Followers

Sunday, March 3, 2024

Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

 


Tujuan Sesi:

  1. Calon Pengajar Praktik mampu menghubungkan hasil pemahaman diri mengenai tujuan, manfaat melakukan refleksi dan umpan balik dalam konteks lokakarya
  2. Pengajar Praktik memiliki rencana aksi tentang penerapan refleksi dan umpan balik saat  lokakarya dan pendampingan individu.

Tuliskan apa saja perubahan yang didapat Anda terhadap tujuan, refleksi dan umpan balik?

  1. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu hanya sebatas tujuan di awal saja ternyata tujuan adalah dasar dari umpan balik yang akan kita lakukan, kita harus niatkan dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi orang yang kita kasih umpan balik, bukan menjatuhkan apalagi mencari kesalahan.
  2. Tadinya saya pikir refleksi itu hanya berisi ungkapan setelah kegiatan berakhir ternyata refleksi mengandung umpan balik yang konstruktif yaitu yang membangun dan juga adanya apresiasi untuk bisa meningkatkan motivasi untuk bisa lebih baik lagi, mengandung evaluasi untuk bisa lebih baik lagi di kemudian hari.
  3. Tadinya saya pikir umpan balik itu hanya berisi apresiasi atau pujian saja ternyata umpan balik yang baik harus ada apresiasi dan juga masukan yang membangun. Supaya tujuan awal pemberian umpan balik adalah untuk meningkatkan kompetensi orang yang dikasih umpan balik.
Bagaimana hasil pembelajaran Anda tentang Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik akan Anda gunakan saat lokakarya dan pendampingan individu?
Hasil pembelajaran saya tentang penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik adalah saya sudah mengerti bagaimana cara untuk menetapkan tujuan, memberikan refleksi secara EPIK dan tentunya Umpan balik yang terdapat apresiasi dan masukan konstruktif. Yang tentunya ilmu yang sudah saya pahami ini dapat saya terapkan pada saat saya menjadi Pengajar Praktik pada kegiatan mendampingi CGP pada saat Lokakarya dan Pendampingan Individu. 
Saya akan terus berlatih supaya nanti nya pada saat menjadi PP saya sudah terbiasa dengan Refleksi EPIK dan juga memberikan umpan balik yang jujur untuk bisa meningkatkan kompetensi para CGP saya. 

Mengisi rencana penerapan refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan

  1. Refleksi
    1. Identifikasikan kembali kapan Anda melakukan refleksi bersama CGP?
    2. Apa saja alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya?
  2. Umpan Balik
    1. Identifikasikan kembali kapan umpan balik digunakan saat lokakarya?
    2. Apa saja metode/cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik?
A. Refleksi
  1. Saya melakukan  refleksi bersama CGP pada saat Lokakarya yaitu pada saat setiap sesi dalam lokakarya dan pada akhir lokakarya. Untuk bisa mengetahui bagaimana perasaan CGP, bagaimana pembelajaran yang didapat oleh CGP. Selain itu Refleksi digunakan untuk mengevaluasi kegiatan Lokakarya yang sudah berlangsung, apakah perlu adanya perbaikan atau peningkatan.
  2.  Alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya adalah kertas Plano            dan papan plano, kertas sticky note warna warni, spidol warna dan alat tulis yang lainnya.  

B. Umpan Balik

  1. Umpan balik digunakan pada saat lokakarya adalah pada saat tiap sesia menghasilkan produk misal berupa kertas presentasi, atau setelah kelompok presentasi, maka diminta umpan balik, supaya dapat mengetahui apakah yang ditampilkan bisa di terima atau tidak. Dengan adanya umpan balik dari CGP yang lain akan bisa meningkatkan performa sesama CGP. 
  2. Metode atau cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik, dengan menggunakan lesan, disampaikan secara langsung, di tulis di google form, atau menggunakan kertas dan alat tulis yang lainnya. 


1 comment:

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.