Followers

Sunday, March 3, 2024

Eksplorasi Konsep - Coaching


 Perbedaan antara Coaching dengan Consulting dan Mentoring

Coaching dapat membantu seorang karyawan menjadi seorang pemimpin hebatmeningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mendapatkan keterampilan dan wawasan baru seputar dunia kerja

Consulting memberikan jasa keahlian untuk membantu perusahaan memecahkan masalah atau mencapai target tertentu.

mentoring? Kegiatan ini lebih merujuk pada proses di mana seseorang mengambil pelajaran, pengetahuan, atau pengalaman dari kolega yang biasanya lebih tua, lebih senior, lebih bijak, dan tentunya lebih berpengalaman

Pada slide ke 10 

Hal-hal penting dari referensi-referensi yang Anda baca.

Perbedaan antara coaching, consulting dan Mentoring.

Coaching dapat membantu seorang menjadi pemimpin hebat, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mendapatkan keterampilan dan wawasan baru. 

Consulting memberikan jasa keahlian untuk membantu memecahkan masalah atau mencapai target tertentu.

Mentoring merupakan proses dimana seseorang mengambil pelajaran, pengetahuan, atau pengalaman dari kolega yang biasanya lebih berpengalaman.

Pada Slide ke 11

Contoh-contoh kejadian, yang Anda ketahui atau pernah Anda alami, yang menggambarkan situasi coaching, mentoring, konseling, dan fasilitasi

Coaching : Saya pernah menjadi Coach pada saat saya diminta untuk mensupervisi rekan Guru di sekolah. Pada saat sebelum observasi ke kelas saya mengadakan coaching kepada rekan Guru tersebut dan setelah observasi ke kelas, saya pun mengadakan coaching untuk refelski dan evaluasi pembelajaran di kelas.

Mentoring : Saya pernah melakukan mentoring terhadap rekan Guru yang meminta saya untuk membimbing dan mengarahkan bagaimana mengisi Pelatihan Mandiri sampai membuat Aksi Nyata di PMM. Saya pun pernah melakukan mentoring pembuatan video pembelajaran kepada Rekan- rekan Guru di sekolah. Saya pun pernah melakukan  mentoring tentang pembuatan perangkat ajar Kurikulum Merdeka kepada rekan- rekan di Sekolah. 

Konseling : Saya pernah melakukan konseling kepada peserta didik tentang permasalahan yang dihadapi, sebagai Guru dan wali kelas.

Fasilitasi : Saya pernah melakukan Fasilitasi pada Kegiatan P5 di sekolah.

Pada Slide 12

Tuliskan hal-hal yang ingin ditanyakan kepada instruktur pada saat web meeting

Bagaimana tip triks supaya Coachee merasa nyaman dan bisa mengutarakan apa yang dia punya, rasa sehingga permasalahan dapat menemukan solusi tanpa merasa di gurui oleh kita sebagai Coach ?

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.