Followers

Monday, June 21, 2021

REVIEW MODUL 2 PPPK BIOLOGI


Review Modul 2 PPPK Biologi merupakan terusan postingan sebelumnya yaitu tentang Review Modul 1 Sel PPPK Biologi maka untuk kali ini saya akan membahas tentang Review Modul 2 PPPK Biologi.  Modul 2 ini membicarakan tentang materi Struktur dan Fungsi Jaringan. Pada Modul 2 ini dibahas 2 macam jaringan yaitu jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.

Kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta calon guru Biologi PPPK adalah :

1. Memahami ciri- ciri serta contoh jaringan penyusun pada organ- organ tumbuhan dan hewan.

2. Memahami secara tepat fungsi jaringan- jaringan penyusun organ pada tumbuhan dan hewan

3. Memahami jaringan- jaringan tumbuhan. 

4. memahami jaringan- jaringan hewan.

Berdasarkan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta pada Modul kedua ini maka saya membagi modul ini menjadi 4 video Review Modul 2 Struktur dan Fungsi Jaringan.

JARINGAN TUMBUHAN
Yang pertama akan kita bahasa adalah jaringan tumbuhan. Jaringan Tumbuhan terdiri dari jaringan Meristem (aktif membelah) dan jaringan permanen (yang sudah mempunyai fungsi tertentu). Jaringan permanen atau dewasa pada tumbuhan terdiri dari jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong dan jaringan pengangkut. Berikut adalah Video Review Jaringan Tumbuhan Modul 2 PPPK Biologi :
Pada video ini dijelaskan dengan tuntas tentang jaringan pada tumbuhan, pada bagian deskripsinya dituliskan juga link video sebagai tambahan referensi dalam mempelajari materi tentang jaringan Tumbuhan.

JARINGAN HEWAN

Pada jaringan hewan terdiri dari jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot dan jaringan saraf.

Video pada Modul 2 bagian jaringan hewan terdiri dari 3 video yaitu video jaringan epitel, jaringan penyokong dan jaringan saraf dan otot.

Berikut adalah Video Review Modul 2 tentang Jaringan Epitel


Video Review Modul 2 Jaringan Epitel pada hewan

Pada Video jaringan Epitel berisi tentang macam- macam jaringan epitel yang dilengkapi dengan gambar jaringan epitel dan contoh organnya, karena soal ujian tentang jaringan epitel biasanya menampilkan gambar jaringan epitel sebagai stimulus soal. 

Video yang kedua membahas tentang Jaringan Penyokong pada Jaringan Hewan. Berikut adalah videonya:



Pada video jaringan penyokong pada hewan membahas tentang macam- macam jaringan penyokong pada hewan yaitu 

1. Jaringan Ikat, terdiri dari jaringan ikat padat dan jaringan ikat longgar

2. Jaringan tulang, terdiri dari jaringan tulang keras dan jaringan tulang lunak atau kartilago

3. Jaringan Adiposa, jaringan lemak yang terdapat pada subkutanea (di bawah kulit)

4. Jaringan darah, terdiri dari plasma darah, eritrosit, leukosit dan trombosit.

Semua bagian dibahas tuntas di dalam video dengan dilengkapi dengan gambar supaya lebih jelas dan lebih paham.

Video yang ketiga membahas tentang jaringan otot dan jaringan saraf pada jaringan hewan. Berikut adalah videonya :



Pada video tersebut di bahas tentang jaringan Otot dan jaringan saraf. Jaringan otot terdiri dari 3 macam yaitu jaringan otot polos, jaringan otot lurik atau kerangka atau yang biasa kita sebut daging, dan jaringan otot jantung. Masing-masing di bahas tuntas di dalam video disertai dengan foto atau gambar untuk memperjelas materi tersebut.

Jaringan selanjutnya adalah jaringan saraf yang terdiri dari sel saraf atau neuron. Di video tersebut dibahas tuntas bagian dari neuron, fungsinya dijelaskan menggunakan gambar supaya lebih paham.

Pada bagian deskripsi video terdapat beberapa link video pembelajaran untuk menambah referensi dalam memahami materi pada Modul 2 tentang Struktur dan Fungsi Jaringan. Modul 2 Struktur dan Fungsi pada Jaringan dapat diunduh gratis pada link di bawah ini, Modul 2 Guru PPPK Biologi


Demikian tadi ulasan tentang Video Review Modul 2 Struktur dan Fungsi Jaringan PPPK Biologi, mudah-mudahan bermanfaat untuk calon guru Biologi PPPK. Salam sehat dan sukses selalu untuk rekan- rekan guru calon Guru PPPK, mudah-mudahan diberi kelancaran lolos menjadi guru PPPK Indonesia. ...😍😍

2 comments:

  1. Bermanfaat ya. Mudah-musahan banyak tang lulus jadi guru PPPK... Aamiin.

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.