Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 11 Pembekalan Calon Pengajar Praktik

 


Pengajar praktik, pada hari kesebelas Saudara akan menggunakan template refleksi model 4C: Connection, challenge, concept, change. Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari.

Ceritakan keterkaitan materi dengan peran Anda dalam mendampingi Calon Guru Penggerak?
Your answer:

Materi hari ini adalah tentang Coaching, Dimana kemampuan Coaching sangat dibutuhkan untuk bisa mendampingi CGP dengan baik sebagai seorang Pengajar Praktik (PP).

Dengan kemampuan Coaching dapat membuat CGP nyaman dan dapat meningkatkan komp[etensi dirinya untuk dapat menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapinya. Jadi PP hanya mengarahkan atau Coache dengan permasalahan CGP jadi bukkan langsung memberikan Solusi tapi mencoba untuk memantik CGP dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?
Your answer:

Ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang telah saya jalani selama ini adalah tentang kompetensi yang harus dimiliki seorang Coach. Salah satu nya membuat pertanyaan terbuka, harus sabar, sabar, sabar, dan bisa menjadi pendengar yang baik. Selama ini saya belum bisa mencapai kompetensi tersebut. Dan pada pembelajaran hari ini, Instruktur melatih kita untuk bisa membuat pertanyaan terbuka dari penentuan kata kunci. Dan akhirnya saya bisa membuat pertanyaan yang berbobot pada saat menjadi Coach.

Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama mendampingi Calon Guru Penggerak?
Your answer:

Konsep- konsep utama yang saya pelajari dan akan dibawa selama mendampingi CGP adalah konsep tentang Coaching. Bagaimana menjadi Coach yang baik. Mengerti dan paham alur coaching TIRTA, memahami kompetensi sebagai seorang Coach. Berusaha untuk menjadi pendengar yang baik,harus sabar dan terbuka, termasuk bisa membuat pertanyaan yang berbobot.

Ceritakan sebuah perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?
Your answer:

Perubahan diri saya yang ingin saya lalukan setelah mendapatkan materi hari ini adalah saya ingin berlatih menjadi Coach yang baik dengan bisa menjadi pendengar yang baik, sabar dan bisa membuat pertanyaan terbuka.

Saya akan berlatih terus karena yang terbiasa pasti akan menjadi bisa. Harus semakin sering untuk Latihan menjadi Coach supaya bisa hafal dengan alur TIRTA, bisa memahami orang lain. Bisa membimbing coachee sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan kekuatan diri sendiri.

2 comments:

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.