Followers

Sunday, March 3, 2024

Belajar Mandiri - Lokakarya Calon Guru Penggerak

 

Sebagai bahan diskusi selama melakukan kegiatan belajar mandiri, silahkan cermati beberapa pertanyaan pemantik berikut:

  1. Jelaskan secara singkat apa yang dilakukan dan dipelajari oleh calon guru penggerak pada Lokakarya Calon Guru Penggerak?
  2. Jelaskan secara singkat apa yang dilakukan oleh fasilitator pada Lokakarya Calon Guru Penggerak?
  3. Aktivitas mana saja yang harus diberikan penilaian?

Jawaban 

1. Calon Guru Penggerak (CGP) pada lokakarya Calon Guru Penggerak akan mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan mereka dalam peran guru penggerak. Ini termasuk:

Lokakarya Orientasi: CGP akan mengenal ekosistem belajar program guru penggerak, memahami program Pendidikan Guru Penggerak, mengidentifikasi posisi diri dalam Kompetensi Guru Penggerak, dan membuat rencana pengembangan kompetensi diri.

Lokakarya 1: CGP akan memahami hubungan mindset pemimpin pembelajaran di sekolah (Links to an external site.), pentingnya komunitas praktisi, dan bagaimana mengidentifikasi serta mengaitkan komunitas praktisi untuk mendukung peran guru penggerak.

Lokakarya 2: CGP akan memperbaharui rencana perubahan diri mereka berdasarkan umpan balik dari peserta lain.

Lokakarya 3: CGP akan memahami pembelajaran berdiferensiasi, integrasi kompetensi sosial emosional dalam mengajar, dan merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat.

Lokakarya 4: CGP akan belajar kemampuan coaching, identifikasi  (Links to an external site.)   kekuatan dan area pengembangan, serta supervisi akademik dengan pola pikir coaching.

Lokakarya 5: CGP akan memaknai data dari tahapan sebelumnya untuk merancang fase Gali Mimpi, termasuk menentukan aktor yang terlibat dan membuat perencanaan program.

Lokakarya 6: CGP akan menghasilkan rencana kerja satu tahun untuk pengembangan sekolah dan merencanakan penguatan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

Lokakarya terakhir: CGP akan menjelaskan  praktek (Links to an external site.) baik dan hasil program yang telah mereka kembangkan, memberikan saran pengembangan, dan membagikan hasil pembelajaran kepada undangan.

2. Tugas Fasilitator adalah 

  • Mencatat perkembangan peserta PGP secara daring/tatap muka dan pendampingan selama pendidikan
  • Mengumpulkan tugas-tugas dan memberi umpan balik kepada peserta
  • Memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya.
  • Turut memberikan umpan balik kepada instruktur untuk perbaikan sesi dan membangun refleksi kepada peserta

3. Aktivitas yang dinilai adalah Kehadiran CGP pada kegiatan Lokakarya. Keaktifan CGP dalam menyelesaikan lembar tugas dari Pendamping Praktik pada kegiatan Lokakarya Keaktifan CGP pada ruang Virtual (diskusi melalui G-meet) Ketepatan waktu CGP dalam memenuhi tagihan pada LMS.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.