Followers

Tuesday, August 24, 2021

Merdeka mengajar Bab Jaringan Hewan Kelas 11 IPA/IPS LM

 

Pada bab 3 kita akan mempelajari jaringan hewan. Pada materi Jaringan hewan ini pada musim pandemi saya menggunakan model pembelajaran Blended Learning yaitu gabungan antara sincronus (tatap muka) dengan asincronus (daring/online). Berikut adalah Rencana Pembelajaran saya pada materi Jaringan Hewan RPP Jaringan Hewan. Pada materi ini saya hanya akan menggunakan 2 minggu pembelajaran. Berikut adalah rincian perminggunya:

Pertemuan Minggu Pertama

Pada awal minggu pertama saya mengupload semua video pembelajaran Jaringan Hewan di google classroom (secara asincronus). Berikut adalah video pembelajaran yang saya upload ke Google classroom :

Jaringan Hewan terdiri dari 

1. Jaringan Epitel


2. Jaringan Penyokong. Jaringan penyokong terdiri dari jaringan ikat padat dan longggar, jaringan tulang, jaringan darah dan jaringan adiposa (lemak) yang terdapat pada daerah subkutanea. Berikut adalah video pembelajarannya



3. Jaringan Otot. 
    Jaringan Otot terdiri dari Otot polos, otot lurik dan otot jantung. Berikut adalah video pembelajaran          Jaringan Otot.

4. Jaringan Saraf 

Selain video pembelajaran saya juga mengupload LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) tentang Jaringan Hewan, tujuannya supaya siswa paham dan mengerti video yang saya bagikan. Berikiut adalah Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Jaringan Hewan

Saya juga meminta peserta didik untuk membuat rangkuman catatan video pembelajaran yang sudah saya bagikan.
Untuk mengetahui sejauh mana ingatan peserta didik, saya membuat Question (pertanyaan) yang ada di Google classroom. Misalnya saya menanyakan Sebut dan jelaskan perbedaan jaringan otot polos, otot lurik dan otot jantung!
Jawaban di tulis langsung pada kolom tugas di Google classroom.

Untuk Kompetensi Dasar Ketrampilan, saya meminta untuk peserta didik untuk melakukan pengamatan pada organ paha ayam, paha ayam terdiri dari jaringan apa saja dan tolong digambarkan pada kertas, kemudian dibuat laporan berupa kumpulan jaringan yang organ paha ayam. Berikut adalah video sebagai dasar pelaksanaan pengamatan organ paha ayam.

Saya meminta peserta didik untuk melakukan pengamatan pada organ paha ayam dan menggambar jaringan- jaringan penyusun organ paha ayam. Laporan dalam bentuk video yang diupload di chanel You Tube peserta didik.

Pertemuan Minggu Kedua
Pada minggu kedua ini saya mengadakan pertemuan virtual dengan aplikasi zoom meeting (sincronous) untuk membahas LKPD Jaringan Hewan dan membicarakan kesulitan dalam pelaksanaan praktikum pengamatan organ paha ayam. Pada zoom meeting biasanya saya meminta peserta didik untuk mengucapkan 7 kata yang menggambarkan pembelajaran Biologi dengan zoom meeting hari tersebut atau perasaan mereka atau materi yang mereka ingat dan saya menunjuk satu persatu supaya setiap peserta didik mempunyai kesempatan yang sama untuk mengutarakan pendapat (belajar berbicara di depan forum).

Demikian tadi penjabaran bagaimana saya mengajar materi Jaringan Hewan pada Kelas 11 IPA/IPS LM. Mudah-mudahn bermanfaat, tetap jaga kesehatan. Salam sukses selalu...😍😍😍









No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.