Followers

Saturday, March 26, 2022

Pembahasan Soal KSN Biologi 2020

Mendengar kata KSN, membuat saya berpikir keras, ya.. selama jadi Guru Biologi di SMA saya selalu ditunjuk oleh pihak sekolah untuk membimbing murid di sekolah mengikuti ajang kompetensi bergengsi Kompetensi Sains Nasional (KSN) mata pelajaran Biologi. 

Bagi saya sebagai Guru, membaca soal KSN Biologi membuat saya pusing kadang mual, ntahlah, mungkin karena saya tidak bisa mnegerti maksud soal-soal tersebut, atau karena saya sangat alergi ya, tidak mau berkenalan leboh dalam terhadap soal-soal tersebut. 

Pada tahun ini 2022, ntaah bagaimana mulanya, tiba-tiba saya ingin berkenalan dengan soal-soal KSN Biologi. Berawal dari saya baca soal, kemudian ada rasa penasaran, dengan melihat video di You Tube, kemudian membaca-baca lagi materi Kuliah dulu, yaa.... ternyata bukan materi Biologi di SMA. Saya memerlukan waktu berjam-jam untuk memahami soal tersebut sebelum saya bertemu murid bimbingan saya, karena pembelajaran masih daring sehingga saya adakan bimbingan lewat Google meet dengan murid- murid saya dan saya rekam, sehingga saya mempunyai video lengkap pembahasan Soal KSN Biologi 2020.  Mengapa bukan 2021? karena sampai saat ini saya tidak menemukan soal KSN 2021. Berikut adalah soal KSN Biologi 2020 (unduh disini) dan juga terdapat Kunci jawaban KSN Biologi 2020 , walaupun ternyata ada beberapa soal yang kunci jawaban nya tyidak sesuai (unduh disini).

Berikut adalah rekaman video Pembahasan Soal KSN 2020 

1. Pembahasan nomor 1- 4

2. Pembahasan Nomor 5 – 9

3. Pembahasan Nomor 10 – 17

4. Pembahasan Nomor 18 - 23

5. Pembahasan Nomor 24 - 30

6. Pembahasan Nomor 31 - 33

7. Pembahasan Nomor 34 - 40

8. Pembahasan Nomor 41 - 50 


Selain itu saya juga meminta murid- murid bimbingan saya untuk mempresentasikan pembahasan soal KSN Biologi , dapat dilihat pada video berikut ini :


Demikian tadi pemaparan video pembahasan Soal KSN Biologi 2020. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi buat para Guru Biologi untuk mulai bertekad mempelajari soal KSN Biologi. Mudah-mudahn bermanfaat.. Salam sehat dan sukses selalu...😍😍😍


 

1 comment:

  1. kakak boleh share file soal pembehasan osn biologi

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.