Followers

Sunday, March 3, 2024

Mulai dari Diri - Teknik Fasilitasi dalam Pendampingan

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 
Menggali pengalaman Calon Pengajar Praktik saat menghadiri sebuah sesi, rapat atau forum sehingga Calon Pengajar Praktik mendapatkan pengalaman konkret untuk dikaitkan atau didiskusikan pada saat ruang kolaborasi.

Menggali Pengalaman

  1. Ingatlah salah satu momen ketika Anda menjadi salah satu peserta atau fasilitator rapat, diskusi, sesi, atau forum untuk memecahkan sebuah masalah atau membuat konsensus.
  2. Tuliskan dalam forum diskusi sebuah cerita pengalaman yang mencakup jawaban dari pertanyaan berikut:
    • Apa yang melatarbelakangi diselenggarakannya rapat, forum atau sesi tersebut?
    • Mengapa rapat, forum/sesi tersebut membutuhkan seorang fasilitator?
    • Tujuan apa yang ingin dicapai dan apa yang ingin disepakati pada rapat, sesi, atau forum tersebut?
    • Bagaimana keterlibatan peserta dalam rapat, sesi atau forum tersebut?
    • Apakah dalam rapat tersebut semua peserta rapat mendapatkan kesempatan menyampaikan pendapatnya?
    • Apa faktor yang menyebabkan semua orang aktif/tidak terlibat aktif dalam rapat tersebut?
    • Menurut Anda, apa tantangan yang sering dihadapi seorang fasilitator? Bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut ketika menjadi seorang fasilitator?
  3. Anda tidak perlu menjawab pertanyaan satu per satu. Pertanyaan dibuat untuk membantu Anda mengingat kembali hal-hal penting yang terjadi dalam proses fasilitasi yang pernah Anda ikuti.  Buatlah cerita singkat dalam satu paragraf maksimal 150 kata untuk menceritakan pengalaman tersebut.
  4. Unggah cerita Anda dalam forum diskusi.
  5. Berikan tanggapan/komentar pada unggahan cerita Calon Pengajar Praktik yang lain.

Ceritaku...
Rapat Pembentukan Pengurus Harian FKKMGMP Biologi Provinsi Jawa barat.
Yang melatarbelakangi Rapat Pembentukan Pengurus Harian FKKMGMP Biologi Provinsi Jawa Barat adalah karena Guru- Guru Biologi perlu wadah untuk berkolaborasi saling berbagi, saling menguatkan bagaimana kita akan menjadi Guru Biologi yang berkualitas dan berkompeten se Jawa Barat. Dan juga terdapat perintah atau saran dari kepala Bidang SMA untuk membentuk Forum MGMP Biologi tingkat Provinsi Jaw Barat.
Rapat ini pasti membutuhkan fasilitator karena akan banyak yang berkontribusi dalam pembentukan Pengurus harian, pembuatan AD ART, Logo dan hal lainnya untuk Pembentukan Pengurus sehingga bisa diajukan untuk pembuatan SK Pengurus.
Tujuan yang akan di capai pada rapat ini adalah terbentuknya Pengurus Harian FKKMGMP Biologi Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara dan Wakil bendahara. Dan selain itu kita membuat Logo FKKMGMP Biologi Provinsi Jawa Barat serta draft AD ART. 
Keterlibatan peserta rapat semuanya aktif berpendapat, karena memang kita mempunyai tujuan yang sama untuk segera membentuk Kepengurusan FKKMGMP Biologi Provinsi Jawa Barat.
Semua peserta rapat mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat, untuk memberi saran, semua berpartisipasi aktif dalam pembentukan Pengurus Harian, Logo dan AD ART.
Semua peserta rapat aktif berpendapat karena mempunyai  tujuan yang sama untuk segera dibentuk kepengurusan harian MGMP Biologi Jawa barat, semua peserta mempunya visi misi yang sama, sehingga kita berpendapat dan saling menghargai pendapat peserta lainnya, saling memberikan masukan untuk tercapai kesimpulan bersama.
Tantangan sebagai fasilitator adalah ketika kita ikut terbawa emosi pada salah satu pendapat peserta rapat, sehingga kita tidak bisa mengontrol jalannya rapat, yang akhirnya rapat tidak akan mencapai keputusan bersama yang disepakati. 
Cara mengatasi tantangan tersebut adalah bila terjadi maka kita harus melakukan STOP, mencoba untuk menarik nafas yang dalam, dan mencoba tenang, supaya kita tidak terbawa emosi, dan kita mencoba mencari kata-kata yang tepat supaya tidak akan terjadi kericuhan yang dapat menghambat pengambilan keputusan bersama dalam rapat.

Demikian tadi tugaas Mulai Diri pada Modull Teknik Fasilitasi dalam Pendampingan. Mudah-mudahan dapat menginspirasi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.