Followers

Saturday, March 5, 2022

Jurnal Refleksi Minggu Ke 11 ( 28 Februari - 3 Maret 2022)

 

Senin, 28 Februari 2022

2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Peristiwa
Pada kesempatan kali ini CGP masuk ke modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Modul yang baru, dimulai dengan surat dari Instrutur. 
Perasaan saya sangat penasaran dengan materi modul Pembelajaran Sosial dan Emosional.
Pembelajaran yang saya peroleh adalah mempelajari hal yang baru itu sangat membuat adrenalin saya bekerja, menyenangkan...
Penerapan yang saya lakukan adalah berusaha untuk mempelajari modul ini dengan baik. 

2.2.a.3. Mulai dari Diri - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Peristiwa
Pada tugas ini CGP diminta untuk menjawab pertanyaan tentang pengalaman dan pengetahuan awal tentang mengolah emosi positif dan negatif.
Perasaan saya sangat senang karena bisa meluapkan cerita tentang emosi positif dan negatif lewat tulisan.
Pembelajaran yang saya peroleh adalah bahwa dengan menuliskan kembali pengalaman kita yang menjadi emosi negatif dan positif ternyata akan lebih bisa membuat kita berinstropeksi dan refleksi diri sendiir untuk menjadi lebih baik lagi.
Penerapan yang saya lakukan adalah menerapkan apa yang saya pelajari di modul pembelajaran sosial dan emosional dengan baik walaupun belum sepenuhnya mengerti. 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dengan video berikut ini


Tentang tugas Mulai diri dapat dilihat pada Blog wety yuningsih denga link https://www.wetyyuningsih.com/2022/02/22a3-mulai-dari-diri-pembelajaran.html

Selasa, 1 Maret 2022

2.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Peristiwa
CGP diminta untuk mengeksplorasi semua materi tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional secara mandiri, mengerjakan semua materi baik dalam bentuk tulisan dan video pendek.
Perasaan saya sangat ansiuas dan makin penasaran dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional supaya lebih bisa memahami dan bisa menerapkan nya di kelas.
Pembelajaran yang saya peroleh adalah saya jadi mengerti tentang pembelajaran sosial dan emosional, dengan memahami lewat tulisan dan video. 
Penerapan yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk menerpkan dalam pembelajaran di kelas dan dan di sekolah saya dengan baik dan benar.

Berikut adalah tulisan saya mengenai Eksplorasi Konsep Pembelajaran sosial dan emosional, saya simpan supaya mudah untuk mempelajari kembali bila sewaktu-waktu di butuhkan. 

Rabu, 2 Maret 2022

2.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep – Forum Diskusi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Peristiwa
CGP diminta untuk menganalisa 5 kasus pak Eling tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional dan diminta untuk menentukan kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan oleh bapak Eling dan menjelaskan seandainya CGP menjadi bapak Eling, sikap apa yang diambil. 
Berikut adalah video rangkuman tiap kasus
Kasus 1

Kasus 2

Kasus 3

Kasus 4
Kasus 5

Perasaan saya mengerjakan tugas ini adalah antusias dalam mengerjakan, tetapi bingung dalam memilih kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan oleh pak Eling. 
Pembelajaran yang saya peroleh dari kelima kasus adalah kemampuan menganalisa kasus untuk menentukan kompetensi sosial dan emosional, karena kasus serupa bisa terjadi pada diri saya, sehingga saya mempunyai pengetahuan untuk bisa mengambil keputusan yang tepat.
Penerapan yang akan saya lakukan adalah dengan kasus-kasus tersebut saya akan terlatih untuk bisa menganalisa dan menerapkan kompetensi pembelajaran sosial dan emosional.
Untuk lebih jelasnya dapat di baca pada Blog saya dengan link https://www.wetyyuningsih.com/2022/03/22a41-eksplorasi-konsep-forum-diskusi.htm

Video Jurnal Refleksi Minggu ke 11 


Demikian tadipemaparan tentang kegiatan satu minggu PPGP Angkatan 4 dalam Jurnal Refleksi Minggu ke 11 , mudah-mudahan bermanfaat.. Salam Guru Penggerak...😍😍😍








No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.