Followers

Sunday, March 3, 2024

Ruang Kolaborasi - Pendidikan yang Memerdekakan


 Lakukan evaluasi diri terkait hasil diskusi dan umpan balik yang sudah Anda dapatkan. Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk melakukan evaluasi.

  • Apakah yang saat ini Anda pahami tentang Pendidikan yang Memerdekakan?
  • Dari hasil belajar mandiri dan berdiskusi, prinsip apa yang semakin Anda yakini terkait Pendidikan yang Memerdekakan?
  • Pemikiran apa yang Anda rasa perlu dihilangkan atau dirasa tidak sejalan dan relevan  lagi setelah Anda melalui proses belajar?
Your answer:
  1. Pendidikan yang memerdekakan menurut saya adalah Pendidikan yang memerdekakan baik pengajar maupun peserta didik. Pendidikan yang membuat bahagia baik murid dan gurunya. Guru harus paham dengan kebutuhan murid, guru harus bisa menuntun bukan menuntut. Memakai metode pembelajaran diferensiasi sehingga minat dan bakat murid dapat ditampung. Guru harus mengajar sesuai dengan kodrat alam dan jaman. Zaman sekarang adalah generasi Z yang tak lepas dari gawai jadi gunakan gawai untuk pembelajaran agar murid bahagia dan semangat. Jadilah guru yang pernah jadi murid, maka akan paham metode apa yang cocok untuk murid-murid.
  2. Prinsip yang semakin saya Yakini terkait Pendidikan yang memerdekakan adalah sistem among, menuntun bukan menuntut, pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan jaman, sehingga di setiap pembelajaran kita selalu kita gunakan pembelajaran diferensiasi bisa diferensiasi konten, proses maupun produk.
  3. Pemikiran yang harus dihilangkan atau dirasa tidak sejalan dengan Pendidikan yang memerdekakan adalah adanya KKM sehingga murid harus dituntut untuk mencapai diatas KKM untuk bisa melanjutkan ke kelas berikutnya, hal itu artinya menuntut bukan menuntun. Harusnya KKM sudah tidak ada lagi.. alhamdulillah di Kurikulum Merdeka ada KKTP pengganti KKM yaitu Kriteria Ketuntasan Tujuan pembelajaran dan bukan satu nilai sebagai patokan tapi menggunakan interval nilai sehingga kita tidak perlu menuntut murid tapi menuntun supaya setiap pembelajaran murid mencapai KKTP

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.