Followers

Monday, December 13, 2021

Jurnal Refleksi Minggu kedelapan (6 Desember - 10 Desember 2021)

 


Jurnal Refleksi Minggu kedelapan (6 Desember - 10 Desember 2021)

Menggunakan metode refleksi 4 P (Peristiwa, Perasaan, Pembel;aajaran dan Perubahan)

Senin, 6 Desember 2021

1.3.a.10. Aksi Nyata - Visi Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Peristiwa
Pada tugas Aksi nyata merupakan tugas implementasi pembelajaran pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tulisan pada Blog saya tentang Akasi Nyata Visi Guru Penggerak (klik disini). Selain itu dapat juga dilihat pada tayangan You Tube berikut ini :

Perasaan saya sewaktu mengerjakan tugas Aksi nyata sangat antusias, karena saya senang dan semangat mengaplikasikan ilmu tentang Visi Guru Penggerak dan langsung di aplikasi dalam pembelajaran saya di sekolah. 

Pembelajaran yang saya peroleh adalah untuk dapat menjadi guru penggerak kita harus mempunyai visi yang jelas, dan melaksanakan semua tahapan strategi untuk mencapai visi kita sebagai Guru Penggerak. 

Perubahan yang saya dapatkan adalah mulai sekarang saya selalu menggunakan metode IA dengan model BAGJA dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk mencapai merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila.

Selasa, 7 Desember 2021
1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif
Tujuan Pembelajaran khususMengaktifkan pengetahuan awal tentang dan apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah.
Peristiwa
Memasuki modul 1.4 tentang Budaya positif, diawali dengan kegiatan Mulai dari Diri. Kegiatan ini adalah berupa refleksi diri setelah mempelajari tentang budaya positif. Berikut adalah video tentang tugas Mulai dari diri Budaya Positif 

Selain itu dapat dibaca pada blog saya tentang tugas Mulai dari Diri modul Budaya Positif (klik disini)
Perasaan saya pada saat mengerjakan tugas Mulai dari Diri Bab Budaya Positif adalah sangat bahagia, karena mendapatkan banyak sekali ilmu tentang budaya positif, yang ternyata selama ini belum sepenuhnya bisa dilaksanakan dalam pembelajaran yang saya lakukan di sekolah.
Pembelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan refleksi diri Mulai dari Diri tentang Budaya Positif adalah saya mendapatkan banyak ilmu untuk menerapkan budaya positif dalam pembelajaran di sekolah yang bisa disampaikan kembali kepada rekan-rekan guru di sekolah.
Perubahan yang saya lakukan adalah mulai dari sekarang saya akan berusaha untuk bisa menerapkan budaya positif di lingkungan sekolah.

Rabu, 8 Desember 2021
1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif
Peristiwa

Eksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.

2.1. Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan  Teori Kontrol

CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori kontrol. CGP juga  melakukan refleksi atas penerapan praktik disiplin yang dijalankan di sekolahnya.

2.2. Arti Disiplin dan 3 Motivasi Perilaku Manusia

CGP dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia, serta konsep motivasi internal dan eksternal.

2.3. Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan

CGP dapat memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas, yang pada akhirnya akan menciptakan budaya positif. 

2.4. Lima (5) Kebutuhan Dasar Manusia

CGP memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. CGP memahami bahwa kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif oleh karena itu peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif.

2.5  Lima (5) Posisi Kontrol 

CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya. CGP dapat mengetahui dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan positif, aman, dan nyaman dan dapat menghasilkan murid-murid yang lebih mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.

2.6 - Segitiga Restitusi

CGP memahami dan menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi murid merdeka.

Perasaan saya mengerjakan tugas eksplorasi konsep secara mandiri adalah sangat senang akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang diperoleh dari materi yang ada di LMS. Sangat banyak sekali, tapi sangat bermanfaat, semua materi diberi contoh konkret sehingga saya bisa paham dan inshaAlloh bisa menerapkan pada pembelajaran di sekolah. 

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah banyak sekali ilmu yang didapat, dengan contoh nyata, sehingga saya bisa mencontoh dan menerapkan pada pembelajaran di sekolah.

Perubahan yang saya lakukan adalah menerapkan budaya positif pada pembelajaran di kelas dan di sekolah sehingga diharapkan satu sekolah menerapkan budaya positif. 

Kamis, 9 Desember 2021
Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi 
Peristiwa
Pada tugas ini CGP melaksanakan diskusi asinkronous, masing-masing CGP memberikan komentar Pada jawaban CGP lain minimal 2 CGP yang diberi komentar. CGP memberi komentar pada 11 halaman tugas eksplorasi konsep yang ada di LMS.
Perasaan saya pada saat mengerjakan tugas ini sangat antusias membaca berbagai komentar dari CGP lain sehingga menambah wawasan bagi saya untuk menjadi Guru Penggerak yang menerapkan budaya positif.
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah banyaknya komentar dari CGP lain membuat saya bertambah wawasan, pengalaman, dan solusi untuk menerapkan budaya positif di sekolah.
Perubahan yang saya lakukan adalah mengambil pengalaman terbaik dari komentar rekan CGP lain, untuk bisa diterapkan di sekolah masing-masing.
Jumat, 10 Desember 2021

1.4.a.5. Ruang Kolaborasi - Kerja Kelompok

Peristiwa
Pada tugas ini dilakukan secara sincronous, mengggunakan vicon, yang dilakukan adalah diskusi kelompok untuk menganalisa kasus tentang budaya positif. Saya berdiskusi dengan 2 rekan CGP yaitu bu Siska dan Pak Ade untuk membahasa kasus yang ada di LMS tentang penerapan budaya positif. Berikut adalah hasil diskusi kelompok B2

Perasaan saya dalam melaksanakan diskusi sangat senang dan antusias karena bisa sharring secara langsung untuk menganalisa 4 kasus yang ada di LMS tentang budaya positif. Selain itu hasil diskusi dapat di baca pada blog berikut ini (klik disini)
Pembelajaran yang saya dapatkan selama diskusi adalah banyak sekali tambahan ilmu saat kita diskusi dan berbagi ilmu sehingga saya mempunyai modal ilmu untuk menerapkan budaya positif di sekolah. 
Perubahan yang saya lakukan adalah menerapkan semaksimal mungkin tentang budaya positif dalam pembelajaran di kelas dan di sekolah.
Demikian tadi pemaparan kegiatan PPGP selama satu minggu yaitu minggu kedelapan sebagai jurnal refleksi mingguan. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam bahagia dan salam Guru Penggerak...😍😍😍








No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.