Followers

Saturday, June 18, 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke 24 PPGP Angkatan 4


Foto Cerita Reflektif

Senin, 13 Juni 2022



Pada gambar diatas adalah kegiatan Pendampingan Individu kelima, CGP didampingi oleh Pengajar Praktik (PP). 

Pendampingan Individu kelima meliputi kegiatan:

🔸 Diskusi hasil pemetaan sumber daya 

    Pada kegiatan ini Bu Dini selaku PP mewawancarai kami CGP tentang pemetaan sumber daya yang sudah kami lakukan pada saat Aksi Nyata Modul 3.2 yaitu tentang Pemetaan Sumber Daya di sekolah kami SMAN 1 Cililin. Dapat dilihat pada tulisan saya tentang https://www.wetyyuningsih.com/2022/05/32a7-demonstrasi-kontekstual-pemimpin.html

🔸Refleksi proses pembuatan peta sumber daya

Kemudian bu Dini mewawancarai tentang refleksi pembuatan peta sumber daya yang ada di SMAN 1 Cililin. Pembuatan peta sumber daya sekolah sangat diperlukan karena saya dapat menggunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat rencana pembelajaran. 

🔸Refleksi proses pengambilan keputusan 

Wawancara selanjutnya adalah tentang aksi nyata Pengambilan keputusan pada modul 3.2. Dapat dibaca pada tulisan saya https://www.wetyyuningsih.com/2022/05/32a10-aksi-nyata-pemimpin-dalam.html.

Dalam aksi nyata modul 3.2 tersebut saya mengambil prakarsa perubahan yaitu Membiasakan murid dalam kegiatan pembelajaran berbasis digital, dengan menggunakan model BAGJA. 

🔸Refleksi pencapaian kompetensi bulan ke-5 berdasarkan Lembar Pengecekan Mandiri.

Untuk lebih jelasnya bisa di baca pada tulisan Blog https://www.wetyyuningsih.com/2022/06/dokumentasi-pendampingan-individu.html

Foto diatas menggambarkan Kegiatan Elaborasi Pemahaman tentang Program yang berdampak pada Murid oleh Ibu Kartika Yulianti sebagai instruktur. Dengan kegiatan elaborasi pemahaman ini selain mendapat ilmu dan wawasan tentang program yang berdampak pada murid, kita juga bisa berdiskusi antar sesama CGP dan instruktur sehingga menambah wawasan tentang masalah dan contoh-contoh Program yang berdampak pada murid. 

Rabu, 15 Juni 2022

Pada gambar diatas dapat terlihat Kegiatan Koneksi Antar Materi Program yang berdampak pada murid. 
Pada kegiatan ini CGP diminta untuk membuat presentasi tentang program yang berdampak pada murid. Program yang saya pilih adalah Program Proyek Kolaborasi Antar Mata pelajaran BIologi - Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pembauatan Drama bertema Biologi di kelas 11 IPA/ IPS LM. 
Berikut adalah video presentasi tentang program kolaborasi yang dilaksanakan pada saat PAT (Penilaian Akhir Tahun) pada tanggal 6 - 10 Juni 2022. 


Kamis, 16 Juni 2022


Berdasarkan foto diatas menggambarkan tentang kegiatan saya sebagai CGP dalam Aksi Nyata Program yang berdampak pada murid. Program yang saya lakukan adalah 
Proyek Kolaborasi Biologi- Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris Kelas 11 IPA/IPS LM semester 2.
Program ini dilaksanakan pada PAT (Penilaian Akhir Tahun) berupa proyek kolaborasi pembuatan Drama dengan tema Biologi bekerja sama antara mata pelajaran Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Dan pada tahap aksi nyata ini masih dalam tahap penyelesaian.

Jumat, 17 Juni 2022

Pada gambar diatas menjelaskan bahwa pada hari Jumat saya sebagai CGP melakukan Post tes Modul 3. Alhamdulillah saya sudah melaksanakan post test modul 3 dengan baik. 

Sabtu, 18 Juni 2022


Berdasarkan foto di atas adalah foto kegiatan CGP dalam Lokakarya Keenam. Pada kegiatan Lokakarya keenam kami membicarakan tentang program yang berdampak pada murid (berdiskusi). Program yang kami akan canangkan adalah program literasi sekolah. Kita membuat perencanaan program, managemen resiko dan monitoring serta evaluasi agar program dapat berjalan dengan baik. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak ilmu dari lokakarya 6 hari ini. 

Demikian tadi pemaparan kegiatan saya selama satu minggu pada Pelatihan Guru Penggerak Minggu ke 24. Semoga dapat menginspirasi... Salam Guru Penggerak...😍😍😍


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.