Followers

Sunday, February 13, 2022

2.1.a.5 Ruang Kolaborasi 1 - Modul 2.1 Pembelajaran diferensiasi

 

“Ada kekuatan luar biasa ketika sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul untuk bekerja menuju tujuan yang sama.” 

(Idowu Koyenikan)

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat meningkatkan pemahamannya tentang berbagai strategi diferensiasi melalui latihan mencermati rencana pembelajaran milik orang lain.

Dalam sesi pembelajaran ini, Anda akan kembali mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit berbeda, karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama CGP.  Kali ini, kita akan mencoba berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi.  

Anda bersama rekan kelompok akan diminta untuk membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk satu materi yang dapat Anda pilih sendiri. 

Contoh Kasus Pak Bumi adalah seorang guru bidang studi Sosiologi di Kelas 10. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh muridnya adalah sebagai berikut: Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat. Setelah mendiskusikan dengan murid-muridnya, ia menemukan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang berbeda. Ada yang tertarik pada isu budaya, ekonomi, lingkungan dan psikologis. Jika Anda adalah Pak Bumi, pendekatan apa yang akan Anda lakukan untuk mendiferensiasi pembelajaran sehingga murid semangat dan memiliki keterlibatan penuh dalam pembelajaran.

Pada kesemppatan kali ini saya berdiskusi dengan rekan CGP yang mengajar SMP dan SMA, yaitu Pak Adhy, Bu Emma dan Bu Siska. Kami berdiskusi akan membuat RPP pelajaran Sejarah tentang Kerajaan Mataram Kuno. Peserta didik diberi kebebasan untuk menghasilkan produk tentang penggambaran kehidupan masyarakat pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Peserta didik dikelompokkan berdasarkan minat misal kelompok musik akan membuat produk berupa lagu, kelompok petualangan akan membuat produk berupa video wisata virtual. kelompok yang mempunyai hobby acting akan mengahsilakn produks drama, kelompok yang suka public speaking akan membuat pod cast, dan kelompok yang suka dengan sastra, akan menghasilkan produk berupa puisi. Untuk lebih jelasnya pada tulisan selanjutnya akan saya upload RPP diferensiasi yang telah kelompok kami buat. 

Berikut adalah foto dokumentasi pada saat google meet







Demikian tadi penjabaran pelatihan Guru Penggerak tentang ruang kolaborasi membahas RPP berdiferensiasi. Mudah-mudahan bermanfaat.. Salam Guru Penggerak..😍😍😍


1 comment:

  1. terimakasih banyak ya, bahan referensi yang sangat bermamfaat

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.