Followers

Friday, July 23, 2021

Mengajar Daring Bab Metabolisme Kelas 12 IPA/IPS LM

 


Pada pembahasan Bab pertama di kelas 12 IPA/IPS LM yaitu Mengajar Daring Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan selanjutnya kali ini kita akan membahas tentang membahas tentang cara mengajar daring bab kedua kelas 12 IPA/ IPS LM yaitu bab Metabolisme. Bab Metabolisme merupakan bab yang sangat banyak materi dan biasanya memerlukan sekitar 10 kali pertemuan atau sekitar 5 minggu. Cukup lama kan? Yuk kita simak bagaimana rencana mengajar daring saya pada bab Metabolisme kelas 12 IPA/IPS LM. Sebelum pembahasan lebih lanjut berikut adalah Rencana Pembelajaran RPP Metabolime (Daring dan Luring_)

Pertemuan Minggu Pertama
Pada pertemuan minggu pertama mempelajari materi tentang Enzim dan Praktikum Enzim Katalase. Pada awal minggu saya membagikan  3 video pembelajaran yaitu 2 video pembelajaran teori tentang enzim dan 1 video tentang praktikum enzim katalase. Selain itu saya juga membagikan LKPD Enzim dan semua saya upload di Google classroom. Terdapat 2 video pembelajaran tentang enzim. Video yang pertama tentang komponen enzim, sifat dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim:

Dengan melihat video ini siswa diharapkan mampu menjelaskan kembali macam komponen enzim, sifat enzim dan fakto-faktor yang mempengaruhi kerja enzim. Selanjutnya video kedua materi enzim adalah tentang cara kerja enzim dan macam inhibitor.

Setelah melihat video ini siswa diharapkan dapat membedakan 2 cara kerja enzim dan macam inhibitor. Cara kerja enzim ada 2 macam yaitu :
1. Lock and key (gembok dan kunci)
Nah, seperti terlihat pada gambar, kunci diibaratkan sebagai substrat sedangkan gembok sebagai enzim. Jadi satu kunci untuk satu gembok, satu substrat untuk satu enzim, dengan kata lain enzim bekerja secara spesifik. Contoh dalam kehidupan nyata enzim amilase hanya untuk merombak amilum tidak dapat untuk merombak protein. Ibarat dengan perjodohan, jodoh atau pasangan hidup sudah diatur oleh Tuhan jadi sudah ada jodohnya masing-masing.
2. Induced Fit Theory
Berdasarkan gambar bentuk substrat tidak sesuai dengan sisi aktif enzim. Maka sebenarnya tidak akan terjadi reaksi. Tetapi dengan teori ini maka sis aktif dapat berubah bentuk menyesuaikan bentuk substrat, sehingga terjadi penyatuan substrat dengan enzim. Ini membuktikan bahwa Enzim dapat bekerja secara reversibel. Di kehidupan nyata, dapat diibaratkan jika kita menginginkan seorang menjadi jodoh kita maka selain berdoa kita juga bisa berusaha untuk memantaskan diri buat seseorang tersebut sehingga akhirnya dapat berjodoh. 
Jadi kalian suka yang mana teori pertama atau kedua? 😂😍😆
Macam Inhibitor.
Inhibitor adalah penghalang kerja enzim, sehingga enzim dan substrat tidak bisa bersatu, kalau di kehidupan nyata, inhibitor diibaratkan sebagai pelakor 😆😏
1. Inhibitor kompetitif, merupakan inhibitor yang mempunyai bentuk yang sama dengan substrat sehingga      enzim bingung memilih. dan biasanya inhibitor ini bersifat agresif. Contoh nyata di kehidupan sehari-        hari adanya gas CO (Karbon monoksida) dapat di ikat oleh Haemoglobin (Hb) daripada Oksigen,             sehingga orang tersebut keracunan CO dan dapat meninggal dunia. Nah kalo soal pelakor, ini pelakor         yang persis dengan kita sehingga pasangan kita bingung dan akhirnya pelakor yang menang, kita hanya      gigit jari...😒😓😁
2. Inhibitor non kompetitif, merupakan inhibitor yang menempel di bagian luar sisi aktif enzim sehingga         substrat menjadi bingung terhadap bentuk enzim, maka tidak terjadi reaksi.
Untuk lebih jelasnya materi ini dapat dilihat di video pembelajaran diatas. 
Kemudian saya meminta siswa untuk membuat rangkuman setengah halaman setiap melihat video pembelajaran dan catatan ini akan digunakan sebagai tugas phortopolio kelulusan kelas 12. Dan saya meminta siswa-siswa saya untuk mengerjakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yaitu LKPD Enzim. Dan LKPD ini akan dibahas bersama pada pertemuan kedua dalam minggu ini. 
Selain itu saya membagikan Video Praktikum Enzim Katalase:
Pada video tersebut dirancang untuk pembelajaran tatap muka, karena terdapat bahan dan alat yang tidak ada di sekitar rumah, maka harus di laksanakan di laboratorium Biologi sekolah. Berikut adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bila dilaksanakan secara langsung di laboratorium Biologi sekolah LKPD Praktikum Enzim Katalase (secara tatap muka).
Nah untuk pembelajaran secara daring, saya meminta siswa-siswa untuk melihat video praktikum Enzim Katalase di atas kemudian saya minta murid untuk menceritakan kembali isi dari praktikum secara singkat di tulis di kertas atau dibuat menggunakan aplikasi canva atau picart dan diupload di Google classroom.

Pertemuan Minggu Kedua
Pada minggu kedua kita akan membicarakan tentang Metabolisme dan Respirasi Aerob (respirasi yang membutuhkan oksigen). Pada awal minggu kedua pembelajaran saya membagikan 2 video pembelajaran yaitu video Metabolisme dan video tentang Respirasi Aerob.

Pada video tersebut dijelaskan pengertian metabolisme, perbedaan antara anabolisme dan katabolisme. Katabolisme adalah proses perombakan atau penguraian senyawa kompleks menjadi sederhana, menghasilkan energi, reaksi eksergonik. Contoh katabolisme adalah Respirasi, perombakan protein, lemak,karbohidrat. Respirasi terdiri dari 2 macam yaitu respirasi yang membutuhkan oksigen disebut respirasi aerob dan respirasi tanpa oksigen disebut respirasi anaerob(fermentasi). yang akan kita bahas pada minggu kedua pembelajran adalah respirasi aerob. 


Setelah melihat video diatas, siswa dapat menjelaskan tentang proses respirasi aerob. Reaksi aerob terdiri dari 4 tahap yaitu:
1. Glikolisis, berasal dari kata lisis artinya pecah, gliko itu artinya glukosa (Carbonnya 6) dirombak             menjadi 2C3 (asam piruvat), 2NADH dan 2 ATP. Proses glikolisis terjadi pada sitoplasma.
2. Dekarboksilasi oksidatif, terjadi pada membran luar mitokondria. Proses ini merupakan proes                  pengubahan asam piruvat menjadi asetil ko-A, dan CO2.
3. Siklus Krebs, terjadi pada matriks mitokondria. Hasil dari siklus Krebs adalah 6NADH, 2FADH, 2         ATP dan 4 CO2.
4. Transport elektron terjadi pada krista atau membran dalam mitokondria. Hasil akhirnya adalah 36 ATP     dan H2O (air). Terjadi pengubahan NADH dan FADH menjadi ATP. 1 NADH setara dengan 3 ATP            sedangkan 1 FADH setara dengan 2 ATP. Untuk lebih jelasnya bisa melihat video pembelajaran di atas.
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sudah saya bagikan ke google classroom, yaitu 2 LKPD terdiri dari 
1. LKPD Metabolisme (Luring kelompok)
    LKPD ini digunakan pada saat luring atau tatap muka, bila pembelajaran di lakukan secara daring            maka masing-masing peserta didik mengisi yang mereka suka dan sanggup, kemudian akan dibahas di         zoom meeting pada pertemuan berikutnya, presentasi jawaban perwakilan individu bukan kelompok.
2. LKPD Respirasi Aerob
     LKPD ini digunakan untuk luring atau tatap muka, bila pembelajaran dilakukan secara daring maka             masing-masing peserta didik mengisi salah satu nomor yang mereka suka, kemudian pada pertemuan         selanjutnya akan dibahas di zoom meeting. 

Pertemuan Minggu Ketiga
Pada minggu ketiga pembelajaran materi yang akan dibahas yaitu tentang Respirasi anaerob(fermentasi) dan Praktikum respirasi anaerob (fermentasi balon). Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak memerlukan oksigen, otomatis hasil akhirnya tidak ada H2O (air). respirasi anaerob adalah proses fermentasi. Fermentasi ada 2 macam yaitu
1. Fermentasi alkohol, hasil akhirnya 2 alkohol (etanol), 2 ATP dan 2 CO2
2. Fermentasi asam laktat, hasil akhirnya asam laktat, 2 ATP.
Untuk lebih jelasnya silakan melihat video pembelajaran tentang Respirasi anaerob:


Selanjutnya peserta didik diberi tugas praktikum respirasi anaerob (fermentasi) yang dilaksanakan secara berkelompok di rumah, cari yang rumahnya berdekatan. Praktikum ini dilaksanakan di rumah dengan alat dan bahan yang mudah di cari di sekitar rumah. Laporan praktikum berupa video tutorial praktikum dan diupload di channel You Tube salah satu anggota kelompok, dan link video di kirim ke saya sebagai guru Biologinya. Waktu yang diberikan 3 minggu sampai pengumpulan tugas. Berikut adalah video fermentasi balon:

Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang saya bagikan di awal minggu ketiga pembelajaran yaitu LKPD Praktikum Fermentasi (Respirasi anaerob). LKPD ini tidak perlu dibahas di zoom meeting pada pertemuan selanjutnya karena LKPD nya berupa praktikum yang bisa didiskusikan lewat WA grup atau di beranda Google classroom. 

Pertemuan Minggu Keempat
Pada minggu keempat kita akan membahas tentang Fotosintesis sebagai salah satu contoh proses anabolisme. Fotosintesis terdiri dari 2 reaksi yaitu:
1. Reaksi Terang / Fotolisis H2O / Fotofosforilasi Oksidatif
    terjadi di grana (tilakoid)
    meruapakan reaksi pemecahan air menggunakan cahaya matahari
    menghasilkan Oksigen, NADPH, ATP
2. Reaksi Gelap / Fiksasi CO2 / Siklus Calvin
   terjadi di stroma (cairan kloroplas)
   meruapakan proses pengikatan karbondioksida oleh RuBP menghasilkan glukosa.
Untuk lebih jelasnya silakan melihat video pembelajaran Fotosintesis berikut ini:
Setelah melihat video pembelajaran tersebut siswa dapat menjelaskan ulang tentang reaksi terang Fotosintesis. 

Setelah melihat video pembelajaran di atas, siswa dapat menjelaskan ulang materi reaksi gelap fotosintesis.
Pada awal minggu keempat pembelajaran saya mengunggah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) LKPD Fotosintesis, kemudian pada pertemuan kedua di minggu ini dilakukan zoom meeting untuk membahas LKPD Fotosintesis.

Pertemuan Minggu Kelima
Pada minggu kelima pembelajaran Metabolisme membahas tentang perbedaan tanaman CAM, C4 dan C3 serta Praktikum Uji Sachs (Fotosintesis).
Pada minggu ini peserta didik melakukan praktikum uji Sachs (Fotosintesis). Bila pembelajaran masih dilakukan secara daring maka siswa diminta berkelompok sesuai dengan kedekatan tempat tinggal (rumah) kemudian melihat video Praktikum Uji Sachs dan dilaksanakan sesuai dengan video karena video ini adalah tutorial praktikum Sachs menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah. Kemudian peserta didik dalam kelompok membuat laporan video tutorial praktikum Uji Sachs dan di upload di channel You Tube perwakilan kelompok dan link nya di sampaikan ke google classroom atau dikirim lewat Wa ke guru pengajar Biologi. Waktu mengerjakan sekitar 3 minggu sampai pengumpulan tugas. Berikut adalah video tutorial Praktikum Uji Sachs Fotosintesis:
Untuk pembelajaran luring (tatap muka) maka praktikum dapat menggunakan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) LKPD Uji Sahcs (Luring/tatap muka).
Selain praktikum, pada pertemuan Minggu ke lima juga dibicarakan tentang perbedaan tanaman CAM, C4 dan C3. 

Untuk lebih jelasnya, peserta didik diminta untuk melihat video pembalajaran berikut:

Pada pertemuan selanjutnya pada minggu kelima pembelajaran Metabolisme adalah pembahasan LKPD Perbedaan tanaman CAM, C4 dan C3. Berikut adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) LKPD Perbedaan tanaman CAM, C4 dan C3
Berikut adalah PPT (Power Point) Metabolisme yang didalamnya berisi kuis atau post test tiap pertemuan, biasanya ini digunakan untuk pembelajaran luring (tatap muka) PPT Bab Metabolisme (Luring)
Pada akhir pertemuan bab Metabolisme diadakan uji kompetensi secara daring menggunakan aplikasi Quisziz.  Uji Kompetensi Bab Metabolisme

Pada pembelajaran daring, untuk membahas LKPD bisa menggunakan aplikasi zoom meeting atau google meet , berikut tips trik penutup pada pertemuan zoom meeting supaya peserta didik berkesan dengan zoom kita dan membuat mereka aktif semua. Pada akhir pembelajaran zoom saya minta peserta didik untuk menuliskan 1 kalimat yang menggambarkan isi pembelajaran atau perasaan selama zoom pembelajarn hari ini, setelah itu saya minta seluruh peserta didik untuk membuka speakernya (unmute) kemudian saya minta seluruh peserta didik membaca tulisan mereka secara serempak dan dengan lantang, alhasil zoom menjadi rame, semua tertawa lepas, ya.. saya bahagia walaupun hanya melihat tawa mereka dari layar laptop. Berikut adalah video rekaman penutup zoom meeting saya yang mengasyikkan:


Setiap LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) saya selalu meminta peserta didik untuk membuat catatan rangkuman video pembelajaran yang ditonton oleh peserta didik saya, pada tahun kemaren peserta didik saya membuat catatan digital menggunakan aplikasi pic Art dan canva atau aplikasi lainnya, menghasilkan catatab yang super keren dan sebagian catatan saya dokumentasikan dalam satu video. Berikut video kumpulan catatan rangkuman video pembelajaran:


Demikian tadi penjelasan pembelajaran bab Metabolisme Kelas 12 IPA/ IPS LM. Mudah-mudahan bermanfaat, tetap jaga kesehatan dan selalu semangat...😍😍😍
















6 comments:

  1. Keren... Bunda, trimks share tulisannya. Asyik di kelilingi murid2 yg sangat menyayang.Sukses ..
    .👍👍👍👍👍😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun ibu... aamiin.. aamiin... salam sehat dan sukses selalu...

      Delete
  2. Luaaaarrr biasa..

    Bu, bagaimana cara mengatur waktu membuat video sebanyak itu?
    apakah sudah ada stock video sebelumnya.

    semangat Bun, memtovisasi saya untuk terus produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya mulai buat video dan upload ke youtube dari juni 2020 jadi uda setahun pak... alhamdulillah sudah ada 320 video pembelajaran pak...
      saya malah pengen kayak bapak.. jago nulis dan aktif di blog.
      saya ingin mengabadikan cara saya ngajar pak makanya saya nulis di Blog...
      salam sehat dan sukses selalu...

      Delete
  3. ya ya. lihat postingan ini saya berkesimpulan baha bu Wety bukan orang biasa. tapi orang yang warbiasah... keren mantepe polll

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he.. bapak bisa aja... justru saya pengen kayak bapak.. jadi blogger... ini saya lagi latihan pak.. menyimpan dalam bentuk tulisan.. mudah-mudahan istiqomah... salam sehat dan sukses selalu pak..

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.