Followers

Tuesday, March 22, 2022

2.3.a.4.3. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Coaching

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu menganalisa setiap proses coaching dan mengeksplorasi teknik yang digunakan dalam coaching.

Apa yang dilakukan coach dalam membantu coachee mengenali situasi  (permasalahan atau tantangan) yang dihadapi coachee? 
Yang dilakukan Coach (Guru) dalam membantu coache (murid) adalah melakukan coaching dengan metode TIRTA yaitu 
Tujuan Umum (Tahap awal dimana kedua pihak coach dan coachee menyepakati tujuan pembicaraan yang akan berlangsung. Idealnya tujuan ini datang dari coachee)
Identifikasi (Coach melakukan penggalian dan pemetaan situasi yang sedang dibicarakan, dan menghubungkan dengan fakta-fakta yang ada pada saat sesi)
Rencana Aksi (Pengembangan ide atau alternatif solusi untuk rencana yang akan dibuat)
TAnggungjawab (Membuat komitmen atas hasil yang dicapai dan untuk langkah selanjutnya)

Bagaimana cara coach memberi respons terhadap situasi yang dihadapi coachee? (perhatikan secara cermat sikap dan perilaku coach)
Coach (Guru) memberikan respon empati terhadap permasalahan dari coachee, sikap duduk coach yang lebih condong ke depan dan kontak mata coach dengan coachee membuat coachee dapat dengan tenang mengungkapkan permasalahan yang sedang dihadapi, dan coache merasa sangat berterima kasih karena ada Guru yang mau mengajak ngobrol dengannya membicarakan permasalahan yang sedang dihadapi murid tersebut (coachee)

Apakah praktek coaching model TIRTA dapat dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah Anda? apa tantangan utama Anda dalam melakukan praktek coaching model TIRTA?
Praktik coaching model TIRTA sangat mungkin dilaksanakan di kelas dan sekolah karena model ini mempunyai tahapan yang mudah untuk diterapkan dengan murid sebagai coachee untuk menyelsaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh murid. Dan metode ini sangat memanusiakan murid (coachee) sehingga mereka dapat mandiri untuk menyelesaikan permasalahan mereka, tanpa merasa tertekan atau takut. Metode ini membuat murid lebih nyaman dan aman, berlatih untuk bisa mengungkapkan pendapat dan berdiskusi dengan Guru. 
Tantangan utama dalam melakukan praktek coaching model TIRTA adalah berasal dari pribadi saya sendiri yang lebih dominan bila mengobrol dengan orang lain apalagi dengan murid, karena saya terbiasa untuk memberikan solusi bukan mengarahkan murid untuk bisa menemukan solusinya sendiri. Walaupun alhamdulillah murid selama ini merasa nyaman bila sudah ngobrol dengan saya, tetapi tetap saya lebih dominan, maka saya harus merubah diri untuk bisa mendengarkan dengan baik, dan berlatih untuk bisa mengarahkan bukan memberi solusi. 

Siapakah yang dapat membantu Anda melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah Anda? Bagaimana Anda melibatkan mereka?
Yang dapat membantu saya melatih praktik coaching model TIRTA di kelas dan di sekolah adalah murid saya sendiri, murid yang memang mempunyai masalah dengan pembelajaran di sekolah, terutama di musim pandemi, di saat pembelajaran terkadang daring, maka banyak murid yang tidak mengerjakan tugas tetapt waktu.  Cara melibatkannya dengan mengajak ngobrol murid yang bermasalah dengan pembelajaran di kelas, pada saat anak tersebut ke sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Karena memang di sekolah saya masih menggunakan Blended Learning artinya terdapat anak yang belajar di rumah (daring) dan setengahnya lagi belajar tatap muka di sekolah. Saya akan mengajak ngobrol per anak tentang masalah yang murid tersebut hadapi, alasan mengapa murid tersebut tidak mengerjakan tugas tepat waktu, kemudian saya akan mengarahkan supaya murid tersebut membuat rencana aksi atas solusi permasalahan yang dihadapi. Pastinya dengan saya melakukan metode coaching TIRTA terhadap bbeberapa murid maka membuat saya semakin terlatih untuk bisa selalu menerapkan coaching model TIRTA di kelas dan di sekolah. 

2 comments:

  1. sangat membantu.. terima kasih Bu,sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... terima kasih sudah mampir... salam sehat dan bahagia selalu...

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.