Followers

Sunday, November 21, 2021

1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak


Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang Aksi Nyata setelah saya mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Guru Penggerak. 
Yang saya pelajari pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Sebelumnya kita bahas dahulu apa saja yang termasuk Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Nilai yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak adalah 
1. Mandiri
2. Reflektif
3. Kolaboratif
4. Inovatif
5. Berpihak pada murid

Peran Guru Penggerak adalah 
1. Menjadi pemimpin pembelajaran
2. Menggerakkan komunitas praktisi
3. Menjadi coach dan mentor rekan guru lain
4. Mendorong kolaborasi antar Guru
5. Mewujudkan kepemimpinan murid

Untuk lebih jelasnya silakan dilihat video tentang koneksi antar materi - nilai dan peran Guru Penggerak

Perasaan selama melakukan aksi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
Perasan saya selama melakukan aksi tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak sangat antusias dan semangat serta bahagia, karena telah melakukan perubahan untuk menjadi guru Penggerak yang baik. Sebenarnya nilai dan peran Guru Penggerak sudah saya lakukan sebelum mengikuti PGP ini. Disini saya akan menyebutkan apa saja yang sudah saya lakukan yang sesuai dengan nilai dan peran Guru Penggerak. 

Ide atau Gagasan yang timbul sepanjang proses
  1. Membuat pembelajaran yang berpihak pada murid dengan membuat video pembelajaran sendiri    karena disesuaikan dengan karakteristik peserta didik saya.(mengandung nilai : mandiri, inovatif  dan berpihak pada murid)
  2. Membuat rangkuman materi pembelajaran yang saya upload di Blog Wetyyuningsih.com yang dapat   digunakan sebagai sumber pembelajaran peserta didik.(mengandung nilai : mandiri, inovatif dan   berpihak pada murid)
  3. Membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.        (mengandung nilai : mandiri, inovatif dan berpihak pada murid)
  4. Membuat dan melaksanakan RPP pembelajaran kolaborasi PTMT dan daring yang sesuai dengan    karakteristik peserta didik.(mengandung nilai : mandiri, inovatif, kolaboratif dan berpihak pada  murid)
  5. Melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan peserta didik (mengandung nilai : mandiri, inovatif ,reflektif dan berpihak pada murid)
  6. Hasil refleksi dari peserta didim dijadikan evaluasi untuk memperbaiki pembelajaran dan mencapai merdeka belajar (mengandung nilai : mandiri, inovatif, reflektif dan berpihak pada murid)

Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
1. Pembuatan video pembelajaran sendiri. Sampai saat ini saya sudah membuat video pembelajaran              Biologi lengkap dari kelas 10,11 dan 12 yang dapat digunakan oleh peserta didik seluruh Indonesia            dan guru Biologi seluruh Indonesia.


2. Pembuatan materi pembelajaran yang saya upload di Blog Wetyyuningsih.com sehingga dapat digunakan oleh Guru dan peserta didik seluruh Indonesia.


3. Membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. LKPD saya upload di Blog sehingga dapat digunakan oleh Guru dan peserta didik seluruh Indonesia.


4. Membuat dan melaksanakan RPP pembelajaran kolaborasi PTMT dan daring yang sesuai dengan              karakteristik peserta didik.


 5.    Melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan peserta didik
        Setelah melakukan pembelajaran daring dan PTMT saya meminta peserta didik untuk menuliskan              bagaimana perasaan, kesan dan pesan belajar Biologi secara daring dan PTMT. Berikut adalah                 foto kumpulan refleksi peserta didik kelas 12 IPA IPS LM .


Foto bercerita dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

Perencanaan
Membuat perencanaan pembelajaran RPP kombinasi PTMT dan daring, dengan melengkapi Video pembelajaran, materi pembelajaran, LKPD yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Salah satu contoh RPP kombinasi daring dan PTMT

Salah satu video pembelajaran untuk pembelajaran daring

Salah satu contoh LKPD yang dibuat untuk pembelajaran

Materi Biologi yang di upload di Blog Wetyyuningsih.com

Pelaksanaan/ Penerapan 

Pembelajaran dilakukan dengan metode kombinasi PTMT (50% peserta didik) dan daring (50% peserta didik). Sehingga saya tetap mengupload video pembelajaran, materi pembelajaran di Blog, LKPD di aplikasi Google classroom. Untuk peserta didik PTMT membahas LKPD langsung dengan saya,. Karena waktunya yang sedikit untuk PTMT maka saya tetap membuat video pembahasan LKPD dan bisa digunakan oleh peserta didik sambil belajar di rumah. 
Foto video, LKPD dan materi Blog di upload di aplikasi google classroom



Foto PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas)

Refleksi
Setelah perencanaan dilaksanakan maka saya melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah saya lakukan. Selain refleksi diri, saya juga meminta peserta didik untuk memberikan masukan dan kesana selama pembelajaran sebagai refleksi pada pembelajaran yang telah saya lakukan. Berikut beberapa refleksi yang harus menjadi evaluasi perbaikan pembelajaran yang akan datang.
  1. Pembelajaran daring yang telah saya lakukan terlalu banyak memberikan tugas kepada peserta didik, walaupun tugas LKPD yang saya berikan dilengkapi dengan video pembahasan LKPD.
  2. Pemberian tugas berupa pembuatan catatan rangkuman video pembelajaran ternyata menurut peserta didik ada yang tidak keberatan karena bisa belajar aplikasi baru seperti Canva, pic art. Tetapi sebagian peserta didik ada yang merasa terbebani karena harus meluangkan waktu untuk membuat catatan digital.
  3. Pertemuan PTMT yang hanya diberi waktu 45 menit saja sangat tidak cukup untuk mebahas LKPD jadi kurang efektif dan efisien
  4. Keuntungan adanya PTMT adalah saya bisa mengenal peserta didik dan dapat menanyakan tentang tugas yang belum dikerjakan, apakah ada kendala dan bisa dicari solusi bersama.

Testimoni murid dalam aksi Nilai dan Peran Guru Penggerak

Berikut ini adalah video berupa refleksi sekaligus testimoni bagaiman saya mengajar daring dan PTMT.



Demikian tadi penjelasan tentang aksi nyata yang sudah saya lakukan setelah mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan peran Guru Penggerak. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam sehat dan bahagia selalu... Salam Guru Penggerak...😍😍😍



 



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.