Followers

Tuesday, September 21, 2021

Daur Hidup Virus Kelas 10 IPA/ IPS LM

 


Virus adalah organisme yang sangat sederhana, karena hanya tersusun dari RNA / DNA yang diselubungi oleh protein (kapsid). Organisme dikatakan sebagai makhluk hidup karena berisi atas satu DNA atau RNA saja sehingga dapat berkembangbiak (memperbanyak diri) parasit obligat terhadap sel hidup. Virus dikatakan sebagai benda mati karena virus dapat dikristalkan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang Daur hidup virus, bagaimana virus dapat berkembangbiak. 

Cara Hidup Virus

Cara hidup virus adalah replikasi, yaitu memperbanyaj diri pada sel inang yang hidup (hospes), jika tidak, virus akan mengkristalkan diri. 
reproduksi virus terdiri dari dua siklus, yaitu siklus litik dan siklus lisogenik.

Siklus Litik

1. Adsorpsi 
    Tahap pelekatan virus pada reseptor sel inang

2. Penetrasi/ injeksi
    Tahap pemindahan materi genetik virus ke dalam membran sel inang, dan sel di bawah kendali virus

3. Sintesis
    Tahap pembentukan bagian tubuh virus yang baru

4. Perakitan/ eklifase
    Penyusunan virus- virus baru setelah seluruh bagian tubuhnya tersintesis (terbentuk)

5. Lisis/pelepasan
    Lisis artinya pecah, virus- virus baru yang sudah matang siap dilepas dan keluar meninggalkan sel             dalam keadaan mati.

Sifat virus yang melakukan siklus lisis yaitu pada hospes non virulen artinya tidak mempunya ketahanan, biasanya merupakan virus patogen yang menyebabkan penyakit. Keadaan hospes lumpuh lalu mati, materi genetik hospes digunakan oleh virus, waktu melakukan siklus litik relatif cepat sekitar 20 menit. Hampir semua jenis virus melaakukan siklus lisis ini. 

Siklus Lisogenik

1. Adsorpsi
    Tahap pelekatan virus pada reseptor sel inang

2. Penetrasi/ injeksi
    Tahap pemindahan materi genetik virus ke dalam membran sel inang, dan sel dibawah kendali virus.         Jika pertahanan sel inang lemah, maka akan berlanjut ke siklus lisis, apabila tidak maka akan berlanjut      ke tahap berikutnya.

3. Penggabungan
    Tahap dimana DNA virus dengan DNA sel yterintegrasi membentuk profage

4. Pembelahan sel
    Seiring dengan pembelahan sel, materi genetik akan menetap dan terbawa. Setelah selesai membelah, sel hidup yang baru akan memiliki susunan materi genetik yang sama dengan profage. Sewaktu-waktu apabila pertahanan sel inang lemah dan kekurangan air, maka akan berlanjut ke siklus lisis.

Sifat virus yang melakukan siklus lisogenik adalah virulen artinya mempunyai ketahanan dan bersifat apatogen artinya tidak menyebabkan penyakit. Keadaan akhir hospes akan tetap hidup. Materi genetik hospes terintegrasi dengan materi genetik virus membentuk profage. Waktu yang diperlukan untuk melakukan siklus lisogenik relatif lama, tergantung keadaan pertahanan sel. Contoh yang melakukan siklus lisogenik adalah bakteriofage, HIV dan herpes. Bakteriofage adalah virus yang menyerang bakteri. 

Untuk lebih jelasnya silakan kalian melihat video pembelajaran berikut ini


Bagi kalian yang suka dengan aplikasi Tiktok dapat melihat video pembelajaran tentang reproduksi virus dengan link sebagai berikut :

1. Video Tiktok Daur Lisis (klik disini)

2. Video Tiktok Daur Lisogenik (klik disini)

Demikian  tadi materi tentang Daur hidup Virus, mudah-mudahan bermanfaat, tetap jaga kesehatan dan selalu bahagia...😍😍😍






1 comment:

  1. terimakasih penjelasannya. cakep bu
    @sugiono Kasugi

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.