Followers

Tuesday, April 12, 2022

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP sebagai pemimpin pembelajaran dapat memahami dan memilih 1 dari 3 prinsip dalam pengambilan keputusan yang memuat unsur dilema etika.

Setelah Anda melakukan wawancara, salinlah tautan rekaman wawancara Anda pada kolom dibawah ini dengan rincian:

  1. Studi kasus yang dipilih: Studi kasus 2
  2. Tautan rekaman wawancara yang diunggah ke google drive: https://drive.google.com/file/d/19q1VsjfLL-nMH8pmUKDJAOfeBvOwHJQK/view?usp=sharing

Pengambilan Keputusan seperti apa yang diajukan oleh rekan kerja Anda?

Mengisi form rekomendasi yang baik untuk Pak Dodi dengan pertimbangan karena kasihan pak Dodi tulang punggung keluarga.

Bila Anda berada dalam situasi di mana Anda adalah rekan dari guru yang ada di studi kasus 1/2/3/4, apakah yang akan Anda lakukan? Berbedakah jalan keluar Anda dengan rekan guru Anda?

Saya akan mengambil keputusan yang sama dengan rekan kerja saya, karena pada kasus ini saya mengambil keputusan berdasar pada rasa peduli, peduli dengan keadaan Pak Dodi sebagi tulang punggung keluarga, sehingga saya sebagai Kepala Sekolah akan mengisi surat rekomendasi bukan apa adanya, tetapi leboh baik, namun sebelumnya saya harus bertemu dahulu dengan pak Dodi untuk memastikan pak Dodi dapat merubah sikapnya dan menjadi lebih baik untuk bisa menjadi pengajar di sekolah yang baru tersebut.

Kira-kira rekan kerja Anda mengambil keputusan seperti yang diambil karena berlandaskan prinsip yang mana dari ketiga prinsip dilema etika? Kira-kira bagaimana prinsip Anda sendiri?

Prinsip berpikir berdasar rasa peduli (care based thingking). Dan saya pun mengambil prinsip yang sama yaitu prisip berpikir berdasar rasa peduli (care based thingking).

Dari ketiga prinsip dilema etika ini, apakah yang tidak terduga atau menarik dari ketiga prinsip ini?

Dari tayangan video diatas, ada hal yang tak terduga, karena di jelaskan di video bahwa dari ketiga prinsip etika, prinsip berbasis kepedulian merupakan prinsip yang paling baik seperti emas karena ada unsur empati didalamnya, namun ternyata justru dianggap prinsip paling lemah karena bisa jadi kita membolehkan keburukan bukan kebajikan, seperti contoh murid yang saling mencontek

Pertanyaan-pertanyaan apakah yang masih mengganjal atau ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang 3 prinsip dilema etika?

Pertanyaan lanjutan untuk mentor atau fasilitator adalah prinsip mana yang dianggap paling ideal yang harus kita pegang dalam beretika di dalam masyarakat?

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat video Praktik Wawancara dengan rekan kerja tentang pengambilan keputusan pada kasus 2


Demikian pemaparan tugas eksplorasi konsep prinsip pengambilan keputusan. Mudah-mudahan bermanfaat... Salam Guru Penggerak...😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.