Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 12 Pembekalan Calon Pengajar Praktik

Pada Refleksi Hari 12

Kamis, 29 Februari 2024 

Menggunakan Model Cuaca

Apa saja hal-hal yang telah berjalan dengan baik?

Hal- hal yang telah berjalan dengan baik adalah saya menjadi paham tentang bagaimana membuat Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik yang baik, secara EPIK. 

Saya harus berlatih untuk bisa memberikan Umpan balik yang memuat apresiasi, dan juga masukan seperti saran atau dorongan supaya orang yang kita kasih umpan balik menjadi meningkat kompetensi nya. Jdi kompetensi  harus berisi dua hal yang berlawanan yaitu yang baik dan kurang baik. 

Untuk Refleksi harus dilakukan setelah kegiatan berlangsung agar kita tahu esensi dan adanya evaluasi terhadap kegiatan tersebut

Apa saja hal-hal yang menantang?

Hal yang menantang adalah dalam membuat umpan balik kepada hasil Refleksi para CPP dalam kelompok. Kebetulan kami berenam dan kami saling bergantian share refleksi yang kita buat dan salah satu CPP yang lain memberikan umpan balik.

Sepertinya kita harus bersifat objektif terhadap hasil umpan balik dari CPP lain. 

Kita harus siap untuk diberikan umpan balik terhadap refleksi yang kita buat. Dan terkadang kita tidak menyangka akan diberi umpan balik seperti itu.

Yang menantang juga umpan balik yang kita tulis harus berisi 2 yang sama yaitu kebaikannya dan juga kekurangan nya supaya seimbvang dan akan tercapai tujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru.

Apakah ada hal-hal yang membuat Anda tidak dapat melihat dengan jelas, atau tidak yakin apa yang harus dilakukan?

Hal- hal yang membuat saya tidak dapat melihat dengan jelas adalah maksud yang tersirat dari umpan balik yang diberikan orang lain terhadap saya. Bila kata- kata yang dipakai tidak secara lugas, tapi hanya hiasan.

Selain itu umpan balik yang hanya satu kata, hebat, bagus tanpa diberi alasan mengapa? 

maka ini membuat saya tidak jelas apa maksudnya. 

Apakah ada hal-hal yang berbeda dari yang Anda ketahui/lihat selama ini?

Hal- hal yang berbeda yang saya lihat selama ini adalah maraknya guru - guru berlomba - lomba untuk meminta umpan balik terhadap Aksi Nyata yang sudah dilakukan di Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar. Dan sebagian besar umpan balik yang di baca yaitu semangat, bagus, keren, mantap Tanpa di akhiri dengan alasan yang jelas. 

Seharusnya umpan balik dapat meningkatkan kompetensi guru. Bukan hanya di jadikan menggugurkan kewajiban saja. Tapi emang bener untuk bisa mengajak teman lainnya untuk mengikuti kegiatan Merdeka Belajar.

Apakah ada hal-hal yang mengejutkan Anda?

Hal- hal yang mengejutkan saya adalah bahwa membuat Refleksi harus memuat 9 konsep, yang selama ini saya hanya tahu bahwa membuat refleksi hanya berdasarkan pertanyaan saja,padahal bisa juga di improvisasi untuk bisa lengkap  sampai 9 konsep. Mudah- mudahan kedepan nya saya bisa membuat refleksi yang super lengkap. sehingga benar- benar bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Dan pemberian umpan balik terlihat gampang tapi ternyata lumayan susah juga karena kita harus memberikan umpan balik yang lengkap agar dapat meningkatkan kompetensi orang yang kita beri umpan balik

Apakah ada sesuatu yang mengubah Anda, atau menyebabkan Anda

Hal yang mengubah saya adalah dengan pembelajaran tentang Refleksi ini maka saya akan melaksanakan refleksi dengan lengkap memuat 9 konsep agar refleksi dapat dijadikan sebagai bahan renungan dan evaluasi untuk meningkatkan kompetensi kita.

Dan saya juga berusaha untuk memberikan umpan balik dengan sesuai dengan EPIK. Dan harus memuat apresiasi, dorongan, saran dan juga masukan untuk meningkatkan kompetensi orang kita beri umpan balik

Apakah ada konflik selama pembelajaran berlangsung? Mengapa dan bagaimana Anda menanggapinya?

Konflik  batin yang terjadi karena ternyata pengetahuan saya atau apa yang sudah saya lakukan selama ini dalam menuliskan refleksi dan juga memberikan umpan balik terhadap aksi nyata rekan- rekan Guru ternyata masih jauh dari kata benar.

Sehingga konflik batin ini membuat saya semangat dalam mempelajari membuat refleksi dan umpan balik yang benar.

Yang nantinya membuat saya akan selalu mempraktekkan apa yang sudah saya dapatkan hari ini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.