Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 5 Pembekalan Calon Pengajar Praktik (CPP)


 Pengajar praktik, hari kelima ini Saudara akan menggunakan template refleksi model segitiga. Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari

Setelah pembelajaran ini akhirnya saya memahami...
Your answer:

Saya memahami tentang bagaimana membuat tujuan hidup,faktor yang mempengaruhi ketercapaian tujuan dan dalam membuat tujuan harus menggunakan metode SMARTER. Dan hari ini saya diberi tugas membuat Golden Circle yang berisi tujuan yang akan di capai selama mengikuti pembekalan CPP. 

Selanjutnya saya paham bahwa penting nya mengadakan refleksi, karena dapat menjadi ajang perbaikan untuk menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa metode Refleksi diantaranya model segitiga, model FSB (Fridge, Suitcase, Bin), model DEAL (Describe, Examine, Articulate Learning), model Papan Reflektif, Model 6 Topi berpikir, dan yang paling sering saya pakai adalah model 4 P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan).

Selain itu saya memahami bagaimana membuat Umpan balik sebagai bahan reflektif buat kita menggunakan metode EPIK (Empati, Posisi, Intensi dan Kualitas)

Di sesi siang saya memahami tentang Modul Pendidikan yang memerdekakan, dimulai dari pertanyaan reflektif yang ada di Alur Mulai diri. Pertanyaan tentang memori pada saat kita bersekolah, apa yang menyebabkan kita memilih menjadi guru? 

Setelah pembelajaran ini akhirnya saya mampu...
Your answer:
  1. Saya mampu tujuan Pembekalan CPP yang saya ikuti pada Golden Circle.
  2. Saya mampu membuat refleksi dengan berbagai model Refleksi
  3. Saya mampu membuat umpan balik dengan metode EPIK (Empati, Posisi, Intensi dan Kualitas)
  4. Saya mampu menjawab pertanyaan reflektif tentang pendidikan yang memerdekakan.
  5. Saya menyimak cerita sesama CPP tentang latar belakang bisa menjadi guru
Setelah pembelajaran hari ini perasaan saya...
Your answer:

Perasaan saya menjadi bahagia, senang, karena mendapatkan informasi baru, pengalaman, wawasan dan cerita pengalaman dari sesama CPP yang sungguh luar biasa rekan- rekan CPP.

Selain itu saya menjadi termotivasi untuk menjadi Guru yang lebih baik lagi, untuk bisa menjadi Guru yang di rindukan oleh murid, menjadi Pengajar Praktik yang kompeten sehingga bisa terus bersama dengan komunitas  guru- guru hebat.

Setelah pembelajaran ini target saya berikutnya...
Your answer:

Target saya berikutnya adalah mengimplementasikan semua ilmu, semua wawasan, semua pengalaman untuk bisa menjadi seorang Pengajar Praktik yang kompeten sehingga bisa mendampingi CGP pada saat Pelatihan Guru Penggerak.

Menjadi Pengajar Praktik yang kompeten dengan membimbing CGP dengan sepenuh hati agar para CGP bahagia dalam mengikuti Program Guru Penggerak.


1 comment:

  1. Terima Kasih bu Wetty, Sehat dan sukses terus ya bu... Mudah2an ilmu terus bertambah dan mendapat berkah dari Alloh

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.