Followers

Thursday, May 18, 2023

Metode Presentasi Individu Materi Gangguan dan Teknologi Sistem Reproduksi Manusia

 


Pada pertemuan terakhir materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas 11 MIPA saya ajak peserta didik untuk membahas tentang Kelainan dan Teknologi Sistem Reproduksi Manusia dengan metode Presentasi individu. Yang unik disini adalah saya ajak peserta didik untuk menuliskan materi di kertas presentasi yang dibentuk unik sesuai dengan kreativitas masing-masing, dan menuliskan refleksi pembelajaran hari ini.

Sumber belajar yang saya gunakan adalah video pembelajaran

Video Kelainan atau Gangguan Sistem Reprodukdi Manusia


Video Teknologi Sistem Reproduksi Manusia 

Tahap Pembelajaran

  1. Guru membgai kelas menjadi 2 kelompok besar.
  2. Guru meminta kelompok satu untuk menyimak video tentang kelainan sistem reproduksi manusia dan kelompok 2 menyimak video teknologi sistem reproduksi manusia.
  3. Satu peserta didik ditunjuk sebagai ketua tiap kelompok, yang bertugas untuk membagi materi yang harus di tulis oleh anggota nya, sehingga materi tidak terulang atau tidak sama.
  4. Peserta didik wajib menuliskan bagian materi dan refleksi pembelajaran pada kertas warna yang dibentuk sesuai dengan kretifitas masing-masing, selain itu dianjurkan untuk di hias supaya kertas presentasinya menarik.
  5. Setiap peserta didik mempresentasikan kertas presentasi secara bergantian tiap kelompok, sedang peserta didik lainnya menyimak dengan seksama.
  6. Setelah selesai mempresentasikan materi yang di tulis peserta didik menempelkan kertas presentasi di kertas plano yang sudah disiapkan oleh Guru.




Refleksi pembelajaran dengan metode presentasi individu adalah membuat peserta didik bahagia karena bisa berkreasi dengan membuat kertas presentasi sesuai kreativitas masing-masing. Dan tiap peserta didik wajib berlatih untuk presentasi sehingga dapat terbiasa untuk berbicara di depan kelas.

Berikut ini adalah video rekaman Pembelajaran Presentasi Sistem reproduksi Manusia dengan Presentasi Individu


Demikian tadi pemaparan pembelajaran dengan metode presentasi individu pada materi Gangguan dan Teknologi Sistem Reproduksi Manusia Kelas 11 MIPA. Mudah-mudahan dapat menginspirasi dan bermanfaat.. Salam sehat dan sukses selalu....



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.