Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 7 Pembekalan Pengajar Praktik (CPP)

 


Pengajar praktik, pada hari ketujuh Saudara akan menggunakan template refleksi model DEAL. Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari.

Hari ini saya belajar ...
Your answer:

Hari ini saya belajar membuat Elaborasi Pemahaman tentang Pendidikan yang memerdekakan dengan menonton 4 video yang berisi penikiran Pendidikan yang memerdekakan, praktik- praktik pembelajaran yang dapat diterapkan, praktik yang harus dihilangkan serta tantangan dalam pelaksanaan Pendidikan yang memerdekakan. Kemudian kita mengadakan pertemuan gmeet untuk berdiskusi bersama tentang Pendidikan yang memerdekakakn.

Selanjutnya berdiskusi tentang koneksi antar materi Pendidikan yang memerdekakan bersama dengan instruktur dan rekan CPP lainnya. Selanjutnya berdiskusi membuat ATAP kalimat Prakarsa perubahan dan kemudian kita presentasikan.

Hal yang paling membuat tertarik pada hari ini ketika ...
Your answer:

Saat mendengarkan semuam praktik baik yang dipresentasikan rekan- rekan CPP dalam forum diskusi bersama dengan instrutur. Semua praktik baik sangat menginspirasi saya untuk bisa saya aplikasikan juga di sekolah saya. Seandainya saya diberi kekuasaan untuk memimpin managerial sekolah, saya biisa menerapkan semua praktik baik yang telah rekan CPP lakukan.

Betapa bahagia saat kita para CPP nantinya mengajak CGP untuk mempraktikkan praktik baik di sekolah masing-masing.

Hal tersulit yang terjadi pada saya hari ini ketika ...
Your answer:

Ketika saya harus membuat kalimat Prakarsa perubahan sendiri menggunakan model ATAP. Tadi pada saat diskusi kelompok, serasa mudah tapi pada waktu tugas mandiri yaitu aksi nyata ternyata susah ya.. semoga apa yang buat benar dan besok bisa di presentasikan di depan rekan2 CPP dan instruktur

Saya bangga kepada diri saya hari ini ketika ...
Your answer:

Ketika semua rekan CPP dan instruktur mengapresiasi apa yang saya presentasikan tentang praktik baik yang sudah saya lakukan. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi buat CPP lainnya. Karena saya ingin sekali menjadi influencer Pendidikan yang bisa berbagi praktik baik kepada guru- guru di seluruh Indonesia.

Saya ingin tahu lebih banyak tentang ...
Your answer:

Semua praktik baik yang sudah dilaksanakan oleh rekan- rekan CPP saya, saya ingin menggali lebih dalam bagaimana rencana, proses dan hasil dari praktik baik yang sudah rekan CPPP lakukan. Sepertinya kalau di tulis sudah menjadi satu buku praktik baik CPP.

Satu hal yang ingin saya coba adalah ...
Your answer:

Saya ingin mempraktikkan yang ada di video LMS yaitu Pendidikan yang memerdekakan.. saya ingin mempraktikkan semua praktik baik dari rekan CPP di kelas ataupun di sekolag saya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.