Followers

Sunday, March 3, 2024

Sesi Refleksi Ruang Kolaborasi - Coaching

 


Setelah Bapak/Ibu CPP melakukan latihan coaching, selanjutnya Bapak/Ibu merefleksikan latihan coaching pada Ruang Kolaborasi dengan menjawab pertanyaan di bawah.

  1. Apa yang Anda lakukan untuk melakukan presence sebelum dan saat melakukan percakapan coaching?
  2. Apa yang sudah berjalan dengan baik?
  3. Apa yang masih perlu diperbaiki/ditingkatkan?
  4. Apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki/meningkatkannya?
  5. Apa yang dirasakan oleh coachee pada saat di-coaching oleh Anda? (tanyakan kepada coachee Anda)

Jawaban
  1. Presence adalah hadir sepenuhnya dalam proses coaching, jadi sebelumnya saya akan membuat catatan alur Coaching supaya terarah, dan saya akan fokus selama proses coaching agar saya dapat memahami apa yang di sampaikan oleh Coache, dan akhirnya saya bisa memberikan pertanyaan yang berbobot dan tercapai apa yang di inginkan oleh Coache.
  2. Alhamdulillah saya sudah melaksanakan semua alur TIRTA secara runtut sampai akhirnya Coache dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. Saya juga membuat pertanyaan yang bisa memantik Coache untuk mengeluarkan semua kekuatan dirinya akhirnya dapat mengarahkan Coache menyelesaikan masalahnya sendiri.
  3. Yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan adalah harus sering melatih diri sebagai Coach agar hafal alur TIRTA dan bisa mempraktekkan di kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah.
  4. Yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan saya sebagai Coach adalah sering berlatih, dan berlatih dengan banyak level coache, dari ABG (murid) sampai orang dewasa (rekan Guru).
  5. Pada saat tadi refleksi rekan saya yang menjadi Coachee mengatakan bahwa beliau seperti memang benar-benar di coach oleh saya, karena saya sudah memantik coachee agar bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dengan mengungkap berbagai kekuatan yang ada pada diri Coachee.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.