Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 10 Pembekalan Calon Pengajar Praktik (CPP)

 


Pengajar praktik, ini merupakan hari kesepuluh yang berarti sudah setengah perjalanan Saudara dalam tahapan seleksi: Pembekalan. Kali ini Saudara akan menggunakan 
template refleksi model 6 Topi Berpikir. Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari.

Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembekalan pada hari ini? 
Your answer:

Hari ini saya belajar dengan Instruktur yang sangat baik yaitu kak Mona. Pada pagi hari jam 7 kami para CPP diminta untuk refleksi tentang simulasi menjadi fasilitator dan partisipan pada sore hari kemarin. Selanjutnya kita dijelaskan bagaimana membuat scenario Simulasi Fasilitasi per individu. Kami dibagi kelompok menjadi 6 CPP dan setiap individu harus membuat simulasi Fasilitasi pada Lokakarya. Saya memilih Lokakarya kedua tentang pembuatan Kesepakatan Kelas. Kami berenam sepakat untuk berdiskusi di Gmeet dan saya merekam simulasi Fasilitasi saya dan kelima rekan CPP menggunakan Aplikasi rekam layer Camtasia. Alhamdulillah bahagia bisa membantu rekan2 CPP yang lain.

Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti proses pembelajaran hari ini?
Your answer:

Perasaan saya pada pembekalan hari ini adalah bahagia dan semangat. Karena saya dan rekan CPP dapat membuat video rekaman Simulasi Fasilitasi semua anggota kelompok. Dan selesai merekam pada malem tadi barusan. Bahagia akan kekompakan kami satu kelompok. Saling mendukung, dan saling membantu. Bahagia bisa satu kelompok dengan Guru hebat yang saling support. Alhamdulillah

Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari pembelajaran hari ini?
Your answer:

Hal positif yang terjadi pada pembekalan hari ini adalah bersyukur karena mendapatkan rekan satu kelompok yang saling mendukung, saling bantu dan kompak dalam menyelesaikan tugas kita hari ini. Walaupun deadline nya besok malam tapi karena kerja keras dan semangat kuat kita hingga kitab isa menyelesaikan tugas video rekaman Simulasi Fasilitasi setiap individu dapat diselesaikan dengan baik.

Banyak belajar dari rekan- rekan CPP yang bergantian menjadi Fasilitator sehingga saya bisa mengambil hal yang baik dari semua rekan- rekan CPP.

Ceritakan hal-hal yang menghambat pembelajaran Anda pada hari ini?
Your answer:

Hal yang menghambat hari ini adalah pada saat rekaman simulasi Fasilitasi pada sore hari ternyata hujan lebat disertai dengan petir sehingga sinyal internet kurang bersahabat sehingga sempat diulang untuk malam hari rekaman lagi. Tapi dibuat tenang supaya tetap bisa semangat untuk menyelesaikan tugas hari ini.

Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini?
Your answer:

Kesimpulan yang saya dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini adalah bahwa untuk menjadi Fasilitor yang baik itu tidak ribet, asalkan kita tahu siapa audiens nya. Kita mengetahui prinsip yang harus di kuasai oleh seorang Fasilitator.

Dengan adanya kolaborasi dalam kelompok, membuat tugas menjadi ringan, karena semua anggota kelompok saling membantu dan saling mendukung.



 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.