Followers

Sunday, March 3, 2024

Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

 


Tujuan Pembelajaran Khusus
Calon pengajar praktik  menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat dalam mengimplementasikan model BAGJA inkuiri apresiatif

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran koneksi antar materi:

  1. Bagaimana hubungan antara apa yang saya lakukan saat ini dengan apa yang telah saya pelajari sebelumnya?
  2. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

Kali ini, Anda akan diberikan tantangan yang memungkinkan Anda untuk tidak saja mereview kembali apa yang telah Anda pelajari, namun juga membuat koneksi diantara materi-materi tersebut dalam cara yang paling bermakna untuk Anda. Yang menyenangkan adalah, Anda juga diperbolehkan untuk memilih caranya!  

Jawaban

  1. Hubungan antara apa yang saya lakukan saat ini dengan apa yang telah saya pelajari sebelumnya yaitu sangat berhubungan, selaras dan sesuai. Karena yang saya lakukan sekarang  adalah merupakan prakarsa perubahan (inisiatif) yang sudah saya pelajari sebelumnya dan sudah saya buat pada model ATAP.  Saya ingin menciptakan pembelajaran menyenangkan dengan murid-murid saya (inisiatif) yang tentunya harus ada yang bisa menjadi pemimpin, yaitu saya sendiri untuk bisa menciptakan pembelajaran menyenangkan kemudian akan diikutimoleh semuamurid-murid saya dan juga dapat di tiru oelh rekan- rekan Guru yang lain. Dan sekarang saya belajar tentang tahap- tahap perwujudan inisiatif perubahan dengan model BAGJA yang pastinya akan mempermudah saya dalam mengeksekusi inisitiatif perubahan yang akan saya laksanakan.
  2. Saya tidak mengubah pemikiran saya akibat dari apa yang telah saya pelajari. Karena pemikiran saya sudah sangat sesuai dengan yang saya pelajari. Yaitu yang berpikir bahwa pembelajaran menyenangkan sangat dibutuhkan untuk membuat murid- murid bisa belajar dengan bahagia. Kemudian saya membuat kalimat inisiatif dengan model ATAP, selanjutnya berdasarkan ilmu yang saya pelajari untuk memudahkan dalam pencapaian inisiatif maka digunakan model BAGJA. 

1 comment:

  1. sangat menginspirasi , menambah pengetahuan saya tentang pemebkalan CPP, mohon ijin ATM bunda

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.