Followers

Sunday, March 3, 2024

Mulai dari Diri - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

 


Mengapa Anda memilih untuk menjadi Pengajar Praktik di program Pendidikan Guru Penggerak?
Your answer:

Saya memilih menjadi Pengajar Praktik di program Pendidikan Guru Penggerak karena saya sangat suka berbagi ilmu dan pengalaman di dalam pelatihan. Saya suka berada di lingkungan Guru- guru hebat yang tentunya kan saling bertukar informasi dan pengalaman praktik baik nya, sehingga membuat saya termotivasi untuk menjadi Guru yang menyenangkan di sekolah. 

Saya juga termotivasi menemukan inovasi dalam pembelajaran untuk saya berikan pada guru yang saya dampingi. Dalam proses menjadi seorang PP bukan hanya saya yang mengajarkan tetapi saya belajar juga dari dari orang lain.

Sebagai Pengajar Praktik, apa yang ingin Anda capai dalam program Pendidikan Guru Penggerak?
Your answer:

Sebagai Pengajar Praktik, yang saya ingin capai dallam Program Pendidikan Guru Penggerak adalah mendampingi CGP (Calon Guru Penggerak), berbagi praktik baik, mengevaluasi serta memberikan umpan balik kepada Calon Guru Penggerak selama pendidikan 6 bulan.

Apakah program Pendidikan Guru Penggerak sudah selaras dengan visi Anda? Mengapa?

Your answer:

Visi saya adalah Menjadi Guru yang Menyenangkan dan Senang Berbagi. Dengan Program Guru Penggerak sangat sesuai dengan visi saya, karena di Program Guru Penggerak diajari bagaimana menjadi pemimpin pembelajaran, kolaboratif, saling berbagi ilmu dan pengalaman.Kemudian diajari bagaimana kita harus melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan jaman maka saya selalu membuat metode pembelajaran yang berbeda setiap mengajar karena ingin murid senang dan bahagia. Salah satu nya saya melaksanakan pembelajaran diferensiasi. 

Apa yang terjadi ketika Anda menuliskan refleksi secara mandiri di hari ke 2 s.d hari ke 4?
Your answer:

Saya mendapatkan pembelajaran yang bermakna pada saat saya menuliskan refleksi pembelajaran yang saya dapat dari hari kedua, hari ketiga dan hari keempat. Dari uraian pertanyaan refleksi saya merasa kembali diingatkan bahwa apa yang saya lalui dari ketiga hari tersebut adalah saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat, menambah wawasan, informasi yang berbeda, yang kesemuanya itu membuat saya semakin termotivasi untuk menjadi Guru yang menyenangkan dan senang berbagi sesuai dengan visi saya sebagai Guru Penggerak. 

Apa yang Anda rasakan saat menuliskan refleksi secara mandiri di hari ke 2 s.d. hari ke 4?
Your answer:

Yang saya rasakan pada saat menulis refleksi secara mandiri di hari ke2 sampai ke 4 adalah saya merasa termotivasi sekali, bahagia mengisi setiap pertanyaan refleksi mandiri. Karena saya merasa seperti mengulang apa yang sudah saya lalui di pembelajaran hari kedua sampai keempat, dan itu membuat saya semakin menyadari bahwa saya bahagia berada di komunitas Guru- guru hebat, yang membuat saya semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. 

Apakah refleksi yang sudah ditulis muncul dari kebermaknaan terhadap hasil pembelajaran? Mengapa?
Your answer:

Refleksi yang telah ditulis muncul dari kebermaknaan terhadap hasil pembelajaran karena refleksi di dalam pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar/pembekalan/pelatihan dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan oleh penilai baik fasilitator ataupun instruktur untuk  peserta oleh penilai atau sebaliknya untuk mengekspresikan kesan konstruksif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran. Melalui refleksi diperoleh informasi positif tentang bagaimana peserta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta bahan observer untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran dicapai. Selain itu kegiatan ini dapat membawa kepuasaan bagi peserta.

Dalam satu paragraf, ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan sekolah. Bagaimana perasaan Anda sewaktu memberikan atau menerima umpan balik tersebut?

Your answer:

Umpan balik yang pernah saya terima dari rekan sejawat atau pimpinan sekolah ada yang bersifat memuji keberhasilan saya, ada juga yang membuat saya sakit hati dan menyesakkan dada. Tapi justru umpan balik yang bersifat kritikan saya terima dan saya jadikan evaluasi perbaikan diri, sehingga saya bisa menjadi lebih baik lagi. Dulu saya pernah dikritik bahwa video pembelajaran yang saya buat tidak layak di tonton, tapi saya justru mengambil hikmah dengan terus berlatih, mengikuti pelatihan untuk menyempurnakan video pembelajaran saya, akhirnya sekarang alhamdulillah saya bisa menjadi seorang Guru Youtuber yang sudah menghasilkan banyak video pembelajaran dan di terima oleh masyarakat Indonesia. Selain itu saya pernah mendapatkan kritik pedas tentang sikap saya di sekolah dari pimpinan sekolah, saya terima dan saya berusaha untuk memperbaiki sikap saya karena saya yakin pimpinan sekolah menasehati saya karena beliau peduli dengan saya dan juga karir saya. 

Berdasarkan pengalaman Anda dalam memberi dan menerima umpan balik, menurut Anda apa yang dimaksud dengan umpan balik?

Your answer:

Umpan balik atau feedback adalah hasil atau akibat yang berbalik mengenai kita sebagai rangsangan (dorongan dan sebagainya) untuk bertindak lebih lanjut dan sebagai perbaikan diri (evaluasi) sehingga tindakan selanjutnya lebih baik lagi baik dalam bentuk kata-kata atau bahasa, baik lisan atau pun tulisan.

Mudah- mudahan dapat mengisnpirasi...😍😍😍

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.