Followers

Sunday, March 3, 2024

Refleksi Hari ke 8 Pembekalan Pengajar Praktik (CPP)

 


Pengajar praktik, kini di hari kedelapan Saudara akan menggunakan template refleksi model 4P.

Menuliskan refleksi harian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, refleksi harian merupakan salah satu komponen penilaian. Pastikan Anda selalu mengisinya setiap hari.

Peristiwa apa yang terjadi?
Your answer:

Peristiwa yang terjadi adalah sesi gmeet bersama dengan Instruktur, Dimana semua CPP wajib mempresentasikan kalimat inisiatif perubahan dengan model ATAP, CPP yang lain memberi komentar di kolom chat.

Selanjutnya para CPP belajar mandiri Modul 2 tentang Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan dari alur Mulai diri dan Eksplorasi Konsep.

Pada siang hari nya kami kembali bertemu di gmeet bersama Instruktur untuk membahas modul 2 Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan.

Kita berdiskusi dalam kelompok kecil tentang pembuatan rancangan BAGJA sebagai perwujudan untuk Prakarsa Perubahan. Kemudian kita presentasi tiap kelompok dan kelompok lain memberikan pertanyaan atau komentar.

Perasaan apa yang muncul?
Your answer:

Perasan saya pada waktu kegiatan pembekalan hari ini sangat senang dan bersemangat karena membicarakan tentang transformasi Pendidikan yang menjadi tujuan mengapa ada Program Guru Penggerak.

Walaupun ada sedikit galau karena saya harus memilih diantara 2 kegiatan yang bersamaan, yaitu Undangan asesmen CKS dan pembekalan CPP. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya memilih mengikuti pembekalan CPP karena apa yang sudah saya awali harus harus sampai tuntas. Mudah-mudahan ini adalah pilihan terbaik.

Pembelajaran apa yang diambil?
Your answer:

Pembelajaran yang saya ambil pada kegiatan pembekalan CPP hari ini adalah bagaimana kitab isa melakukan transformasi Pendidikan. Selain kita mempunyai inisiatif, kita juga memrlukan pemimpin dan tentunya pengikut setia yang dapat mencapai insiatif tersebut.

Dalam mewujudkan Transformasi Pendidikan pastinya terdapat tantangan. Salah satu cara untuk menangani tantangan adalah dengan metode Inkuiri Apresiatif (IA) dengan model BAGJA, yang fokus terhadap kekuatan , apa yang dimiliki, dan apa yang dapat dilakukan atau diberdayakan dari kekuatan tersebut (Asset based Thinking)

Bagaimana pembelajaran dapat digunakan di masa depan?
Your answer:

Pembelajaran hari ini akan saya gunakan sebagai modal dasar menjadi Pengajar Praktik, supaya tiap CGP dapat menjadi agen transformasi Pendidikan. Saya bisa membimbing CGP bagaimana mewujudkan inisiatif perubahan dengan model BAGJA.

1 comment:

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.