Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Diri Modul Coaching

 


Apa yang sudah Anda pahami dan dapat lakukan dengan baik?

Alhamdulillah pada pembelajaran kali ini saya belajar tentang Coaching. Yang selama ini saya masih bingung dengan Coaching pada saat menjadi CGP. Dan ternyata sekarang saya bertemu dengan Instruktur yang hebat luar biasa, sangat jelas memberi arahan tentang Coaching. Kita asyik berdiskusi selama 2 hari dan kami diminta untuk langsung mempraktekkan ilmu yang sudah kami dapat. beruntung sekali karena rekan sekelompok coaching juga sangat keren, jadi saya semakin bisa melaksanakan coaching model TIRTA. Saya pun belajar tentang pemberian umpan balik pada Coaching dan pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang berbasis Coaching. Saya menjadi percaya diri dalam melaksanakan Coaching supervisi nanti di sekolah. 

Apa lagi yang masih perlu Anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman Anda dan agar dapat melakukan percakapan coaching dengan lebih baik?

Yang masih perlu saya lakukan adalah sering melakukan Coaching artinya saya harus sering mem[praktekkan ilmu Coaching model TIRTA ini. Karena dengan terbiasa praktek, maka saya akan paham dan kompetensi saya dalam coaching meningkat. Tentunya saya ingin berlatih coaching dengan sesama rekan CPP yang memang sudah mempunyai dan  sudah paham Coaching, jadi nanti bisa saling mengevaluasi sehingga kita akan makin mahir dalam pelaksanaan Coaching. 

Apa 3 tindakan spesifik yang akan Anda lakukan dalam satu minggu ke depan sehubungan dengan pertanyaan kedua?

3 tindakan spesifik yang akan saya lakukan dalam satu minggu ke depan adalah 

  1. saya akan melakukan Coaching dengan sesama rekan CPP, sambil mengingat kembali ilmu tentang Coaching. 
  2. Saya akan saling memberi umpan balik terhadap rekan CPP yang diajhak untuk praktek Coaching.
  3. Saya akan melaksanakan Coaching supervisi kepada rekan- rekan Guru di sekolah, sebagai bahan observasi pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.