Followers

Monday, November 22, 2021

Jurnal Refleksi Minggu 5 ( 15 November - 20 November 2021 ) PPGP Angkatan 4

 


Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang kegiatan PPGP yang saya ikuti pada minggu kelima tanggal 15 November - 20 November 2021 (Jurnal Refleksi Minggu kelima). 

Senin, 15 November 2021 ( 1.2.a.8 Elaborasi Pemahaman - Nilai dan Peran Guru Penggerak)

Pada sesi ini, CGP dapat mengetahui praktik baik pembentukan nilai Guru Penggerak melalui sesi forum diskusi virtual bersama instruktur. Jadi saya mengikuti pertemuan virtual bersama CGP, PP dan Instruktur. Pada materi Nilai dan Peran Guru Penggerak, yang akan memberikan materi (Instruktur) adalah ibu Warih Wijayanti. Saya mendapatkan sesi kedua jam 15.30 sampai dengan 17.30 WIB. Pada materi kali ini sangat menyenangkan dan semakin mengerti, termotivasi untuk bisa melaksanakan semua nilai dan peran Guru penggerak. 

Pada awal sesi, kita diminta untuk melakukan rileksasi dengan menarik nafas tahan dan menghembuskan nafas sehingga pikiran kita menjadi tenang dan rileks, segala penat setelah seharian beraktivitas. 

Pada akhir sesi CGP diminta untuk memberikan refleksi peristiwa yang penting bagi para CGP pada padlet


Rabu, 17 November 2021 ( 1.2.a.9 Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak)
Pada sesi ini CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Berikut adalah video Koneksi Antar Materi Nilai dan Peran Guru Penggerak dan filosofi Ki Hajar Dewantara

Kamis, 18 November 2021 ( 1.2.a.10 Aksi Nyata- Nilai dan Peran Guru Penggerak)
Pada sesi ini, CGP mampu menerapkan strategi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak dan CGP terbiasa untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang didapat selama rangkaian modul 1.2   Nilai dan Peran Guru Penggerak

Berikut adalah tulisan saya tentang Aksi Nyata yang sudah saya lakukan setelah mempelajari modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak (klik disini)

Jumat, 19 November 2021 (1.3.a.3 Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak )
Kita memasuki modul baru 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dimulai dari kegiatan 1.3.a.3 Mulai dari Diri, CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di masa depan.
Pada tugas pertama Mulai dari diri Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak, CGP diminta untuk membuat 3 karya.

“Mari nyatakan visi kita lewat karya!”

CGP diminta untuk mengumpulkan 3 karya berupa poster 

1. Imajiku tentang Muridku di Masa Depan


Karya 2. Merangkai mimpi lewat kata- kata : melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat satu paragraf utuh

Karya 3. Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat.

Sabtu, 20 November 2021 ( Lokakarya 1 PPGP Angkatan 4 )
Lokakarya pertama di laksanakan di Hotel Novena, Kabupaten Bandung Barat, dimulai dari jam 8.00 - 15.00 WIB. Acara ini sangat menyenangkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh dan membuat saya mendapatkan banyak ide untuk membuat konten pembelajaran yang menarik dan mampu melaksanakan kompetensi Guru Penggerak supaya bisa mencapai merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila. Berikut adalah cerita tentang Lokakarya 1 PPGP Angkatan 4 (klik disini)

Perasan saya dalam menjalani pelatihan selama seminggu ini adalah bahagia, luar biasa, karena saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang sangat banyak sehingga saya bisa mengamalkan dan termotivasi untuk menerapkan kompetensi Guru Penggerak dan mencapai merdeka belajar. 

Demikian tadi jurnal refleksi Minggu kelima PPGP Angkatan 4. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam sehat dan bahagia selalu. Salam Guru Penggerak...😍😍😍









No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.