Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 6 Pembekalan Calon Pengajar Praktik (CPP)

 


Pengajar praktik, hari keenam ini Saudara akan menggunakan template refleksi model FSB. Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari.

Sesuatu yang akan Anda simpan dan dipergunakan di kemudian hari
Your answer:

Sesuatu yang akan Anda simpan dan dipergunakan di kemudian hari

Pada hari ini saya belajar tentang Eksplorasi konsep dan demonstrasi kontekstual Modul Pendidikan yang memerdekakan.

Ilmu yang saya dapatkan hari ini dan akan saya simpan dan dipergunakan di kemudian hari adalah metode Montessori, Frobel dan Taman Siswa

Montessori mementingkan pelajaran panca indra, hingga ujung jari pun dihidupkan rasanya, menghadirkan beberapa alat untuk latihan panca indra dan semua itu bersifat pelajaran.

Frobel juga menjadikan panca indera sebagai konsentrasi pembelajarannya, tetapi yang diutamakan adalah permainan anak-anak, kegembiraan anak, sehingga pelajaran panca indra juga diwujudkan menjadi barang-barang yang menyenangkan anak. 

Taman Siswa bisa dikatakan memakai kedua metode tersebut, akan tetapi pelajaran panca indra dan permainan aka itu tidak dipisah, yaitu dianggap satu. Sebab, salam Taman Siswa terdapat kepercayaan bahwa dalam segala tingkah laku dan segala kehidupan anak-anak tersebut sudah diisi Sang Maha Among  (Pemelihara) dengan segala alat-alat yang bersifat mendidik si anak.

Sesuatu yang akan bawa dan dipergunakan dalam waktu dekat atau sesering mungkin.
Your answer:

Sesuatu yang akan bawa dan dipergunakan dalam waktu dekat atau sesering mungkin.

Ilmu yang akan saya bawa dan dipergunakan dalam waktu dekat atau sesering mungkin adalah Filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran sesuai  dengan kodrat alam dan jaman. Serta semboyan Ing ngarso sungtuladha, Ing madya mangunkarsa, Tut wuri handayani.

Dimana saya akan selalu melaksanakan Merdeka belajar, pembelajaran berpusat pada murid, pembelajaran diferensiasi yang sesuai dengan minat dan bakat tiap murid. Kemudian selalu membuat pembelajaran yang menggunakan media mengikuti perkembangan jaman.

Sesuatu yang akan Anda buang atau Anda hindari setelah hari ini.

Your answer:

Sesuatu yang akan Anda buang atau Anda hindari setelah hari ini.

Sesuatu yang dihindari adalah pembelajaran yang menuntut bukan menuntun, seperti adanya KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum Dimana murid di tuntut untuk bisa mencapai nilai tertentu.

Alhamdulillah dalam Kurikulum Merdeka, KKM diganti dengan KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran)yang berbeda untuk tiaa asesmen. Dan bukan satu nilai tetapi menggunakan interval nilai. KKTP terdapat 3 tipe yaitu interval nilai, deskripsi dan rubrik.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.