bisa menjadi guru penggerak yang mempunya nilai dan peran guru Penggerak kumplit dan dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila.

    Pada kegiatan minggu ini, perasaan saya sangat bahagia dan antusias dalam mengikuti setiap tahap dalam PGP ini, dan berharap saya bisa menjalani PGP samapi tuntas sehingga saya bisa menjadi Guru Penggerak yang mempunyai semua nilai Guru penggerak dan bisa berperan di komunita untuk menyebarkan praktik- praktik baik. 

    Demikian tadi refleksi Minggu keempat dalam PGP. Mudah-mudahan kita selalu bahagia, dan Salam Guru Penggerak...😍😍😍

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.