Followers

Sunday, February 20, 2022

Dokumentasi Lokakarya 2 PPGP Angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat

 


Pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 di Hotel Gumilang Bandung diadakan Lokakarya kedua PPGP Angkatan 4. Selalu semangat dengan kegiatan Lokakarya, karena kegiatan ini adalah saatnya kita berkumpul bersama, saling berbagi tentang keluh kesah pelatihan Guru Penggerak. Pada satu ruangan terdapat 3 kelompok dengan 3 PP (Pengajar Praktik) dengan 16 CGP (Calon Guru Penggerak). Kita para CGP mendapatkan informasi, ilmu yang sangat bermanfaat dari 3 Pengajar Praktik hebat yaitu bu Dini, Pak Harun dan Bu Dian. 
Pada tahap awal pertemuan, kita diminta menuliskan masalah yang kita hadapi selama mengerjakan tugas di PPGP ini, dibagi menjadi masalah dengan murid dan sekolah. Ternyata hampir semua CGP menuliskan masalah dengan sekolah, diantaranya kurangnya respon dari rekan Guru di sekolah tentang kegiatan pelatihan Guru Penggerak yang mengakibatkan aksi nyata dalam setiap modul susah untuk dilaksanakan karena hal ini berkaitan dengan rekan Guru di sekolah. Akhirnya kita mengadakan berdiskusi dan saling berbagi bagaimana solusi terbaik untuk masalah-masalah yang kita hadapi.

Dan pokok pembicaraan kita pada Lokakarya kedua ini adalah pembentukan Komunitas Praktisi. Kita diminta untuk berdiskusi dengan model Jig Saw (ahli) dan nanti hasil diskusi di kelompok ahli akan di samapaikan ke kelompok inti. Akhirnya kita dapat menyelesaikan rencana pembuatan Komunitas Praktisi. Selanjutnya kita diminta untuk mengerjakan Lembar Kerja Komunitas Praktisi (unduh disini).
Berikut adalah beberapa foto dokumentasi pada saat Lokakarya Kedua PPGP Angkatan 4 di Hotel Gumilang Bandung 





Lokakarya dilanjutkan dengan pertemuan virtual menggunakan google meetpada hari senin malem, kita membicarakan tentang rencana pembuatan komunitas Praktisi, kita diminta untuk mengerjakan Lembar Analisis Diri dalam menggerakkan komunitas praktisi (unduh disini) dan kami diminta untuk berdiskusi menjawab Lembar Rencana Pengembangan komunitas praktisi (unduh disini). Dan karena tidak selesai waktu pertemuan di google meet kami memutuskan untuk bertemu untuk berdiskusi menjawab LK3. Berikut adalah dokumentasi pertemuan virtual Lokakarya 2 






Senang rasanya bisa berdiskusi langsung dengan rekan CGP dan tak lupa membeli buku karangan bu Ema yang sangat keren... 
Untuk dokumentasi lengkap dapat di tonton pada link You tube berikut ini 



Demikian tadi dokumentasi Lokakarya 2 PPGP Angkatan 4 di Hotel Gumilang Bandung, mudah-mudahan dapat menginspirasi dan bermanfaat... Tetap jaga kesehatan, bahagia dan Salam Guru Penggerak...😍😍😍



2 comments:

  1. Bagus bu, memberi inspirasi. Dokumentasi tertata rapi. Saya intip-intip blog ibu untuk belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun pisan... alhamdulillah jika bermanfaat... Salam sehat dan sukses selalu...

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.