Followers

Sunday, March 3, 2024

Mulai dari Diri - Pendidikan yang Memerdekakan


 Anda diminta berefleksi, mengingat kembali pengalaman belajar di satu masa tertentu (misal: SD, SMP, atau SMA) sebagai murid dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa arti belajar bagi anda?
  2. Bagaimana perasaan Anda saat harus belajar di sekolah?
  3. Hal apa yang membuat Anda senang belajar di sekolah?
  4. Hal apa yang membuat Anda tidak senang belajar di sekolah?
  5. Apa kejadian menyenangkan yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
  6. Kejadian kurang nyaman yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
  7. Apakah mata pelajaran yang Anda sukai? 
  8. Apa alasan Anda menyukai mata pelajaran tersebut?
  9. Kegiatan belajar apa yang paling menarik untuk Anda pada saat itu?
  10. Guru mata pelajaran apa yang menjadi favorit anda? Jelaskan alasannya
  11. Guru mata pelajaran apa yang tidak anda sukai? Jelaskan alasannya.
  12. Guru seperti apa yang membuat Anda termotivasi dalam belajar?
Your answer:

1. Belajar adalah proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman sehingga kita bisa merubah sikap kita menjadi lebih baik dan untuk mencapai cita dan keinginan kita.

2. Perasaan saya saat belajar di SMA adalah sangat senang, antusias karena bisa bersama dengan teman-teman.

3. Hal yang membuat saya senang adalah saya mempunyai teman-teman yang sepemikiran dan bisa berorganisasi bersama.

4. Hal yang tidak senang adalah saat ketemu dengan pelajaran yang saya tidak suka yaitu PJOK, bahasa Inggris dan Biologi. Saya tidak suka dan berharap hujan pada saat pelajaran PJOK.

5. Kejadian yang menyanangkan adalah saya bisa terpilih menjadi murid teladan tingkat kabupaten, padahal prestasi pas-pas an dan saya bisa menjadi Ketua OSIS di SMA, Ketua Pradani Pramuka.

6. Kejadian kurang menyenangkan adalah saat ulangan Biologi bab reproduksi manusia, saya sudah belajar dan hafal ternyata soal ulangan nya tentang reproduksi pada katak. saya kecewa berat.

7. Sebenarnya saya menyukai pelajaran sosial seperti ekonomi, sosiologi tapi saya masuk IPA, jadi saya suka pelajaran Bahasa Indonesia dan Seni Musik waktu saya masuk IPA.

8. Alasan saya menyukai Bahasa Indonesia, pada saat praktek wawancara, drama, puisi, pidato saya sangat menyukai karena saya bisa mengeksplor apa yang saya punya. Alasan saya menyukai Seni Musik karena saya suka bernyanyi, bermain musik dan belajar not balok sangat menyenangkan.

9. Kegiatan belajar saat bekerja kelompok, berdiskusi, presentasi dan praktek seperti baca puisi, drama, wawancara (podcast), bernyanyi, debat. 

10. Guru Bahasa Indonesia, Guru Seni musik. Karena saya menyukai pelajarann nya, praktek yang dilakukan, dan sangat mengeksplor bakat minat murid.

11. Guru Biologi, karena saya tidak suka pelajaran nya, dan suka berbeda antara yang di ajarkan dengan soal ulangan nya.

12. Guru yang selalu memberi kesempatan murid untuk mengeksplor bakat minat, guru yang selalu mengapresiasi usaha murid. Guru yang memberikan latihan soal dulu sebelum ulangan.

Anda diminta berrefleksi, mengingat kembali pengalaman sebagai pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Hal apa yang mendorong Anda untuk menjadi seorang pendidik seperti saat ini?
  2. Pendidik seperti apakah Anda saat ini?
  3. Bagaimana profil pendidik yang ideal yang ingin anda capai?
  4. Bagaimana praktik-praktik belajar yang Anda ketahui atau amati terjadi di sekitar Anda sekarang?
Your answer:

1. Hal yang mendorong saya, walaupun guru bukan cita- cita saya tapi karena sudah takdir maka saya harus menjadi guru yang selalu dinantikan murid, guru yang selalu berbagi dengan guru lain, bermanfaat buat guru lain. dan saya juga ingin menjadi guru yang selalu diingat oleh murid-murid saya walaupun mereka sudah tidak menjadi murid saya.

2. Seorang guru yang berusaha untuk disenangi murid dengan membuat metode pembelajaran yang berbeda di tiap pertemuan, guru blogger dan guru youtuber yang selalu berbagi praktik baik di media sosial agar bisa menjadi inspirasi buat guru- guru Biologi seluruh Indonesia.

3. Profil pendidik yang ideal adalah Guru inspiratif yang berbagai praktik baik ke semua guru di Indonesia, guru yang selalu dirindukan kehadiran nya oleh murid, guru yang dikenang sepanjang hayat karena metode mengajar nya yang selalu berbeda dan unik.

4. Praktik belajar di sekitar saya terdapat guru yang masih menggunakan cara konvensional dimana berpusat pada guru, kurang memberikan kesempatan murid untuk mengeksplor bakat minat murid. Dan guru yang memberikan tugas yang terlalu banyak tanpa memberikan apresiasi kepada murid.

Silakan tulis pemahaman Anda mengenai prinsip yang dimiliki dan diyakini dalam menjalani peran sebagai pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apa definisi belajar yang anda pahami?
  2. Apa definisi pendidikan yang anda pahami?
  3. Jelaskan tokoh dan teori yang menjadi panutan dan referensi Anda dalam menjalankan peran Anda sebagai pendidik
Your answer:

1. Belajar adalah proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman sehingga kita bisa merubah sikap kita menjadi lebih baik dan untuk mencapai cita dan keinginan kita.

2. Pendidikan adalah usaha dasar untuk melaksanakan pembelajaran supaya murid dapat mempunyai suasana belajar  yang menyenangkan.

3. Tokoh p-pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan slogan Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. 

Serta pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan jaman.

Bagaimana pengalaman belajar Anda mempengaruhi tujuan anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?

Your answer:

Pengalaman belajar saya yang suka dengan proses kolaborasi dan berbagi, sehingga sangat sesuai bila saya menjadi Pengajar Praktik yang nantinya akan membimbing CGP, saya dapat berbagi praktik baik saya kepada para CGP saya, kemudian saya juga akan mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman dari para CGP dan rekan PP yang lain karena berada di dalam komunitas Guru- guru hebat.

Bagaimana latar belakang dan prinsip yang Anda anut sebagai pendidik mempengaruhi tujuan Anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?

Your answer:

Prinsip saya adalah berbagi itu menyenangkan, berkolaborasi lebih indah, dan belajar sepanjang hayat, maka semua itu akan sangat sesuai jika saya menjadi Pengajar Praktik karena saya bisa berbagi praktik baik dengan para CGP, saya bisa berkolaborasi dengan rekan PP dan Fasilitator. Dan dengan adanya program Pelatihan Guru Penggerak saya akan terus belajar karena mendapatkan banyak ilmu, wawasan dan pengalaman dari para guru hebat CGP dan rekan PP, Fasilitator dan Instruktur. 

1 comment:

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.