Followers

Sunday, May 22, 2022

3.2.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya



Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya  melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur. 

Setelah menonton video tersebut, tuliskanlah hal-hal menarik yang Anda temukan dari video tersebut yang berhubungan materi kita, yaitu pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya.  Apa peran kita sebagai pemimpin dalam video tersebut?

Hal menarik yang saya temukan pada video tersebut adalah Guru sebagai pemimpin pembelajaran mengajak murid-murid untuk membuat sekolah menjadi nyaman untuk belajar, fasilitas yang harus dibuat supaya nyaman adalah ruang kelas, perpustakaan dan lapangan sekolah.
Para murid diminta untuk berpartisipasi aktif dalam pembuatan fasilitas ruang kelas yang nyaman, perpustakaan ytang nyaman dan lapanagan sekolah yang nyaman dan aman. Mereka diminta untuk menggunakan sumber yang ada di sekolah untuk diubah menjadi hal yang menarik seperti menghias ruang kelas dengan kertas, dengan botol bekas yang ditanami tanaman supaya kelas lebih asri. Murid membuat tulisan untuk rak- rak pada perpustakaan dan membuat peraturan peminjaman buku di perpustakaan. Murid bahkan membuat ayunan, tempayt bermain di lapangan yang nyaman dan aman. 

Peran Guru sebagai pemimpin pembelajaran adalah mengarahkan murid supaya murid berperan aktif semuanya untuk membuat fasilitas sekolah seperti ruang kelas, perpustakaan dan lapangan yang nyaman dan aman. Guru juga mengajak diskusi para murid untuk bisa menentukan apa yang akan dilakukan untuk membuat ruang kelas nyaman, perpustakaan nyaman dan lapangan sekolah nyman dan aman. Selain itu Guru juga bertanggung jawab untuk selalu mendampingi murid dalam melakukan rencananya. Selanjutnya Guru juga akan melakukan refleksi terhadap apa yang sudah murid-murid lakukan. 

Buatlah juga pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan mengelaborasi pemahaman Anda mengenai materi ini.

Pertanyaan lanjutan

1. Bagaimana caranya supaya murid dapat berperan aktif semuanya dalam melaksanakan program sekolah.

2. Bagaimana cara menumbuhkan sikap bertanggung jawab murid terhadap tugas yang harus dilaksanakan?

3. Apakah refleksi harus selalu dilaksanakan setelah melakukan program sekolah?

Demikian tadi pertanyaan sebelum dilakukan elaborasi dengan Instruktur. Mudah-mudahan dapat menginspirasi... Salam Guru Penggerak,....😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.