Followers

Thursday, February 17, 2022

Blended Learning Bab Ekskresi Kelas 11 IPA IPS LM

 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan pembelajaran yang saya lakukan secara blended learning, 50% anak PTMT dan 50% anak di rumah menggunakan pertemuan virtual menggunakan google meet. Sebelum saya jabarkan silahkan unduh RPP Blended Learning bab Ekskresi Kelas 11 IPA IPS LM (klik disini). Selain itu jika ada yang membutuhkan RPP daring Bab Ekskresi Kelas 11 IPA IPS LM (klik disini).

Pertemuan Pertama

Pada pertemuan pertama saya akan membahas tentang apa itu Ekskresi dan menjelaskan salah satu organ ekskresi yaitu Ginjal. Berikut adalah video pembelajarannya :

1. Pendahuluan Sistem Ekskresi

2. Alat ekskresi Ginjal


Setelah melihat video pembelajaran, murid-murid dalam kelompok yang ada di kelas dibagi menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi menjawab LKPD Ekskresi 1 (unduh disini). Selama murid yang di kelas berdiskusi, saya mengadakan pertemuan virtula dengan murid-murid yang ada di rumah menggunakan aplikasi google meet untuk membahas tuntas LKPD Ekskresi 1. Setelah selesai, saya minta murid-murid yang di sekolah mempresentasikan hasil diskusi kelompok, kelompok yang lain mendengarkan dengan seksama dan nanti diminta untuk mengulang apa yang sudah diutarakan oleh kelompok yang presentasi. Kemudian kelompok presentasi berhak memberikan penilaian terhadap kelompok yang mengulang. Berikut adalah rekaman video blended learning pembahasan LKPD Ekskresi 1 Kelas 11 IPS 2 LM 

Pertemuan Kedua

Pada pertemuan kedua membicarakan tentang LKPD Ekskresi 2 (unduh disini) yaitu tentang alat ekskresi berupa Hati, Kulit dan Paru-paru. Berikut adalah video pembelajarannya:

1. Alat Ekskresi : Hati


2. Alat Ekskresi : Kulit


3. Alat Ekskresi : Paru- paru

Buat murid-murid yang PTMT dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok membahas 2 2 soal yang ada di LKPD Ekskresi. Selagi murid PTMT sedang diskusi, maka saya adakan pertemuan secara virtual menggunakan google meet , yang dibahas adalah LKPD Ekskresi 2 dengan tuntas. Selanjutnya murid yang luring akan mempresentasikan di depan kelas. Dan Guru mermberikan penguatan terhadap materi yang di sukai oleh murid.

Pertemuan Ketiga sekaligus praktikum

Pada pertemuan ketiga akan membahas tentang Gangguan pada sistem Ekskresi dan membicarakan Praktikum Pembuatan alat sederhana untuk proses pembentukan urin di Ginjal!
Berikut adalah video pembelajarannya:


2. Materi kedua adalah Praktikum pembuatan alat sederhana pembenetukan urin di Ginjal. 

Setelah melihat video pembelajaran, murid saya minta unruk mengerjakan LKPD Ekskresi 3 (unduh disini). Dan untuk praktikum dikerjakan di rumah secara berkelompok , laporan praktikum berupa video yang di upload di chanel You Tube salah satu anggota kelompok, dan link nya di sampaikan ke Guru dan di upload di kolom tugas Google classroom.

Yang suka dengan aplikasi Tiktok dapat mempelajari materi Bab Ekskresi pada link berikut ini

Link Tiktok Bab Ekskresi

Pendahuluan Ekskresi (klik disini)

Alat Ekskresi : Ginjal part 1 (klik disini)

Alat Ekskresi : Ginjal part 2 (klik disini)

Alat ekskresi: Paru- paru (klik disini)

Alat ekskresi : Hati (klik disini)

Alat Ekskresi : Kulit (klik disini)

Gangguan Sistem Ekskresi (klik disini)

Praktikum membuat alat peraga pembentukan urin part 1 (klik disini)

Praktikum membuat alat peraga pembentukan urin part 2 (klik disini)

Demikian tadi penjabaran pembelajaran Ekskresi kelas 11 IPA IPS LM. Mudah-mudahan bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan selalu bahagia....😍😍😍😍




2 comments:

  1. bagus teh, saya ATM ya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangga neng cantik.. .. Dengan senang hati... Sehat selalu...

      Delete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.